Menperin: Global Sustainability Terobosan Hadapi Persaingan

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Mei 2017 - 13:06 WIB

Menperin Airlangga Hartarto - Dok Kemenperin
Menperin Airlangga Hartarto - Dok Kemenperin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, Global Sustainability merupakan salah satu terobosan baru untuk menghadapi persaingan dan membuat akses pasar baru dengan fokus pada standar yang berkelanjutan dan Global Value Chain.

"Melalui 'Global Sustainability Standards Symposium' kita perlu menyamakan persepsi dan saling bersinergi diantara sesama pemangku kepentingan terkait kebijakan pembangunan yang berkelanjutan," ungkap Airlangga saat pembukaan forum 'Global Sustainability Standards Symposium' di Jakarta (3/5/2017).

Menurut Airlangga, saat ini kita sudah melakukan pelaksanaan standar misalnya, di kelapa sawit dengan ISPO, kemudian di industri kehutanan dangan SLVK.

"Untuk industri besar ini tidak bermasalah, justru bagi industri kecil ini merupakan suatu masalah," terang Menperin.

Sustainable Standard bagi industri kecil merupakan suatu masalah, karena pengeluaran harus ditanggung oleh mereka, sedangkan produk yang sudah bersertifikat tidak mendapatkan premium price dibandingkan produk dari negara lain tanpa sertifikat.

"Saya minta negara-negara lain supaya fair, kalau mereka menuntut hal ini dari Indonesia, tentu mereka harus menuntut hal yang sama pada negara-negara lain," imbuh Airlangga.

Airlangga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sudah melaksanakan sustainability standar di beberapa industri, tetapi negara lain tidak melakukan itu.

"Hal itu yang kita himbau kepada yang pegang sustainability standar, agar mereka fair trade bukan political trade," tutup Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:32 WIB

Baznas Kirim Klinik Keliling untuk Pengungsi Myanmar

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan mengirim klinik keliling untuk pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh sebagai bagian dari upaya lanjutan membantu meringankan beban korban yang terusir…

Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:27 WIB

Jelang Sumut 1, PAN Sumut Matangkan Pemenangan Edy-Ijeck

Partai Amanat Nasional mematangkan persiapan untuk memenangkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Sumatera Utara.

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:21 WIB

Perluas Pasar, Semen Baturaja Bangun Proyek Cement Mill d Jambi

Perseoran Terbatas Semen Baturaja berencana berinvestasi dengan membangun proyek "cement mill" dan "packing plant" di Kota Jambi, Provinsi Jambi, sebagai upaya memperluas sebaran pasar semen…

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:16 WIB

Fundamental Ekonomi Nasional Kuat, Kinerja IHSG Tahun Politik Positif

Bursa Efek Indonesia optimistis kinerja indeks harga saham gabungan pada 2018 yang merupakan tahun politik akan tetap membukukan hasil positif.

Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto

Jumat, 19 Januari 2018 - 18:45 WIB

Kemenperin Targetkan Industri Pengolahan Ikan Tumbuh 10 Persen pada 2018

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Susanto mengatakan, potensi perikanan di Indonesia masih berpotensi untuk ditingkatkan.