Musim Tanam 2017, Total Kuota Pupuk Bersubsidi Bangka Belitung Capai 10,5 Ton

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 13 Mei 2017 - 14:37 WIB

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)
Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Babel, Kuota pupuk bersubsidi di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk musim tanam tahun ini mencapai 10,5 ton.

"Total kuota pupuk bersubsidi musim tanam 2017 untuk semua jenis sebanyak 10,5 ton yang dibagikan di delapan kecamatan," kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Suprani, Jumat (12/05/2017).

Suprani menambahkan, untuk pupuk urea sebanyak 4,068 ton, SP36 751 kilogram, Za 513 kilogram, NPK 4,08 ton dan pupuk organik sebanyak 1,144 ton.

"Sasaran pupuk subsidi itu adalah petani dengan total luas sawah mencapai 780 hektare," ujar Suparni.

Menurutnya, yang menentukan jumlah pupuk bersubsidi di masing-masing kabupaten adalah pemerintah provinsi atas dasar usulan dari pemerintah kabupaten.

"Pemerintah provinsi yang menentukan kuota pupuk bersubsidi di masing-masing kabupaten, meskipun besaran jumlah kuota lebih sedikit dari yang diusulkan," ucap Suprani.

Suprani menyarankan agar pemanfaatan pupuk itu dapat dimaksimalkan untuk membantu menyuburkan tanaman padi sehingga memperoleh hasil panen yang diinginkan.

"Saya minta petani dapat menggunakan pupuk itu sesuai kebutuhan dan aturannya, jangan menggunakan yang berlebihan maupun kurang," katanya.

Suprani melarang petani memperjualbelikan pupuk bersubsidi untuk mencari keuntungan. "Jangan sampai ada petani yang menjual pupuk bersubsidi ke pihak lain karena dapat dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkumham, Yasonna Laoly

Senin, 23 Juli 2018 - 21:40 WIB

Menkumham Hanya Bisa Stress Terkait OTT Lapas Sukamiskin

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengaku stres pasca peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 21:20 WIB

KPK: Kekayaan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein Rp600 juta dan 2.752 Dolar AS

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan bahwa kepatuhan menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Kementerian Hukum dan HAM masih rendah.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 21:00 WIB

DPR Desak Menkumham Usut Pengelolaan Lapas

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi III mendorong Menteri Hukum HAM untuk mengusut tuntas dan menyeluruh pengelolaan lembaga pemasyarakatan guna mencegah terulangnya praktik dugaan…

Indosat

Senin, 23 Juli 2018 - 20:58 WIB

Paket Super Plan Setahun dari Huawei dan Indosat Ooredoo, Siap Dinikmati Netizen Indonesia!

Sekarang para netizen Indonesia yang aktif dan mobile tidak perlu takut lagi kehabisan kuota internet tiap bulan, karena Huawei Devices Indonesia dan Indosat Ooredoo menyediakan Paket Super…

BincangShopee - diskusi mendidik anak di era digital bersama Najelaa Shihab dan Rezki Yanuar

Senin, 23 Juli 2018 - 20:50 WIB

Sambut Hari Anak Nasional 2018, Shopee Berikan Edukasi Mendidik Anak di Era Digital

Perangkat digital dan akses internet telah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak masa kini. Menyambut Hari Anak Nasional 2018 tahun ini, BincangShopee edisi ketiga membahas topik Tips Cerdas…