Bank Sentral Filipina Tertarik Kerja Sama Konsep Perbankan Syariah

Oleh : Herry Barus | Kamis, 11 Mei 2017 - 08:51 WIB

OJK
OJK

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Otoritas Jasa Keuangan mendorong perbankan syariah domestik dapat memperluas jaringan bisnis ke Filipina, mengingat potensi besar di negara tersebut dan otoritas setempat sudah mengajukan permintaan kerja sama kepada Indonesia.

"Mereka (Bank Sentral Filipina) meminta bantuan kerja sama dari bank syariah untuk Filipina Selatan," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad di Jakarta, Rabu (10/5/2017)

Muliaman mengatakan peluang kerja sama perbankan antara Indonesia dan Filipina akan dibicarakan lebih lanjut saat kunjungan pimpinan Bank Sentral Filipina atau Bangko Sentral ng Pilipinas pada 3-4 Juni 2017.

"Tapi pembicaraannya memang nanti masih tahap awal," ujar diakepada awak media

Muliaman menuturkan kerja sama yang dibahas antara dua negara merupakan kerja sama bilateral sesuai kerangka ASEAN Banking Integration Framework (ABIF). OJK akan mengedepankan asas dan prinsip resiprokal dalam kerja sama bilateral, seperti yang sudah diteken dengan Malaysia.

Penerapan keseluruhan ABIF di kawasan Asia Tenggara akan diterapkan pada 2020.

Terkait kunjungan pimpinan Bank Sentral Filipina pada Juni mendatang, Muliaman menjelaskan, pertemuan itu masih berupa penjajakan tahap awal. Oleh karena itu, Muliaman belum dapat memastikan apakah kesepakatan bilateral kerja sama perbankan dengan Filipina dapat terealisasi tahun ini atau tahun depan.

"Ini kan masih tahap awal, kaya orang 'pacaran' dulu lah," ujarnya.

Hingga saat ini, kata Muliaman, belum ada bank domestik yang secara resmi mengajukan permintaan untuk ekspansi ke Filipina. Demikian halnya dengan Bank dari Filipina yang belum meminta izin membuka jaringan di Indonesia.

Sebelumnya, PT. Bank Mandiri Persero Tbk menyatakan sedang melakukan penjajakan untuk ekspansi ke Filipina. Mandiri sedang mengkaji opsi untuk mengakuisisi salah satu bank atau lembaga keuangan di Filipina atau mendirikan perusahaan patungan (joing venture) di negara tersebut.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiaman A. Arianto mengatakan kemungkinan besar rencana ekspansi ke Filipina tidak terealisasi tahun ini karena perseroan sedang fokus membuka kantor cabang penuh perdana di Malaysia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…