Finlandia Susun Strategi Energi dan Iklim Baru Hentikan Penggunaan Batu bara

Oleh : Hariyanto | Kamis, 03 November 2016 - 15:49 WIB

Finlandia Susun Strategi Energi dan Iklim Baru Hentikan Penggunaan Batu bara
Finlandia Susun Strategi Energi dan Iklim Baru Hentikan Penggunaan Batu bara

INDUSTRY.co.id - Harian Finlandia Helsingin Sanomat melaporkan, Finlandia berencana untuk melarang penggunaan batu bara dalam produksi energi pada akhir tahun 2030. Kepada Helsingin Sanomat, Menteri ekonomi Olli Rehn mengatakan, progam secara jelas menguraikan penghentiaan batu bara, bahkan melarang bahan bakar fosil pada 2030.

Dikutip Xinhua, Rehn mengatakan, jika niat pemerintah tersebut diwujudkan, Finlandia bisa menjadi negara pertama di dunia yang melarang penggunaan batu bara berdasarkan hukum. Keputusan tersebut akan membantu Finlandia membangun citra global sebagai negara dengan teknologi bersih.

Saat ini, keputusan serupa di negara lain hanya telah dibuat di tingkat regional, misalnya, di negara bagian Oregon di Amerika Serikat dan Provinsi Ontario di Kanada.

Batu bara adalah sumber energi yang paling umum dan salah satu sumber terbesar dari polusi di dunia. Penggunaan batu bara dalam produksi energi telah terus menyusut selama 15 tahun di Finlandia. Pada 2015, hanya delapan persen dari energi yang dikonsumsi di dalam negeri dihasilkan oleh batu bara.

Selain itu, strategi ini juga bertujuan untuk meningkatkan pangsa energi terbarukan dari tingkat saat ini 34,8 persen menjadi 50 persen, meningkatkan swasembada energi dari sekitar 30 persen menjadi 55 persen dan untuk mengurangi penggunaan minyak impor setengahnya. Strategi energi dan iklim baru pemerintah tersebut akan diserahkan ke parlemen selambat-lambatnya pada akhir bulan ini. (Hariyanto/ Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).