Kuartal I-2017, Industri Minuman Ringan Catatkan Hasil Negatif

Oleh : Ridwan | Senin, 08 Mei 2017 - 18:12 WIB

Industri Mamin
Industri Mamin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Industri makanan dan minuman masih merupakan sektor strategis dalam penopang PDB nasional dengan kontribusi sebesar 33 persen terhadap GDP dari sektor industri non-migas.

Disisi lain, Ketua Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim), Triyono Pridjosoesilo mengungkapkan kondisi beberpa tahun terakhir, pertumbuhan industri minuman ringan masih berada dalam fase pertumbuhan yang sangat rentan.

"Ini terlihat dari tren pertumbuhan sektor ini dalam 4 tahun terakhir hanya berada dalam kisaran 4-8 persen. Sedangkan jika berkaca pada awal tahun 2000-an, angka pertumbuhan industri minuman konsisten berada pada kisaran 10-15 persen," ungkap Triyono saat acara outlook Asrim di Jakarta (8/5/2017).

Triyono menegaskan, untuk kuartal pertama tahun 2017, pertumbuhan industri minuman ringan bahkan negatif atau minus 3-4 persen. Hal ini terjadi hampir pada semua kategori minuman ringan.

"Soda mengalami penurunan atau minus terbesar yaitu diatas 15 persen. Sedangkan untuk minuman energi dan susu masih mengalami pertumbuhan diatas 15 persen,: terang Tri.

Menurut Tri, daya beli dan konsumsi rumah tangga menjadi faktor utama penurunan pertumbuhan di industri minuman ringan.

Sedangkan dari sisi investasi, industri makanan dan minuman (mamin), termasuk minuman ringan siap saji di dalamnya, masih menjadi salah satu penyumbang investasi yang signifikan.

Dari data realisasi triwulan I-2017 dari Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM), menunjukkan sektor ini menyumbang nilai investasi sebesar Rp18,5 triliun.

"Dari data yang ada dapat dilihat bahwa para investor asing masih ragu untuk berinvestasi di sektor ini, diaman sebagian besar investasi masih didominasi oleh PMDN," tutup Triyono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

fot tren mikro

Selasa, 23 Oktober 2018 - 22:27 WIB

Guna Perluas Pasar, Trend Micro Tunjuk ECS sebagai Distributornya di Indonesia

Trend Micro, penyedia solusi keamanan terkemuka untuk perlindungan gaya hidup digital, serta keamanan internet, memperluas jangkauan bisnisnya di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 20:05 WIB

Di Era Pemerintahan Jokowi-JK, Investasi Sektor Industri Terus Meningkat

Sepanjang empat tahun kerja pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi-JK), investasi sektor industri terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat membuka sidang tahunan The Islamic Chamber of Commerce, Industry and Agriculture (ICCIA)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:43 WIB

Kadin Dorong Peningkatan Peranan G2G Serta Interaksi B2B untuk Majukan Kemitraan Ekonomi Negara-negara Anggota ICCIA

Sidang tahunan The Islamic Chamber of Commerce, Industry and Agriculture (ICCIA) diselenggarakan 22 23 Oktober 2018 di Ritz Carlton Hotel, Jakarta.

Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:37 WIB

Dilaporkan ke Mapolda, Ketua DPRD Kota Bengkulu: Itu Hak Masing-masing, Saya Tidak Bisa Mencegah

Dilaporkannya Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi oleh Pimpinan Redaksi media siber Garuda Daily Doni Supardi di Mapolda Bengkulu terkait dugaan pelanggaran Undang-Undang (UU) Pers Nomor…

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (ist)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:10 WIB

Sepanjang Pemerintahan Jokowi-JK, Sektor Pariwisata Indonesia Tumbuh Lampaui Negara Jiran

Sektor pariwisata diharapkan menjadi motor pembangunan nasional di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan dan penerimaan devisa yang terus…