Finlandia Susun Strategi Energi dan Iklim Baru Hentikan Penggunaan Batu bara

Oleh : Hariyanto | Kamis, 03 November 2016 - 15:49 WIB

Finlandia Susun Strategi Energi dan Iklim Baru Hentikan Penggunaan Batu bara
Finlandia Susun Strategi Energi dan Iklim Baru Hentikan Penggunaan Batu bara

INDUSTRY.co.id - Harian Finlandia Helsingin Sanomat melaporkan, Finlandia berencana untuk melarang penggunaan batu bara dalam produksi energi pada akhir tahun 2030. Kepada Helsingin Sanomat, Menteri ekonomi Olli Rehn mengatakan, progam secara jelas menguraikan penghentiaan batu bara, bahkan melarang bahan bakar fosil pada 2030.

Dikutip Xinhua, Rehn mengatakan, jika niat pemerintah tersebut diwujudkan, Finlandia bisa menjadi negara pertama di dunia yang melarang penggunaan batu bara berdasarkan hukum. Keputusan tersebut akan membantu Finlandia membangun citra global sebagai negara dengan teknologi bersih.

Saat ini, keputusan serupa di negara lain hanya telah dibuat di tingkat regional, misalnya, di negara bagian Oregon di Amerika Serikat dan Provinsi Ontario di Kanada.

Batu bara adalah sumber energi yang paling umum dan salah satu sumber terbesar dari polusi di dunia. Penggunaan batu bara dalam produksi energi telah terus menyusut selama 15 tahun di Finlandia. Pada 2015, hanya delapan persen dari energi yang dikonsumsi di dalam negeri dihasilkan oleh batu bara.

Selain itu, strategi ini juga bertujuan untuk meningkatkan pangsa energi terbarukan dari tingkat saat ini 34,8 persen menjadi 50 persen, meningkatkan swasembada energi dari sekitar 30 persen menjadi 55 persen dan untuk mengurangi penggunaan minyak impor setengahnya. Strategi energi dan iklim baru pemerintah tersebut akan diserahkan ke parlemen selambat-lambatnya pada akhir bulan ini. (Hariyanto/ Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…