Sektor Pertanian-Perikanan Berperan Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Oleh : Ridwan | Rabu, 10 Mei 2017 - 14:35 WIB

Nelayan Indonesia
Nelayan Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Sektor pertanian memiliki peran penting terhadap pertumbuhan sektor ekonomi Indonesia. Sampai saat ini sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar kedua setelah industri pengolahan.

Menurut Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta mengatakan, sektor pertanian saat ini menjadi sektor yang menyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia.

"Sektor pertanian menyerap tenaga kerja sebesar 31,86 persen tenaga kerja di Indonesia. Memang untuk segi pendidikan masih Sekolah menengah Pertama (SMP) ke bawah yang paling banyak," ungkap Arif Budimanta seusai acara Agro Industry Indonesia Forum di Jakarta (10/5/2017).

Meski berperan penting dalam perekonomian Indonesia, namun sektor pertanian memiliki  pertumbuhan yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan nasional.

Menurut Arif, tingkat kesejahteraan petani sangat berfluktuasi dan sangat tergantung pada tingkat harga yang dihadapi. Seperti diketahui, Maret 2017, Nilai Tukar Petani berada di bawah angka 100 yang mengindikasikan bahwa harga yang dibayar petani lebih besar dari harha yang diterima.

"Perlu adanya upaya untuk mendorong tingkat kesejahteraan petani, salah satunya adalah dengan menjaga tingkat harga jual produk-produk pertanian yang dapat difasilitasi melalui pengembangan UMKM dan bisnis startup untuk mendukung sektor pangan dan perikanan," tegasnya.

Sedangkan dari sektor perikanan, menurut Arif, dalam lima tahun terakhir sektor ini selalu berada di atas pertumbuhan rata-rata ekonomi nasional, dengan sumbangsih perikanan yang terus meningkat.

"Dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) sektor perikanan meningkat. Ditahun 2016, sektor perikanan menyumbang Rp362 miliar terhadap penerimaan negara," terang Arif.

Peluang pengembangan sektor pangan dan perikanan memlaui startup digital sesuai dengan visi pemerintah Indonesia yang menargetkan sebagai negara digital ekonomi terbesar se-Asia Tenggara pada tahun 2020.

Saat ini pemerintah tengah fokus pengembangan ekonomi digital yang berbasis penguatan pelaku usaha lokal baik UMKM maupun startup melalui gerakan 1.000 startup digital yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bekraf for pre-startup yang digagas oleh Bekraf, Telkom Indigo oleh Telkom serta lembaga inkubator lainnya.

"Semua upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan daya saing UMKM dan wirausaha startup," tutup Arif.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…