Nagaswara Laporkan 5 Perusahaan Pembajak Hak Cipta ke Bareskrim Polri

Oleh : Amazon Dalimunthe | Rabu, 03 Mei 2017 - 16:41 WIB

Nagaswara
Nagaswara

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kasus pembajakan ternyata masih terus berlangsung di tengah upaya pemberantasannya yang tak kunjung henti. Kerugian milyaran rupiah menjadi momok bagi perusahaan rekaman untuk memproduksi karya cipta para musisi dan penyanyi.. Salah satu label  dengan mayoritas penyanyi dangdut,  Nagaswara, akhirnya  melaporkan lima nama perusahaan pembajak ke Bareskrim Mabes Polri dengan Nomor LP/455/V/2017/BARESKRIM.

Sebelum diterima oleh pihak Bareskrim para artis yang lagunya dibajak bersama pemilik Nagaswara, Rahayu Kertawiguna menggelar spanduk dengan tulisan "Berantas Produk Bajakan Sampai Tuntas" di depan pintu loby Bareskrim. Seperti Uci Sucita (lagu Duren Sawit), Hesty Klepek-Klepek (Curi Curi Curhat dan Telolet,  Klepek Klepek), Delon feat Siti Badriah (Cinta Tak Harus Memiliki), Susi Legit (Buronan Mertua dan Cinta Ganjil Genap).

"Kami melaporkan tindak pidana Hak Cipta 113 ayat (3 dan 4) atau 117 UU No. 29 tahun 2014. Terlapornya ada lima pabrik terbesar di dunia," jelas Rahayu Kertawiguna, kepada awak media di lobby Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2017)

"Kelima perusahaan pembajak tersebut yaitu PT. VISINDO SP, PT. RAJAWALI, PT. Cipta Prima Dharma, PT. Sinar Mulia Sejati dan Cakra Perkasa Selaras, " terang Rahayu yang didampingi para artis dengan nada geram.

Pihak Nagaswara sendiri mengalami kerugian hingga Rp 2 miliar. Pihak pembajak diketahui bisa memproduksi mulai 100 ribu-300 ribu keping sehari, sementara label hanya bisa menjual 100 ribu keping saja dalam sebulan.

"Kalau saya pribadi (Nagaswara) dirugikan sekitar kurang lebih Rp 2 miliar. Ini keterlaluan kalau kita enggak laporkan," tegas Rahayu.

Nagaswara, katanya,  telah lima tahun menyelidiki pusat penjualan CD/DVD bajakan terbesar di Jakarta yaitu daerah Glodog, Jakarta Barat untuk mengumpulkan data. Mereka bahkan telah menyampaikan teguran lewat pesan singkat kepada masing-masing perusahaan pembajak tapi tak mendapat balasan.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…