Kuliner Khas Indonesia, di Promosikan Lewat Festival Jajanan Bango 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 10 Mei 2017 - 21:45 WIB

Festival Jajanan Bango (Ist)
Festival Jajanan Bango (Ist)

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Sebagai salah satu cara untuk melestarikan kuliner khas Indonesia. Tahun ini, Kecap Bango salah satu produksi milik PT Uniliver Indonesia, menggelar festival kuliner akbar tahunan yang bertajuk 'Festival Jajanan Bango' (FJB). Festival yang pertama kalinya dihadirkan di Kota Tangerang pada tanggal 6 dan 7 Mei 2017 yang bertempat di Hall 1 Indonesia Convention Exhibition dengan menghadirkan puluhan kuliner khas dari Barat hingga Timur Nusantara.

Menurut, Hernie Raharja selaku Direktur Foods PT Unilever Indonesia Tbk, mengatakan "Festival ini terinspirasi dari berbagai keragaman kuliner khas di Indonesia yang dapat merepresentasikan kekayaan hasil alam dan budaya dari segi bahan, cara penglohan hingga penyajiannya yang begitu unik,"ujarnya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Rabu (10/5/2017).

Melalui kegiatan ini, Bango mempopulerkan serta menampilkan berbagai makanan khas UIndonesia melalui FJB yang sudah digelar sejak tahun 2005.

"Selain menggelar festival kuliner, FJB juga memberi penghargaan kepada para penjaja kuliner yang telah sepenuh hati melestarikan kuliner khas Nusantara yang telah menjadi sumber inspirasi sekaligus mitra dari Bango," tambahnya.

Untuk tahun ini, FJB 2017, mengusung tema 'Rasa Sepanjang Masa', melalui tema ini diharapkan dapat membantu mempromosikan serta menumbuhkan semangat masyarakat untuk melesetarikan kuliner khas Indonesia. Festival ini menghadirkan kuliner Nusantara yang sudah melegenda serta bertahan hingga saat ini, salah satunya Senen Riyanto, pendiri Warung Tongseng & Sate Sederhana Pak Budi yang kelezatannya begitu melegenda dari dulu hingga sekarang.

Turut Hadir pula 10 start-up kuliner pilihan lebih dari 14.000 pencinta kuliner dari seluruh Indonesia untuk mewakili generasi muda penerus tongkat estafet pelestarian warisan kuliner Nusantara.

Secara total FJB 2017 menghadirkan lebih dari 70 ragam kuliner otenik Nusantara untuk memuaskan selera pencinta kuliner. FJB 2017 kembali dibagi menjadi tiga area jajanan: Area Indonesia Bagian Barat, Bagian Tengah dan Bagian Timur Nusantara.

Lalu, sebagai ciri khas FJB dari tahun ke tahun, Bango juga akan menghadirkan area Kampung Bango untuk memperlihatkan ketulusan Bango dalam menjaga kualitas produknya. Sejumlah acara menarik pun tidak luput dipersiapkan untuk memeriahkan FJB 2017, diantaranya suguhan musik yang kental dengan warna tradisional, demo masak, dan banyak lainnya.

Pelaksanaan FJB 2017 hari ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Bapak Ahmed Zaki Iskandar, B.Bus. selaku Bupati Tangerang. Beliau mendukung pelaksanaan FJB sebagai salah satu upaya positif dalam rangka menggalakkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat Tangerang dan sekitarnya terhadap warisan kuliner Nusantara.

Selama dua hari para pecinta kuliner akan dimanjakan dengan begitu banyak ragam kelezatan kuliner dari Barat hingga Timur Nusantara, sambil menambah pengetahuan dan wawasan mereka mengenai kuliner Nusantara, pungkas Hernie.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), M. Kuncoro Wibowo (kanan), memberikan plakat kepada Kepala Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Toto Pranoto

Rabu, 26 September 2018 - 15:15 WIB

BGR Tandatangani Kerjasama dengan Lembaga Management FEB Universitas Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI) menandatangani nota…

Citibank N.A., Indonesia: Bank Kustodian Pertama yang Mengoperasikan Layanan Account Operator di Indonesia

Rabu, 26 September 2018 - 15:00 WIB

Citibank N.A., Indonesia: Bank Kustodian Pertama yang Mengoperasikan Layanan Account Operator di Indonesia

Sejak tanggal 20 Agustus 2018, Citibank N.A., Indonesia (Citibank) secara resmi menjadi bank kustodian pertama di Indonesia yang mengoperasikan layanan Account Operator bagi para pialang lokal,…

Ilustrasi Pameran KriyaNusa

Rabu, 26 September 2018 - 14:55 WIB

Resmi Dibuka, Pameran Kerajinan KriyaNusa Dongkrak Industri Kreatif Indonesia

Dewan Kerajinan Nasional menggelar pameran kerajinan KriyaNusa 2018 dalam rangka memperingati HUT yang ke-38, dengan mengangkat tema Tingkatkan Sinergitas dan Kreativitas Wirausaha Milenial.

Federal International Finance (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 14:55 WIB

BEI Dorong Investor Ritel Masuk ke Obligasi

Bursa Efek Indonesia (BEI) mendorong investor ritel masuk ke dalam instrumen surat utang (obligasi) korporasi dengan menurunkan denominasi hingga Rp1 juta.