Indonesia Siap Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Oleh : Irvan AF | Sabtu, 06 Mei 2017 - 07:34 WIB

Ilustrasi trofi Piala Dunia. (Foto: FIFA.com)
Ilustrasi trofi Piala Dunia. (Foto: FIFA.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 dalam kongres Ferderasi Internasional Bola Basket (FIBA) yang berlangsung di Hong Kong, pada Kamis (4/5) hingga Jumat (5/5).

"Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah piala dunia bersama Filipina dan Jepang. Kami akan mempersiapkan segala sesuatunya agar usulan itu dapat terwujud," kata Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima i Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Negara lain yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 adalah Turki, Rusia, serta Uruguay yang akan bergabung dengan Argentina. Pada pengajuan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Bakset 2019, Filipina kalah dari China. Negari Panda itu akan menggelar Piala Dunia Bola Basket di kota Beijing, Nanjing, Suzhou, Wuhan, Guangzhou, Shenzhen, Foshan dan Dongguan.

Indonesia optimistis maju sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket karena telah menggelar Kejuaraan Bola Basket Antar-klub Asia pada 2009 di Jakarta. Kementerian Pemuda dan Olahraga mendukung pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 bersama Filipina dan Jepang.

"Kami akan menggandeng Kementerian Luar Negeri untuk melakukan pendekatan diplomatik sebagai bentuk dukungan terhadap Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dan SEABA," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto.

Kemenpora, lanjut Gatot, juga akan memfasilitasi koordinasi penyelenggaraan Piala Dunia Bola Bakset dengan kementerian-kementerian serta lembaga-lembaga terkait sebagaimana persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Pencalonan Indonesia itu menunjukkan kita mampu menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga internasional meskipun persiapannya membutuhkan kerja luar biasa," ujar Gatot.

FIBA meluncurkan empat pilar strategis dalam kongres yang dihadiri perwakilan 139 federasi bola basket nasional itu. Empat pilar itu adalah program pengembangan federasi nasional sebagai misi utama, pemberlakukan kalendar dan sistem kompetisi yang baru yaitu "home and away" mulai 2017. Kemudian, kejuaraan 3x3 menjadi salah satu kejuaraan satu kunci pengembangan bola basket internasional, serta penerapan satu aturan untuk mewujudkan visi bola basket sebagai olahraga populer. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…