Pemerintah Kejar Pembangunan Infrastruktur di Maluku Utara

Oleh : Herry Barus | Selasa, 09 Mei 2017 - 10:30 WIB

Bahan Logistik di Indonesia
Bahan Logistik di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Halmahera Tengah- Pemerintah mengejar pembangunan infrastruktur di wilayah terpencil, salah satunya di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Pelabuhan seperti ini di Tapaleo, di Bicoli, Wayabuya, ya seperti kita lihat seperti saat ini, sangat dibutuhkan masyarakat. Bagaimana ada sebuah produk yang akan dijual kalau infratruktur untuk menjual tidak ada," kata Presiden Joko Widodo usai meresmikan Pelabuhan Laut Tapaleo, Pelabuhan Laut Wayabuka, dan Pelabuhan Bicoli di Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Senin (8/5/2017)

Menurut Presiden Jokowi, seperti dilansir Antara, pemerintah membangun pelabuhan Tapaleo memakan biaya sekitar Rp50 miliar.

Dengan pembangunan infrastruktur itu diharapkan pertumbuhan ekonomi dapat terbangun karena kapal berukuran menengah dapat bersandar dan membawa komoditas dari Halmahera ke daerah lain.

Presiden Jokowi juga menargetkan bandara di Halmahera Tengah terbangun dalam waktu dua tahun.

Selain pelabuhan dan bandara, Presiden Jokowi juga meminta akses jalan segera ditingkatkan sehingga dapat menyambungkan antarkota dan kabupaten dengan bandara maupun pelabuhan.

"Masalah jalan, masih banyak sekali daerah-daerah yang juga minta dikerjakan untuk menyambungkan supaya ada konektivitas antar provinsi, antar kabupaten, antar kota," katanya.

Dengan pembangunan infrastruktur transportasi, jelas Presiden Jokowi, dapat mengurangi biaya logistik bagi produk-produk ke daerah pelosok.

Selain itu, pasokan air dan listrik juga menjadi perhatian pemerintah untuk diperkuat di seluruh daerah terpencil, termasuk Halmahera Tengah.

"Tadi dibisiki juga listrik, tidak hanya di sini, di semua kabupaten, kota, provinsi itu kurang semua. Kenapa muncul angka 35 ribu megawatt karena sudah dihitung di sini kurang, di sini kurang. Ya kita omong blak-blakan apa adanya," ujar Presiden.

Saat kunjungan kerjanya di Maluku Utara, Presiden Jokowi juga menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di sekolah dasar di Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…