Tingkatkan produktifitas Pertanian, Pupuk Indonesia Alokasikan 1.990 Ton Pupuk Subsidi Ke Papua

Oleh : Hariyanto | Minggu, 07 Mei 2017 - 12:33 WIB

Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen meningkatkan produktifitas pertanian di SP 9, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

"Pengembangan kawasan pertanian dilakukan di lahan seluas 200 ha bersama dengan anak usaha untuk meningkatkan produktivitas pertanian di kawasan ini," kata Kepala Corporate Communication Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, Sabtu (6/5/2017).

Wijaya menjelaskan, di distrik tersebut Pupuk Indonesia melakukan kegiatan-kegiatan penelitian dan kajian terkait aspek pemupukan, pengelolaan sawah, produktivitas, hingga aspek pemasaran.

Sebagai pendukung pengembangan pertanian di Merauke tersebut, Pupuk Indonesia juga memastikan pasokan pupuk sesuai dengan kebutuhan, dalam meningkatan produktivitas pertanian di Distrik Tanah Miring.

"Tahun ini alokasi pupuk subsidi untuk wilayah Papua sebanyak 1.990 ton," ungkap Wijaya.

Langkah Pupuk Indonesia tersebut merupakan wujud dukungan kepada pemerintah menjadikan Merauke sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Untuk itu, Pupuk Indonesia menempatkan secara khusus PT Pupuk Indonesia Pangan sebagai pengelola area pengembangan lahan pertanian, serta melibatkan anak usahanya seperti PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Petrokimia Gresik, guna menyalurkan pupuk baik subsidi maupun non subsidi untuk petani di Kabupaten Merauke.

Selain di kawasan itu, Pupuk Indonesia juga mengembangkan program riset di sejumlah daerah yakni di Kabupaten Kapuas (Kalimantan Tengah) dan Kabupaten Ketapang (Kalimantan Barat).

Wijaya berharap kegiatan tersebut menjadi momentum bagi anggota holding Pupuk Indonesia untuk meningkatkan kerja sama saling menguntungkan dengan pihak lain serta mengadakan unit usaha kegiatan di bidang pertanian. "Melalui sinergi semacam ini, kami yakin dapat mendorong kinerja holding secara keseluruhan," ucap Wijaya.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga telah bekerja sama dengan Koperasi "Kawan Tani Sejati", yang tertuang dalam nota kesepahaman(MoU) Tentang Peningkatan Produktivitas Pertanian di Kabupaten Merauke pada akhir 2016.

Selain penyediaan pupuk, cucu perusahaan Pupuk Indonesia yaitu PT Petrosida juga ikut berperan aktif dalam menyalurkan sarana produksi pertanian berupa pestisida dan produk hayati.

"Dengan sinergi Pupuk Indonesia Grup bersama Koperasi dan Dinas Pertanian setempat, diharapkan produktivitas pertanian di Kabupaten Merauke terus meningkat sehingga upaya pemerintah menuju swasembada pangan dapat segera tercapai," pungkas Wijaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Telepon Seluler (istimewa)

Jumat, 22 September 2017 - 04:00 WIB

Kemenperin Pacu Pabrikan Produk Telekomunikasi Tingkatkan Daya Saing

Kementerian Perindustrian terus mendorong para pabrikan produk telekomunikasi di Tanah Air agar semakin meningkatan daya saingnya sehingga mampu berkompetisi dengan barang-barang impor.

Menlu Retno Marsudi (Foto Istimewa)

Jumat, 22 September 2017 - 03:58 WIB

Menlu Retno Bahas Batas Maritim Negara Palau

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu Menlu Palau Faustina K Rehuher-Marugg di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-72 di New York, Rabu, membahas percepatan perundingan batas maritim dan…

Ilustrasi obat ilegal PCC (Foto Ist)

Jumat, 22 September 2017 - 03:45 WIB

Surabaya Hanya Sebagai Gudang Transt Pil PCC

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin menyatakan Kota Surabaya hanyalah sebagai gudang untuk transit pil Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC), sebelum diedarkan kembali…

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Jumat, 22 September 2017 - 03:39 WIB

Realisasikan 1 Muharam dengan Perubahan

Sosiolog dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Dr Ansari Yamamah mengatakan umat Islam di Indonesia harus mampu merealisasikan peringatan 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam dengan…

Etnis Rohingya butuh pertolongan dunia interasional

Jumat, 22 September 2017 - 03:35 WIB

Sebagian Pengungsi Rohingya Akhirnya Manfaatkan Tenda Indonesia

Sebagian pengungsi Rohingya di Distrik Cox's Bazar Bangladesh akhirnya dapat memanfaatkan tenda bantuan dari pemerintah Indonesia.