Tingkatkan produktifitas Pertanian, Pupuk Indonesia Alokasikan 1.990 Ton Pupuk Subsidi Ke Papua

Oleh : Hariyanto | Minggu, 07 Mei 2017 - 12:33 WIB

Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen meningkatkan produktifitas pertanian di SP 9, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

"Pengembangan kawasan pertanian dilakukan di lahan seluas 200 ha bersama dengan anak usaha untuk meningkatkan produktivitas pertanian di kawasan ini," kata Kepala Corporate Communication Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, Sabtu (6/5/2017).

Wijaya menjelaskan, di distrik tersebut Pupuk Indonesia melakukan kegiatan-kegiatan penelitian dan kajian terkait aspek pemupukan, pengelolaan sawah, produktivitas, hingga aspek pemasaran.

Sebagai pendukung pengembangan pertanian di Merauke tersebut, Pupuk Indonesia juga memastikan pasokan pupuk sesuai dengan kebutuhan, dalam meningkatan produktivitas pertanian di Distrik Tanah Miring.

"Tahun ini alokasi pupuk subsidi untuk wilayah Papua sebanyak 1.990 ton," ungkap Wijaya.

Langkah Pupuk Indonesia tersebut merupakan wujud dukungan kepada pemerintah menjadikan Merauke sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Untuk itu, Pupuk Indonesia menempatkan secara khusus PT Pupuk Indonesia Pangan sebagai pengelola area pengembangan lahan pertanian, serta melibatkan anak usahanya seperti PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Petrokimia Gresik, guna menyalurkan pupuk baik subsidi maupun non subsidi untuk petani di Kabupaten Merauke.

Selain di kawasan itu, Pupuk Indonesia juga mengembangkan program riset di sejumlah daerah yakni di Kabupaten Kapuas (Kalimantan Tengah) dan Kabupaten Ketapang (Kalimantan Barat).

Wijaya berharap kegiatan tersebut menjadi momentum bagi anggota holding Pupuk Indonesia untuk meningkatkan kerja sama saling menguntungkan dengan pihak lain serta mengadakan unit usaha kegiatan di bidang pertanian. "Melalui sinergi semacam ini, kami yakin dapat mendorong kinerja holding secara keseluruhan," ucap Wijaya.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga telah bekerja sama dengan Koperasi "Kawan Tani Sejati", yang tertuang dalam nota kesepahaman(MoU) Tentang Peningkatan Produktivitas Pertanian di Kabupaten Merauke pada akhir 2016.

Selain penyediaan pupuk, cucu perusahaan Pupuk Indonesia yaitu PT Petrosida juga ikut berperan aktif dalam menyalurkan sarana produksi pertanian berupa pestisida dan produk hayati.

"Dengan sinergi Pupuk Indonesia Grup bersama Koperasi dan Dinas Pertanian setempat, diharapkan produktivitas pertanian di Kabupaten Merauke terus meningkat sehingga upaya pemerintah menuju swasembada pangan dapat segera tercapai," pungkas Wijaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 20:31 WIB

Masuk Tahun Kelima Jokowi-JK, Moeldoko Ajak Kembangkan Politik Cinta Kasih

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, seandainya saja bangsa kita dikelola dengan cinta kasih, maka politik kita pun akan menjadi politik yang sejuk, jauh dari rasa kebencian dan memusuhi.…

FOUNDA Startup Baru Ajak Milennials Berbisnis (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 18:00 WIB

FOUNDA Startup Baru Ajak Milennials Berbisnis

Dalam rangka meningkatkan kesadaran berwirausaha pada kalangan milennials, FOUNDA sebagai perusahaan rintisan atau startup hadir dengan tujuan untuk menciptakan founder muda (Founda) dengan…

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat berfoto bersama 27 pelaku usaha kreatif dalam program Creative Business Incubator (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 17:30 WIB

Ciptakan Pengusaha Muda di Sektor Ekonomi Kreatif, Kemenperin Gelar Creative Business Incubator

Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian melalui Bali Creative Industry Center (BCIC) menggelar program "Creative Business Incubator (CBI)".

Andrew Keily Juarai Ajang Herbalife Bali International Triathlon 2018 (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 17:00 WIB

Andrew Keily Juarai Ajang Herbalife Bali International Triathlon 2018

Herbalife Bali International Triathlon 2018 telah selesai digelar di Pantai Mertasari, Sanur, Bali, Minggu (21/10/2018). Dalam kategori Olympic Distance Course Pria, Triatlit asal Amerika Serikat,…

HM Sampoerna Tbk Dukung Pemberdayaan UKM di Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 16:30 WIB

HM Sampoerna Tbk Dukung Pemberdayaan UKM di Indonesia

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) memiliki komitmen yang besar untuk mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.…