Finlandia Susun Strategi Energi dan Iklim Baru Hentikan Penggunaan Batu bara

Oleh : Hariyanto | Kamis, 03 November 2016 - 15:49 WIB

Finlandia Susun Strategi Energi dan Iklim Baru Hentikan Penggunaan Batu bara
Finlandia Susun Strategi Energi dan Iklim Baru Hentikan Penggunaan Batu bara

INDUSTRY.co.id - Harian Finlandia Helsingin Sanomat melaporkan, Finlandia berencana untuk melarang penggunaan batu bara dalam produksi energi pada akhir tahun 2030. Kepada Helsingin Sanomat, Menteri ekonomi Olli Rehn mengatakan, progam secara jelas menguraikan penghentiaan batu bara, bahkan melarang bahan bakar fosil pada 2030.

Dikutip Xinhua, Rehn mengatakan, jika niat pemerintah tersebut diwujudkan, Finlandia bisa menjadi negara pertama di dunia yang melarang penggunaan batu bara berdasarkan hukum. Keputusan tersebut akan membantu Finlandia membangun citra global sebagai negara dengan teknologi bersih.

Saat ini, keputusan serupa di negara lain hanya telah dibuat di tingkat regional, misalnya, di negara bagian Oregon di Amerika Serikat dan Provinsi Ontario di Kanada.

Batu bara adalah sumber energi yang paling umum dan salah satu sumber terbesar dari polusi di dunia. Penggunaan batu bara dalam produksi energi telah terus menyusut selama 15 tahun di Finlandia. Pada 2015, hanya delapan persen dari energi yang dikonsumsi di dalam negeri dihasilkan oleh batu bara.

Selain itu, strategi ini juga bertujuan untuk meningkatkan pangsa energi terbarukan dari tingkat saat ini 34,8 persen menjadi 50 persen, meningkatkan swasembada energi dari sekitar 30 persen menjadi 55 persen dan untuk mengurangi penggunaan minyak impor setengahnya. Strategi energi dan iklim baru pemerintah tersebut akan diserahkan ke parlemen selambat-lambatnya pada akhir bulan ini. (Hariyanto/ Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 05:30 WIB

Pertamina Tak Masalah Persaingan Harga Avtur

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan perusahaannya tidak mempermasalahkan jika nantinya ada pesaing di bisnis penjualan bahan pesawat terbang (avtur).

Petani jagung

Senin, 18 Februari 2019 - 05:00 WIB

Tambahan Produksi Jagung 3,3 Juta Ton, Tak Perlu Impor

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada para petani jagung yang telah memproduksi tambahan pasokan komoditas pangan itu hingga 3,3 juta ton sehingga Indonesia…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 04:30 WIB

Dukung Industri Logistik, Pelindo 1 Selesaikan Pengembangan Pelabuhan Sibolga

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 telah merampungkan pengembangan Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, yang menjadi salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kinerja pelayanan…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 04:00 WIB

Industri 4.0 Belum Bela Hak Petani Jamin Harga Pangan Terjangkau

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menegaskan bahwa saat ini pemerintah Indonesia masih belum bisa membela hak-hak petani dan menjamin harga pangan yang terjangkau.

Menperin airlangga bersama presiden jokowi di acara roadmap industri 4.0

Minggu, 17 Februari 2019 - 20:26 WIB

Dana Riset Dinilai Belum Khusus untuk Industri 4.0

Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Suhono Harso Supangkat mengatakan, dana riset dan pengembangan dari pemerintah belum khusus untuk revolusi industri ke-empat.