Pan Brothers Akan Tambah Kapasitas Produksi Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Jumat, 12 Mei 2017 - 14:26 WIB

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)
PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Perusahaan garmen PT Pan Brothers Tbk (PBRX), berencana menambah kapasitas produksi 6 juta potong garmen tahun ini.

"Penambahan produksi dilakukan untuk menggenjot kinerja penjualan. Kami akan menambah kapasitas produksi dari saat ini 90 juta potong per tahun," kata Direktur Keuangan PT Pan Brothers Tbk, Fitri Ratnasari kepada pers di Jakarta, Jumat (12/5).

Untuk menambah produksi 6 juta potong garmen tersebut, PBRX bakal menggelontorkan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai US$30 juta. Capex tersebut nantinya diserap untuk pembangunan pabrik baru dengan kapasitas 21 juta potong produk garmen per tahun.

"Tapi efektif produksi maksimum baru pada 2018," papar Fitri.

Sebelumnya, PBRX melontarkan rencana menambah tiga pabrik garmen lagi serta tujuh pabrik Eco Smart tahun ini. Adapun pabrik garmen ini berlokasi di Demak dan Ungaran, yang memproduksi woven top dan bottom, termasuk produk denim.

Sedangkan pabrik Eco Smart direncanakan berada di Tasikmalaya, Jawa Barat. Karena beroperasinya pabrik garmen berlangsung bertahap, maka PBRX menargetkan produksi sebanyak 111 juta potong produk garmen per tahun bisa tercapai di 2018.

Soal kinerja, penjualan PBRX tahun lalu tumbuh 15% menjadi US$ 482 juta. Penjualan PBRX tersebut didominasi ekspor yang hampir 90%, yakni US$423 juta. Ekspor komoditas garmen PBRX tahun lalu naik 14% dari ekspor tahun sebelumnya senilai US$371 juta.

Dari sisi pasar, Asia masih menjadi kontribusi pasar terbesar bagi PBRX, yakni 49% dari total ekspor. Penjualan PBRX di kawasan Asia tahun lalu tumbuh 26% dibandingkan tahun sebelumnya.

Jika menilik negara tujuan terbesar ekspor PBRX, Amerika Serikat (AS) masih menempati posisi pertama. Tahun lalu, ekspor ke AS mencapai US$127 juta

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 21:00 WIB

Pelindo 1 Terus Tingkatkan Sarana Sejumlah Pelabuhan

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana di sejumlah pelabuhan yang dikelola perusahaan tersebut dalam upaya meningkatkan layanan kepada konsumen.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

Selasa, 20 November 2018 - 20:40 WIB

Arcandra: Investasi Satu Sumur Bisa Capai Rp1,5 Triliun

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyebutkan nilai invetasi satu sumur minyak di perairan dalam (deep water) bisa mencapai Rp1,5 triliun

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 20 November 2018 - 20:20 WIB

Indonesia Promosikan Industri Sawit Berkelanjutan kepada Eropa

Indonesia mempromosikan industri kelapa sawit berkelanjutan lewat program Regular Oil Palm Course 2018 yang diikuti 15 peserta dari 10 negara.

Perawatan Kesehatan Rs Siloam (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 19:30 WIB

Setiap Bulan RS Siloam Silampari Adakan Layanan Kesehatan Gratis di Sejumlah Daerah Lubuklinggau

Peningkatan mutu kesehatan, khususnya di daerah menjadi hal prioritas yang senantiasa dilakukan Siloam Hospitals Group. Karenanya melalui Rumah Sakit Siloam Silampari bersama GMSS (Gerakan Musi…

Ilustrasi Beasiswa

Selasa, 20 November 2018 - 18:16 WIB

50 Mahasiswa Raih Beasiswa Penuh dari Sea Group, Induk Garena, Shopee dan AirPay

Sebanyak 50 mahasiswa berprestasi terpilih untuk menerima beasiswa penuh dari Sea, induk perusahaan dari Garena (platform online gaming), Shopee (e-commerce) dan AirPay (layanan keuangan).