Musim Tanam 2017, Total Kuota Pupuk Bersubsidi Bangka Belitung Capai 10,5 Ton

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 13 Mei 2017 - 14:37 WIB

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)
Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Babel, Kuota pupuk bersubsidi di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk musim tanam tahun ini mencapai 10,5 ton.

"Total kuota pupuk bersubsidi musim tanam 2017 untuk semua jenis sebanyak 10,5 ton yang dibagikan di delapan kecamatan," kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Suprani, Jumat (12/05/2017).

Suprani menambahkan, untuk pupuk urea sebanyak 4,068 ton, SP36 751 kilogram, Za 513 kilogram, NPK 4,08 ton dan pupuk organik sebanyak 1,144 ton.

"Sasaran pupuk subsidi itu adalah petani dengan total luas sawah mencapai 780 hektare," ujar Suparni.

Menurutnya, yang menentukan jumlah pupuk bersubsidi di masing-masing kabupaten adalah pemerintah provinsi atas dasar usulan dari pemerintah kabupaten.

"Pemerintah provinsi yang menentukan kuota pupuk bersubsidi di masing-masing kabupaten, meskipun besaran jumlah kuota lebih sedikit dari yang diusulkan," ucap Suprani.

Suprani menyarankan agar pemanfaatan pupuk itu dapat dimaksimalkan untuk membantu menyuburkan tanaman padi sehingga memperoleh hasil panen yang diinginkan.

"Saya minta petani dapat menggunakan pupuk itu sesuai kebutuhan dan aturannya, jangan menggunakan yang berlebihan maupun kurang," katanya.

Suprani melarang petani memperjualbelikan pupuk bersubsidi untuk mencari keuntungan. "Jangan sampai ada petani yang menjual pupuk bersubsidi ke pihak lain karena dapat dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan tekhnisi AC

Rabu, 19 September 2018 - 21:41 WIB

GMT Institute Dukung Yoofix Sediakan Tenaga Kerja Terampil dan Professional

Kegiatan assessment ini untuk mengetahui kapasitas fixer yang selanjutnya dilakukan pengembangan dan optimalisasi yang akhirnya mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi…

Kementerian Koperasi Gelar Bimtek Pengawsan Koperasi yang dilaksanakan di Gorontalo 19-20 September 2018 ini diikuti Satgas Pengawas Koperasi dan Satgas Pengawas Usaha Simpan Pinjam se Provinsi Gorontalo.

Rabu, 19 September 2018 - 21:34 WIB

Perkuat Pengawasan Koperasi Melalui Peningkatan IT

Kementerian Koperasi dan UKM terus memberikan pembekalan terhadap satuan tugas pengawasan koperasi di daerah terkait pemahaman regulasi. Pembekalan ini sekaligus memberikan dukungan kepada satgas…

Ruben Onsu Selaku Pemilik Geprek Bensu saat menyerahkan secara simbolis hadiah Umroh dan Holy Trip kepada pemenang (Foto: Dok. Geprek Bensu)

Rabu, 19 September 2018 - 21:05 WIB

Geprek Bensu Umumkan Undian Hadiah Umroh dan Holy Trip Kepada Empat Pemenang Beruntung

Outlet Geprek Bensu yang memiliki khas ayam geprek sangat di minati oleh masyarakat luas, BrandGeprek bensu yang berdiri sejak 17 April 2017 ini menargetkan mampu membuka 100outlet di seluruh…

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Rabu, 19 September 2018 - 19:00 WIB

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Citi Indonesia (Citibank) hari ini mengumumkan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games sebagai Official Sponsor, yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 6…