Pan Brothers Akan Tambah Kapasitas Produksi Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Jumat, 12 Mei 2017 - 14:26 WIB

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)
PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Perusahaan garmen PT Pan Brothers Tbk (PBRX), berencana menambah kapasitas produksi 6 juta potong garmen tahun ini.

"Penambahan produksi dilakukan untuk menggenjot kinerja penjualan. Kami akan menambah kapasitas produksi dari saat ini 90 juta potong per tahun," kata Direktur Keuangan PT Pan Brothers Tbk, Fitri Ratnasari kepada pers di Jakarta, Jumat (12/5).

Untuk menambah produksi 6 juta potong garmen tersebut, PBRX bakal menggelontorkan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai US$30 juta. Capex tersebut nantinya diserap untuk pembangunan pabrik baru dengan kapasitas 21 juta potong produk garmen per tahun.

"Tapi efektif produksi maksimum baru pada 2018," papar Fitri.

Sebelumnya, PBRX melontarkan rencana menambah tiga pabrik garmen lagi serta tujuh pabrik Eco Smart tahun ini. Adapun pabrik garmen ini berlokasi di Demak dan Ungaran, yang memproduksi woven top dan bottom, termasuk produk denim.

Sedangkan pabrik Eco Smart direncanakan berada di Tasikmalaya, Jawa Barat. Karena beroperasinya pabrik garmen berlangsung bertahap, maka PBRX menargetkan produksi sebanyak 111 juta potong produk garmen per tahun bisa tercapai di 2018.

Soal kinerja, penjualan PBRX tahun lalu tumbuh 15% menjadi US$ 482 juta. Penjualan PBRX tersebut didominasi ekspor yang hampir 90%, yakni US$423 juta. Ekspor komoditas garmen PBRX tahun lalu naik 14% dari ekspor tahun sebelumnya senilai US$371 juta.

Dari sisi pasar, Asia masih menjadi kontribusi pasar terbesar bagi PBRX, yakni 49% dari total ekspor. Penjualan PBRX di kawasan Asia tahun lalu tumbuh 26% dibandingkan tahun sebelumnya.

Jika menilik negara tujuan terbesar ekspor PBRX, Amerika Serikat (AS) masih menempati posisi pertama. Tahun lalu, ekspor ke AS mencapai US$127 juta

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 09:05 WIB

Dongkrak Investasi, Kemenperin Terus Genjot Pembangunan Kawasan Industri Luar Jawa

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, pihaknya sedang mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di luar Jawa.

Salah satu varian baru Timberland, Brooklyn Boot, yang diluncurkan pada awal 2019 ini

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:46 WIB

Awali 2019, Timberland Luncurkan Brooklyn Boot dengan AeroCore Energy System

Mengawali 2019, Timberland meluncurkan koleksi sepatu terbaru varian Brookly Boot dengan memanfaatkan AeroCore Energy System, yakni sebuah teknologi sepatu revolusioner yang menghasilkan sol…

Dimsum All You Can Eat yang menjadi bagian dari Triple Victory pada ulang tahun ke-3 Teraskita Hotel by Dafam

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:17 WIB

Dimsum All You Can Eat Tandai Pergantian Nama Hotel Dafam Teraskita Jakarta

Tepat di usianya yang ke-3 pada 4 Januari 2019, nama dan logo Hotel Dafam Teraskita Jakarta diganti menjadi Teraskita Hotel managed by Dafam. Salah satu package promo Dimsum All You Can Eat…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:45 WIB

Pekan Ketiga 2019, Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Naik ke Posisi 6.448

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup naik 1,36% ke posisi 6.448,16 pada pekan ketiga 2019 ini dibandingkan pada pekan sebelumnya di level 6.361,46.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Holcim Indonesia Tbk melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penelitian Sampah di TPST Bantargebang yang dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:40 WIB

Atasi Masalah Sampah, Pemprov DKI Jakarta Jalin Kerja Sama dengan Holcim Indonesia

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Holcim Indonesia Tbk pada Selasa, 15 Januari 2019 melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penelitian Sampah di TPST Bantargebang…