Menperin: Global Sustainability Terobosan Hadapi Persaingan

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Mei 2017 - 13:06 WIB

Menperin Airlangga Hartarto - Dok Kemenperin
Menperin Airlangga Hartarto - Dok Kemenperin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, Global Sustainability merupakan salah satu terobosan baru untuk menghadapi persaingan dan membuat akses pasar baru dengan fokus pada standar yang berkelanjutan dan Global Value Chain.

"Melalui 'Global Sustainability Standards Symposium' kita perlu menyamakan persepsi dan saling bersinergi diantara sesama pemangku kepentingan terkait kebijakan pembangunan yang berkelanjutan," ungkap Airlangga saat pembukaan forum 'Global Sustainability Standards Symposium' di Jakarta (3/5/2017).

Menurut Airlangga, saat ini kita sudah melakukan pelaksanaan standar misalnya, di kelapa sawit dengan ISPO, kemudian di industri kehutanan dangan SLVK.

"Untuk industri besar ini tidak bermasalah, justru bagi industri kecil ini merupakan suatu masalah," terang Menperin.

Sustainable Standard bagi industri kecil merupakan suatu masalah, karena pengeluaran harus ditanggung oleh mereka, sedangkan produk yang sudah bersertifikat tidak mendapatkan premium price dibandingkan produk dari negara lain tanpa sertifikat.

"Saya minta negara-negara lain supaya fair, kalau mereka menuntut hal ini dari Indonesia, tentu mereka harus menuntut hal yang sama pada negara-negara lain," imbuh Airlangga.

Airlangga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sudah melaksanakan sustainability standar di beberapa industri, tetapi negara lain tidak melakukan itu.

"Hal itu yang kita himbau kepada yang pegang sustainability standar, agar mereka fair trade bukan political trade," tutup Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kayu di Hutan

Rabu, 22 November 2017 - 19:28 WIB

Pemerintah Wacanakan Buka Keran Ekspor Kayu Bulat

Setelah dilarang selama 16 tahun. pemerintah mempertimbangkan untuk membuka kran ekspor kayu bulat atau log. Alasannya, untuk mengangkat harga komoditas itu yang jatuh di pasar lokal.

Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia) (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 18:27 WIB

Aptrindo: Sudah Saatnya Angkutan Barang Masuk Sistem Digital

Era industrialisasi digital mengharuskan semua sektor industri mengimplementasikan sistem digitalisasi guna meningkatkan daya saing industri, tak terkecuali industri angkutan barang.

PT Totalindo Eka Persada Tbk

Rabu, 22 November 2017 - 17:50 WIB

Totalindo Eka Persada Akan Garap Proyek TOD Senilai Rp3 Triliun

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) menandatangani perjanjian pembangunan proyek kawasan terpadu (TOD) dengan BUMD DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya senilai Rp3 triliun.

Budayawan; Emha Ainun Nadjib (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:37 WIB

Ango An Poteh Tolang, Setnov

Andaikan Markesot dikenal oleh Setya Novanto dan ditanya tentang keadaannya hari-hari ini, mestinya Markesot menjawab begini: "Etembang poth mata, ango`an poth tolang, ta`iye!". Daripada mata…

Golden Tulip Holland Resort Batu, Jawa Timur

Rabu, 22 November 2017 - 17:30 WIB

Rayakan Tahun Baru dan Natal, Golden Tulip Holland Resort Batu Tawarkan Paket Spesial

Pergantian tahun dan perayaan hari Natal merupakan satu momen dimana tiap keluarga saling berkumpul atau mengisinya dengan berlibur ke suatu tempat ataupun ke destinasi wisata untuk merayakannya.