Unilever Indonesia Akan Kembangkan Pabrik Daur Ulang Dengan Teknologi CreaSolv Process

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Mei 2017 - 12:49 WIB

Unilever
Unilever

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) akan mengembangkan pabrik daur ulang sampah kemasan saset dengan fasilitas teknologi CreaSolv Process yang ditargetkan beroperasi pada akhir 2017 di Jawa Timur.

"Rencana pengembangan itu saat ini masih dibicarakan," kata Corporate Secretary PT Unilever Indonesia Tbk, Sancoyo Antarikso kepada pers di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Belum diketahui secara rinci progres pembangunan pilot plant atau pabrik percontohan tersebut. Halaman resmi Unilever global pada Kamis (11/5/2017) menyebutkan, perusahaan akan terlebih dulu mengoperasikan fasilitas dalam skala produksi yang terbatas seraya mengkaji rencana pengembangan dalam jangka panjang.

Pengolahan sampah menjadi isu penting di Indonesia mengingat negara ini menghasilkan sampah sebanyak 64 juta ton per tahun. Sebanyak 1,3 juta ton dari total sampah tersebut mencemari lautan.

Teknologi baru CreaSolv Process dikembangkan perusahaan bersama dengan Fraunhofer Institute for Process Engineering dan Packaging IVV in Germany. Teknologi ini terinspirasi oleh inovasi yang digunakan untuk mendaur ulang televisi.

Pembangunan fasilitas CreaSolv Process merupakan strategi perseroan untuk mengefi siensi biaya pengemasan dalam rantai produksi.

Limbah kemasan saset yang umumnya hanya dipergunakan untuk pengemasan sekali pakai dapat diolah kembali sebagai campuran bahan baku kemasan plastik.

Bagi produsen barang konsumsi, biaya produksi kemasan saset seperti itu lebih efisien dan mampu menjaga harga produk terjangkau bagi konsumen berpenghasilan rendah.(Hry/ imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.