Dukung Konektivitas, Batam Segera Dilengkapi Jalan Tol 25 Km

Oleh : Herry Barus | Jumat, 12 Mei 2017 - 10:51 WIB

Kawasan Industri di Batam (Jerry Redfern/Getty Images)
Kawasan Industri di Batam (Jerry Redfern/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Batam - Badan Pengusahaan Batam menyatakan pemerintah pusat memprioritaskan pembangunan jalan tol untuk menunjang pergerakan barang dari kawasan industri ke pelabuhan serta bandara.

"Berdasarkan Perpres yang dikeluarkan 2015 lalu, ruas jalan tol Batam masuk dalam Nawacita Presiden Joko Widodo. Jalan tol tersebut akan dibangun dari Batuampar ke Mukakuning dan Bandara Hang Nadim dengan panjang 25 kilometer," kata Deputi IV BP Batam, Purba Robert M Sianipar di Batam, Jumat (12/5/2017)

Ia mengatakan Pulau Batam butuh pengembangan infrastruktur untuk terus menjadikan tujuan investasi serta salah satu lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dengan pertumbuhan penduduk Batam yang tinggi, pertumbuhan ekonomi lima persen per tahun, kebutuhan pengembangan jalan sudah semakin tinggi. Itu untuk pergerakan barang dan orang," kata dia.

Jika jalan tol tersebut segera dibangun, maka pengiriman barang dari Kawasan Industri ke Pelabuhan Batuampar atau Bandara Hang Nadim akan semakin cepat sehingga biaya produksi perusahaan bisa ditekan dan ekonomi semakin meningkat.

Selama ini ruas jalan untuk barang industri dan kendaraan pribadi masih menjadi satu. Sehingga sering kali pengiriman barang terhambat dengan padatnya kendaraan dijalan raya Batam.

"Kami menyiapkan pembangunan jalan tol. Pak Jokowi mendorong pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi sulit ditingkatkan tanpa diikuti pembangunan infrastruktur. Kebutuhan jalan tol menjadi prioritas," kata Robert.

BP Batam, kata dia, juga akan memperluas ruas jalan yang saat ini sudah ada sebagai salah satu antisipasi sementara terhadap terus tumbuhnya kendaraan.

Selain itu juga akan dibangun kereta ringan untuk transportasi massal masyarakat agar cepat menjangkau tempat kerja dengan murah dan aman.

"Sejumlah ruas jalan tahun ini akan direhabilitasi. Pembangunan jalan layang juga sudah dilakukan di Simpang Jam, nanti akan ada lima jalan layang di Batam," kata dia.

Pemerintah, kata dia, juga tengah memperbaiki kabel Jembatan I Barelang yang rusak agar tidak semakin meluas dan berdampak fatal. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe

Kamis, 18 April 2024 - 06:04 WIB

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe Digadang Maju Pilkada Lembata

Tokoh masyarakat Lembata sekaligus politisi senior Herman Yosef Loli Wutun menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam perhelatan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lembata pada Pemilihan…