Hingga April 2017, Pertumbuhan Manufaktur di Jateng Turun

Oleh : Herry Barus | Rabu, 03 Mei 2017 - 09:02 WIB

Ilustrasi truk dalam pameran otomotif. (Robertus Pudyanto/Getty Images)
Ilustrasi truk dalam pameran otomotif. (Robertus Pudyanto/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Semarang- Pertumbuhan industri manufaktur di Jawa Tengah pada triwulan pertama 2017 mengalami penurunan seiring dengan berkurangnya permintaan pasar global.

"Untuk pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang pada Triwulan I 2017, turun sebesar 3,57 persen dari produksi triwulan IV tahun lalu," kata Kepala Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah Totok Tavirijanto kepada awak media di Semarang, Selasa (2/4/2017)

Penurunan juga terjadi jika dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya. Menurut Totok, penurunan dibandingkan periode sama tahun sebelumnya sebesar 4,11 persen.

Berdasarkan data, ada tujuh kelompok industri yang mengalami penurunan produksi, di antaranya adalah farmasi, produk obat kimia, dan obat tradisional turun sebesar 10,32 persen, disusul oleh penurunan pada sektor industri logam dasar sebesar 9,63 persen.

Selanjutnya adalah industri pengolahan tembakau turun sebesar 9,61 persen dan industri minuman turun sebesar 9,30 persen.

Meski demikian, ada beberapa kelompok industri manufaktur yang mengalami kenaikan produksi cukup besar yaitu kayu, barang dari kayu, dan gabus serta anyaman bambu dan rotan sebesar 9,24 persen.

Selanjutnya, kenaikan juga terlihat pada kelompok furnitur sebesar 8,95 persen, serta bahan kimia dan barang dari bahan kimia naik sebesar 8,05 persen.

Sementara itu, kondisi berbeda ditunjukkan pada produksi manufaktur mikro dan kecil pada triwulan I tahun 2017 yang mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Dia mengatakan untuk kenaikannya sebesar 0,22 persen dibandingkan triwulan IV tahun 2016.

"Kenaikan ini sangat baik mengingat industri kecil dan mikro juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya sektor industri baik dalam skala regional maupun nasional," katanya.

Oleh karena itu, dikatakannya, perlu adanya alat kontrol usaha industri manufaktur mikro dan kecil agar tetap dapat tumbuh kembang dengan baik, salah satunya dengan mengetahui pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil secara berkala.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seolhyun dan Jimin, Personel Girlband AOA. (Source: Kpopchart)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:50 WIB

Seolhyun dan Jimin Beri Kode Comeback Girlband AOA

Baru-baru ini Jimin dan Seolhyun AOA memberi sebuah petunjuk akan rencana dan persiapan comeback girlband mereka, AOA. Saat mempromosikan lagu solonya yang berjudul 'Hey', Jimin mengadakan live…

Wamen ESDM Arcandra Tahar

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:30 WIB

Arcandra Tahar Harapkan BLU Ubah Human Resources Jadi Human Capital

Arcandra mengungkapkan paradigma manajemen sumber daya manusia saat ini telah berubah dari human resouces menjadi human capital, manusia itu tidak lagi menjadi pekerja pasif, tetapi secara aktif…

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih bersama Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta, Eddy Kuntadi, serta Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum (Foto: Biro Humas)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Kemenperin Targetkan 18 Pondok Pesantren Akan Jadi Percontohan Program Santripreneur pada 2018

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 18 pondok pesantren yang akan menjadi percontohan dalam pelaksanaan program Santripreneur pada tahun 2018. Pondok pesantren tersebut meliputi…

Kendall Jenner (Foto Ist)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Intip Koleksi Fashion dari Kendall Jenner, Ada yang Seharga DP Mobil!

Siapa yang tidak mengenal model cantik mancanegara, Kendall Jenner. Postur tubuh yang sempurna dan paras yang cantik, menjadikan Kendall Jenner sebagai kiblat fashion untuk kalangan millenial.

Presiden Jokowi dan Jalan tol (Foto : Biro Pers Setpres)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:04 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni - Simpang Susun Bakauheni dan segmen Lematang-Kotabaru di Bakauheni Lampung…