Hasil Produksi Tembakau Berkurang 60 Persen di Tahun 2016

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 Mei 2017 - 19:26 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Hasil produksi tembakau tahun 2016 berkurang hingga 60 persen. Ini dikarenakan musim hujan sepanjang tahun.

"Hasil tembakau kita tahun 2016 jelek, baik dari segi kuantitas maupun kualitas," ungkap Ketua Umum Asosiasi Tembakau Indonesia, Soeseno saat dihubungi INDUSTRY.co.id di Jakarta (5/5/2017).

Seoseno menambahkan, tahun 2017 kita belum bisa prediksi, kemungkinan masa tanam akan mundur karena iklim masih hujan.

"Di beberapa tempat sentra tembakau, petani merencanakan tanam pada akhir juni, mestinya bulan ini kita sudah mulai tanam. Tetapi karena hujan masih cukup sering dan besar maka akan mundur masa tanamnya," terang Soeseno.

Hasil produksi tembakau pada tahun 2016 sekitar 70 ribu ton, angka ini menurun jika dibandingkan tahun lalu. Ini dikarenakan banyak tembakau yang rusak.

Disisi lain, Soeseno menghimbau kepada pemerintah supaya mengatur tata niaga dan kemitraan antara petani dan pembeli melalui regulasi yang adil.

"Yang kami perlukan regulasi yang adil, yang berpihak kepada para petani demi keberlangsungan hidup para petani tembakau,"tutup Seoeseno.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.