Hebat, Dalang Cilik Asal Blora Juara 1 Festival Dalang Nasional 2017

Oleh : Hariyanto | Minggu, 14 Mei 2017 - 11:16 WIB

 Alif Kriwul ketika memainkan lakon wayang Gatotkaca Jedi. (ib)
Alif Kriwul ketika memainkan lakon wayang Gatotkaca Jedi. (ib)

INDUSTRY.co.id - Blora, Setelah November lalu tampil sebagai peserta terbaik Festival Dalang Bocah Nasional dalam rangka Hari Wayang Dunia 2016 di Museum Wayang Jakarta, Wishme Salman Abdillah atau yang lebih akrab disapa Alif Kriwul dalang cilik asal Blora ini kembali menorehkan prestasi tingkat nasional sebagai juara pertama.

Dalang cilik dari Sanggar Seni Cahyo Sumirat Blora yang saat ini menyandang sebagai siswa kelas VI SD Islam itu akhir pekan lalu menerima penghargaan sebagai dalang cilik terbaik, menyabet juara pertama dalam Festival Dalang Cilik Nasional 2017 yang diselenggarakan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Menurut pengasuh Sanggar Seni Cahyo Sumirat, Ki Nuryanto, dalam festival yang diselenggarakan untuk memeriahkan Dies Natalis UNY Yogyakarta ke 53 mulai 2-6 Mei 2017 tersebut Alif Kriwul berhasil meraih nilai tertinggi setelah memukau juri dan tamu undangan.

“Dari sejumlah 38 peserta, hanya diambil juara 5 besar. Sebagai juara pertama, Alif memperoleh nilai sebanyak 755. Sementara juara kedua diperoleh Zaki Nugrah Maulana dalang cilik dari Banjarnegara dengan nilai 738, dan juara ketiga diraih Muh Rafi Nur Fauzy dari Tulungagung Jatim dengan nilai 737. Juara keempat Hilmy Maulana Adi dari Kulonprogo dengan nilai 735 dan juara kelima Bagas Nursatwika dari Kota Yogyakarta dengan nilai 724, ” jelas Ki Nuryanto, Selasa (9/5/2017).

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada hari Sabtu (6/5/2017), di hari terakhir festival yang dilaksanakan di depan Museum Kebudayaan UNY Yogyakarta. Dalam festival tersebut, Alif memainkan lakon Gatotkaca Jedi.

“Dengan prestasi yang berhasil mengharumkan nama Blora ini, kami berharap kedepan ada perhatian lebih besar dari pemerintah kabupaten guna pengembangan bakat anak-anak kita,” pungkasnya. (Hry/ ib)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…