Juni Mendatang, Sriwijaya Air Akan Layani Penerbangan Langsung Jakarta-Banyuwangi

Oleh : Hariyanto | Jumat, 12 Mei 2017 - 15:14 WIB

Nam Air (ist)
Nam Air (ist)

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi, Kelompok usaha maskapai nasional Sriwijaya Air akan merealisasikan penerbangan langsung rute Jakarta-Banyuwangi pada pertengahan Juni mendatang dengan menggunakan bendera Nam Air.

Untuk mematangkan rencana tersebut, pihak dari Siwijaya Air berkunjung ke Banyuwangi untuk bertemu dengan Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko.

”Kedatangan kami untuk mematangkan direct flight Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya,” kata Direktur Operasional NAM Air Capt. Daniel Adhitya di Banyuwangi, Jumat (12/5/2017).

Daniel menjelaskan, rencana penerbangan perdana akan dilakukan pada 16 Juni mendatang dengan jadwal penerbangan setiap hari pukul 07.00 WIB dari Jakarta menuju Banyuwangi, dan pukul 09.30 WIB dari Banyuwangi menuju Jakarta.

Pada penerbangan ini, Nam Air menggunakan Boeing 737 seri 500 berkapasitas 120 penumpang. Pesawat ini melayani kelas bisnis sebanyak delapan seat, sisanya merupakan kelas ekonomi.

”Kami mempersiapkan tim advance untuk mengurus persiapan teknis, safety sampai market-nya, agar target 16 Juni bisa terealisasi,” ujar Daniel.

Daniel mengatakan, pihaknya membuka rute ini karena potensi pasar yang menjanjikan. Pasar rute tersebut juga bagus karena bisa menjaring penumpang dari sekitar Banyuwangi, seperti Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Bali barat.

”Daerah sekitar Banyuwangi menjadi market penyangga. Jadi orang Jember atau Bali barat kalau mau ke Jakarta, bisa ke Banyuwangi dulu. Otomatis ini juga menguntungkan Banyuwangi karena mereka pasti belanjakan uang di Banyuwangi,” ujar Daniel.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengatakan, dengan adanya rute Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya, tentu pariwisata, dunia usaha, dan mobilitas orang akan semakin cepat untuk menggerakkan perekonomian lokal. Selain Sriwijaya Air, ada maskapai lain yang juga menyatakan minat menggarap rute Jakarta-Banyuwangi.

”Siapapun silakan masuk, yang penting bisa menggerakkan ekonomi lokal,” ujar Yusuf.

Selama ini, rute ke Banyuwangi baru dari Surabaya sebanyak tiga kali dalam sehari yang dilayani Garuda Indonesia dan Wings Air. Jumlah penumpang di Bandara Banyuwangi sendiri terus melonjak. Pada 2011, jumlah penumpang baru tercatat 7.826 orang per tahun, lalu melonjak hingga 1.339 persen menjadi 112.661 orang pada 2016.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…