Sejumlah Pelayanan Jasa Transportasi Online Dikeluhkan Konsumen

Oleh : Ridwan | Jumat, 12 Mei 2017 - 10:57 WIB

Grab Bike
Grab Bike

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Maraknya transportasi online di Indonesia membuat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) melakukan survei atas pelayanan transportasi online di Indonesia.

Survei tersebut melibatkan 6.668 responden dengan 55 persen laki-laki dan 45 persen perempuan. Survei dilakukan secara online terhadap pengguna jasa transportasi online pada 5-16 April 2017.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengatakan sebanyak 41 persen responden mengaku pernah dikecewakan dengan pelayanan transportasi online.

"Sedikitnya ada 13 ragam keluhan yang dialami konsumen transportasi onlie, di antaranya sebanyak 1.041 responden atau 22,3 persen mengeluhkan pengemudi yang minta order dibatalkan, sulit mendapatkan pengemudi (21,9 persen), pengemudi membatalkan pesanan sepihak (16,22 persen)," ungkap Tulus dalam keterangan tertulisnya di Jakarta (12/5/2017).

Selain itu, Tulus menjelaskan, responden juga mengeluhkan aplikasi map rusak atau error (13.11 persen), pengemudi tidak datang (6.34 persen), kondisi kendaraan kurang baik (6.04 persen), pengemudi ugal-ugalan (4.73 persen), kendaraan bau asap rokok (4.61 persen), dan pengemudi merokok saat mengemudi (0.75 persen).

"Hal ini menandakan tidak adanya standar pelayanan minimum yang diberikan oleh operator transportasi yang bersangkutan. Dampaknya, potensi kerugian konsumen sangat besar," ujar Tulus.

Dari surveinya itu, YLKI menemukan mayoritas 63 persen responden bersikap tidak setuju pemerintah mengatur transportasi online, yaitu dari intervensi regulasi dan wacana kebijakan pentarifan. Sedangkan hanya 37 persen responden yang setuju.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…

PT Pertamina Trans Kontinental

Selasa, 23 April 2024 - 11:45 WIB

PT Pertamina Trans Kontinental Tambah Armada Pacu Kapasitas Bisnis Hulu Migas

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melakukan pembelian kapal Accommodation Work Barge (AWB) pada Triwulan II 2024. Penambahan armada AWB ini merupakan upaya peningkatan kapasitas perusahaan…