Fintech Ini Siap Kucurkan Pinjaman Modal dan Gadai Instans Bagi UMKM

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 12 Mei 2017 - 10:26 WIB

Salah satu platform digital penyedia jasa layanan keuangan, Pinjam.co.id meluncurkan sebuah inovasi yakni Gadai Instant.
Salah satu platform digital penyedia jasa layanan keuangan, Pinjam.co.id meluncurkan sebuah inovasi yakni Gadai Instant.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -   Perusahaan layanan jasa teknologi finansial atau fintech Pinjam.co.id menargetkan penyaluran gadai dan pinjaman usaha sebanyak Rp 200 miliar melalui 300 mitra pada tahun ini. CEO dan Co-Founder pinjam.co.id Teguh Ariwibowo menjelaskan, sebagai salah satu Fintech gadai, perusahaannya telah menyiapkan sebanyak 40 penaksir untuk melayani produk Gadai Instan di outlet mitra di Jakarta. Salah satu mitra perusahaan Fintech gadai ini yaitu PT Pos Indonesia.

"Kami bekerja sama dengan Kantor Pos di lima kota Jakarta untuk melayani Gadai Instan," ujar Teguh Ariwibowo, Kamis (11/5/2017) kemarin sore.

Selain Pos Indonesia, Pinjam.co.id juga menggandeng toko mas untuk gadai. Sedangkan untuk pinjaman usaha, perusahaan menggandeng Bulog, Alfamart, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Baitul Mal wat Tamwil (BMT). Untuk layanan Gadai Instant, kata Teguh, pihaknya menyediakan sebanyak 40 penaksir ahli yang telah dilatih secara khusus oleh perusahaan.

Sementara itu, pada tahun 2016 perusahaan telah menyalurkan dana Rp 20 miliar kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Untuk kuartal I 2017, dengan melayani rata-rata 5 nasabah per hari per outlet, perusahaan telah menyalurkan dana kepada sekitar 15 ribu nasabah di sebanyak 20-30 outlet dari target 50 ribu nasabah hingga akhir tahun.

"Kerja sama dengan mitra ini kami harapkan bisa menyalurkan Rp 200 miliar kepada 50 ribu nasabah," kata Teguh.

Untuk rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) produk pinjaman usaha masih 0 persen, sedangkan produk gadai memiliki NPL 0,67 persen.

Strategic Advisor Pinjam.co.id Suwhono menambahkan, adanya gadai swasta online ini diharapkan dapat meningkatkan akses permodalan kepada pelaku UMKM. Adanya fintech gadai yang memberikan layanan dalam proses cepat, menurutnya merupakan salah satu yang dibutuhkan masyarakat.

"Selama ini masyarakat sulit mendapatkan akses, dan isu utamanya proses yang sulit. Masalah pricing bukan yang utama, tapi prosesnya yang penting jangan berbelit-belit," kata Suwhono.

Mantan Direktur Utama Pegadaian ini menuturkan, gaya hidup masyarakat yang telah berubah, dan lebih mengandalkan teknologi menunjukkan keinginan untuk proses yang serba cepat. Dengan demikian ia menilai proses gadai yang cepat akan menjadi sangat populer karena mengakomodasi kebutuhan masyarakat, khususnya pelaku UMKM.

Direktur Ritel dan Sumber Daya PT Pos Indonesia Ira Puspadewi mengatakan, adanya produk gadai dari Pinjam.co.id di jaringan Pos Indonesia bisa membantu pelaku UMKM mendapatkan akses permodalan. Apalagi dengan letak kantor pos yang strategis dan proses gadai yang cepat, sekitar 6 menit.

"Kita berharap pos menjadi tempat yang memudahkan, apalagi untuk UMKM. Jadi di Pos bisa bayar-bayar, kirim-kirim, pinjam-pinjam di pos bisa," kata Ira.

Menurut Ira, selain dengan kerjasama ini, dukungan Pos Indonesia kepada pelaku UMKM diwujudkan dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu pinjaman dana UMKM, lalu capacity building kewirausahaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…