Musim Tanam 2017, Total Kuota Pupuk Bersubsidi Bangka Belitung Capai 10,5 Ton

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 13 Mei 2017 - 14:37 WIB

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)
Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Babel, Kuota pupuk bersubsidi di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk musim tanam tahun ini mencapai 10,5 ton.

"Total kuota pupuk bersubsidi musim tanam 2017 untuk semua jenis sebanyak 10,5 ton yang dibagikan di delapan kecamatan," kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Suprani, Jumat (12/05/2017).

Suprani menambahkan, untuk pupuk urea sebanyak 4,068 ton, SP36 751 kilogram, Za 513 kilogram, NPK 4,08 ton dan pupuk organik sebanyak 1,144 ton.

"Sasaran pupuk subsidi itu adalah petani dengan total luas sawah mencapai 780 hektare," ujar Suparni.

Menurutnya, yang menentukan jumlah pupuk bersubsidi di masing-masing kabupaten adalah pemerintah provinsi atas dasar usulan dari pemerintah kabupaten.

"Pemerintah provinsi yang menentukan kuota pupuk bersubsidi di masing-masing kabupaten, meskipun besaran jumlah kuota lebih sedikit dari yang diusulkan," ucap Suprani.

Suprani menyarankan agar pemanfaatan pupuk itu dapat dimaksimalkan untuk membantu menyuburkan tanaman padi sehingga memperoleh hasil panen yang diinginkan.

"Saya minta petani dapat menggunakan pupuk itu sesuai kebutuhan dan aturannya, jangan menggunakan yang berlebihan maupun kurang," katanya.

Suprani melarang petani memperjualbelikan pupuk bersubsidi untuk mencari keuntungan. "Jangan sampai ada petani yang menjual pupuk bersubsidi ke pihak lain karena dapat dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Charles Honoris.Komisi I DPR (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 17:17 WIB

DPR Apresiasi Sinergi TNI-Polri Bebaskan Sandera di Papua

Sinergi TNI-Polri membebaskan sandera dari kelompok bersenjata di Papua patut diapresiasi, karena menunjukkan bentuk kerja sama kelas satu yang telah menyelamatkan nyawa ratusan anak bangsa,…

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar

Sabtu, 18 November 2017 - 17:08 WIB

Kapolda Papua-Pangdam Cendrawasih Nyaris Tertembak

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar dan Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit dilaporkan nyaris tertembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata…

Ngerokok Cuma Bakar Uang (Foto Investor.co.id)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:40 WIB

Waspada, Candu Nikotin di Bawah Heroin-Kokain

Psikiater Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan Jakarta dr Adhi Wibowo Nurhidayat SpKJ(K) MPH mengatakan candu nikotin sangat berbahaya dan berada pada peringkat tiga setelah heroin dan kokain.

PT Astra International Tbk (ASII)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:32 WIB

Astra International Lakukan Pengobatan Gratis di Makassar

Puncak peringatan HUT Ke-60 PT Astra International Tbk yang dirangkaikan dengan Festival Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, diwarnai kegiatan pengobatan gratis di atas kapal "Doctor share".

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:28 WIB

RSCM Luncurkan Layanan Pemeriksaan Retinopati Keliling

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) meluncurkan pelayanan pemeriksaan retinopati untuk bayi prematur guna mencegah kebutaan yang akan bergerak secara keliling menyokong fasilitas rumah…