Trie Utami Ciptakan Dawai Karma Wibangga

Oleh : Herry Barus | Jumat, 09 Desember 2016 - 20:10 WIB

Trie Utami
Trie Utami

INDUSTRY.co.id - Penyanyi Trie Utami dan Jaringan Kampung (Japung) Nusantara menciptakan alat musik dawai karma wibangga terinspirasi oleh relief karma wibangga di Candi Borobudur.

Trie Utami di Magelang, Kamis (8/12) , mengatakan ia membuat tiga dawai dengan ukuran dan bentuk berbeda. Dawai tersebut dibuat dari kayu jati dan dipahat oleh seniman asal Situbundo, Alligardy.

"Dawai ini merupakan wujud hasil kegelisahan kami atas Candi Borobudur. Dawai kami buat sesuai ukuran aslinya pada masa itu," katanya dalam "Sonjo Kampung di Omah Mbudur" di Dusun Jowahan, Desa Borobudur, Kabupaten Magelang.

Menurut dia dawai karma wibangga berbeda dengan dawai asal India maupun daerah lainnya. Dia berharap alat musik ini bisa menjadi ciri khas Candi Borobudur dan kelak bisa membantu mewujudkan gagasan sounds of Borobudur.

Pendiri Omah Mbudur, Nuryanto mengatakan para seniman Borobudur sangat mengapresiasi hasil kerja Trie Utami dan kawan-kawan.

Ia mengatakan Candi Borobdur ibarat lentera di mana orang yang berada jauh justru diterangi namun yang berada di dekatnya justru gelap.

"Jika ingin maju warga Borobudur harus menyatu dengan lentera. Semoga Borobudur semakin mendunia. Kami bangga alat musik ini dimainkan pertama kali di Omah Mbudur," katanya.

Camat Borobudur Nanda Cahya Pribadi mengatakan banyak warga Magelang yang belum tahu jika Candi Borobudur adalah perpustakaan kebudayaan yang luar biasa.

Ia berharap dawai karma wibangga dapat menjadi tonggak kebangkitan budaya Borobudur.

"Ini bukan sekadar alat musik. Bayangkan abad VII masyarakat Borobudur sudah memainkan alat musik. Dalam suasana apa leluhur kita memainkan alat musik ini. Candi Borobudur adalah pusat kebudayaan, Borobudur tonggak kejayaan bangsa Indonesia," katanya.(Ant/Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.