300 Ratus Napi Kabur, Warga Jadi Resah

Oleh : Irvan AF | Sabtu, 06 Mei 2017 - 07:30 WIB

Ilustrasi penangkapan. (Foto: IST)
Ilustrasi penangkapan. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Pekanbaru - Kepolisian Daerah Riau mengimbau kepada ratusan tahanan Rumah Tahanan Negara Kelas II B Pekanbaru yang kabur pada Jumat siang, agar menyerahkan diri kepada petugas.

"Sebaiknya menyerahkan diri, daripada nanti kontra produktif karena petugas kita di lapangan akan melakukan tindakan tegas dan terukur," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Jumat (5/5/2017).

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, baik itu apabila menemukan orang atau warga yang mencurigakan, agar dapat melaporkan ke polisi terdekat. Kerja sama masyarakat dengan petugas, katanya, akan membantu ratusan personel gabungan TNI dan Polda Riau yang kini terus berusaha menangkap kembali 300-an tahanan Rutan Kelas IIB Pekanbaru yang kabur, Jumat siang.

Dia juga mengimbau kepada pihak keluarga apabila mengetahui ada anggota keluarganya yang menjadi tahanan Rutan Kelas IIB Pekanbaru, untuk melaporkan ke polisi.

"Kami tegaskan, petugas kita kini telah berada di lapangan dan siap melakukan tindakan tegas dan terukur untuk menangkap para tahanan yang kabur. Sebaiknya jalani hukuman sesuai proses yang berlaku," tuturnya.

Guntur juga meminta kepada masyarakat agar tidak khawatir dengan kejadian itu. Ia meminta warga mengaktifkan kembali sistem keamanan keliling (siskamling). Sedikitnya 200-300 tahanan Rutan Kelas IIB Pekanbaru atau dikenal sebagai Rutan Sialang Bungkuk kabur saat shalat Jumat. Tahanan yang masih dalam proses persidangan itu, kabur usai terjadi bentrokan di dalam rutan.

Saat ini, para tahanan yang terjerat pidana umum itu menyebar ke pemukiman warga dan menyebabkan masyarakat Kota Pekanbaru resah. Sebanyak 800 personel gabungan Polresta Pekanbaru dan Brimob Polda Riau hingga kini masih terus mengejar para tahanan.

"Hingga malam ini sudah 140 tahanan yang berhasil ditangkap," kata Guntur. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…