Tingkatkan produktifitas Pertanian, Pupuk Indonesia Alokasikan 1.990 Ton Pupuk Subsidi Ke Papua

Oleh : Hariyanto | Minggu, 07 Mei 2017 - 12:33 WIB

Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen meningkatkan produktifitas pertanian di SP 9, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

"Pengembangan kawasan pertanian dilakukan di lahan seluas 200 ha bersama dengan anak usaha untuk meningkatkan produktivitas pertanian di kawasan ini," kata Kepala Corporate Communication Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, Sabtu (6/5/2017).

Wijaya menjelaskan, di distrik tersebut Pupuk Indonesia melakukan kegiatan-kegiatan penelitian dan kajian terkait aspek pemupukan, pengelolaan sawah, produktivitas, hingga aspek pemasaran.

Sebagai pendukung pengembangan pertanian di Merauke tersebut, Pupuk Indonesia juga memastikan pasokan pupuk sesuai dengan kebutuhan, dalam meningkatan produktivitas pertanian di Distrik Tanah Miring.

"Tahun ini alokasi pupuk subsidi untuk wilayah Papua sebanyak 1.990 ton," ungkap Wijaya.

Langkah Pupuk Indonesia tersebut merupakan wujud dukungan kepada pemerintah menjadikan Merauke sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Untuk itu, Pupuk Indonesia menempatkan secara khusus PT Pupuk Indonesia Pangan sebagai pengelola area pengembangan lahan pertanian, serta melibatkan anak usahanya seperti PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Petrokimia Gresik, guna menyalurkan pupuk baik subsidi maupun non subsidi untuk petani di Kabupaten Merauke.

Selain di kawasan itu, Pupuk Indonesia juga mengembangkan program riset di sejumlah daerah yakni di Kabupaten Kapuas (Kalimantan Tengah) dan Kabupaten Ketapang (Kalimantan Barat).

Wijaya berharap kegiatan tersebut menjadi momentum bagi anggota holding Pupuk Indonesia untuk meningkatkan kerja sama saling menguntungkan dengan pihak lain serta mengadakan unit usaha kegiatan di bidang pertanian. "Melalui sinergi semacam ini, kami yakin dapat mendorong kinerja holding secara keseluruhan," ucap Wijaya.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga telah bekerja sama dengan Koperasi "Kawan Tani Sejati", yang tertuang dalam nota kesepahaman(MoU) Tentang Peningkatan Produktivitas Pertanian di Kabupaten Merauke pada akhir 2016.

Selain penyediaan pupuk, cucu perusahaan Pupuk Indonesia yaitu PT Petrosida juga ikut berperan aktif dalam menyalurkan sarana produksi pertanian berupa pestisida dan produk hayati.

"Dengan sinergi Pupuk Indonesia Grup bersama Koperasi dan Dinas Pertanian setempat, diharapkan produktivitas pertanian di Kabupaten Merauke terus meningkat sehingga upaya pemerintah menuju swasembada pangan dapat segera tercapai," pungkas Wijaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Airlangga Hartarto ( Dok Menperin )

Rabu, 22 November 2017 - 20:07 WIB

Pemerintah Akan Cetak 1 Juta Tenaga Kerja Terampil Hingga 2019

Kementerian Perindustrian menargetkan sebanyak 1.142.752 tenaga kerja yang tersertifikasi pada tahun 2017-2019.

Kayu di Hutan

Rabu, 22 November 2017 - 19:28 WIB

Pemerintah Wacanakan Buka Keran Ekspor Kayu Bulat

Setelah dilarang selama 16 tahun. pemerintah mempertimbangkan untuk membuka kran ekspor kayu bulat atau log. Alasannya, untuk mengangkat harga komoditas itu yang jatuh di pasar lokal.

Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia) (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 18:27 WIB

Aptrindo: Sudah Saatnya Angkutan Barang Masuk Sistem Digital

Era industrialisasi digital mengharuskan semua sektor industri mengimplementasikan sistem digitalisasi guna meningkatkan daya saing industri, tak terkecuali industri angkutan barang.

PT Totalindo Eka Persada Tbk

Rabu, 22 November 2017 - 17:50 WIB

Totalindo Eka Persada Akan Garap Proyek TOD Senilai Rp3 Triliun

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) menandatangani perjanjian pembangunan proyek kawasan terpadu (TOD) dengan BUMD DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya senilai Rp3 triliun.

PT Asia Pacific Fiber Tbk (ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:38 WIB

Dongkrak Penjualan, Asia Pacific Fiber Genjot Produksi Serat Antiapi

Guna meningkatkan angka penjualan, produsen tekstil PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY) menggenjot produksi serat antiapi. Langkah tersebut dilakukan lantaran permintaan domestik terhadap serat…