Taiwan Gelontorkan Rp 22 Triliun untuk Penetrasi Pasar ASEAN

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 15 Mei 2017 - 14:54 WIB

Iluastrasi Investasi-images IST
Iluastrasi Investasi-images IST

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Taiwan berencana menanamkan modal ke sejumlah negara Asia Tenggara sebesar 1,7 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 22 triliun. Ini menyusul kebijakan 'Southbound Policy' yang tengah digencarkan negara tersebut.

"Pada bulan kelima kami sudah mengumumkan pemerintah menyiapkan dana sebesar 1,7 miliar dolar untuk businessman di Taiwan dalam rangka menerapkan kebijakan berkembang ke arah selatan," kata Duta Besar Taipei Economic & Trade Office in Indonesia (TETO) John C Chen di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan, investasi itu akan difokuskan dalam pertukaran tenaga profesional, kesehatan, rantai industri, industri kreatif per regional, forum diskusi ke arah selatan dan media pertukaran pemuda.

John mengatakan, nantinya dana investasi tersebut akan dibagikan ke sejumlah negara seperti Vietnam, Malaysia dan beberapa negara lainnya. Namun, John tidak merinci besaran investasi yang diberikan kepada setiap negara.

John mengungkapkan investasi itu akan ditanamkan ke sektor tekstil, mesin dan ban. Selain itu ada juga peralatan rumah tangga, pembuatan sepatu hingga ke bidang perikanan dan green energy.

"Kami menyebutnya sebagai rencana lima besar dan akan menggunakan sumber daya Taiwan paling riil untuk mendukung kebijakan ini," kata John.

Sebelumnya, Taiwan mengadakan Expo teknologi di JCC, Jakarta Selatan. Bertema 'When Technology Meets Modern Lifestyles', mereka berusaha memperkenalkan teknologi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dari berbagai bidang.

"Serangkaian produk kehidupan teknologi ini menonjolkan keunikan dari gaya hidup dan industri yang dapat digunakan masyarakat Indonesia," kata Chairman Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) James CF Huang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…