Trie Utami Ciptakan Dawai Karma Wibangga

Oleh : Herry Barus | Jumat, 09 Desember 2016 - 20:10 WIB

Trie Utami
Trie Utami

INDUSTRY.co.id - Penyanyi Trie Utami dan Jaringan Kampung (Japung) Nusantara menciptakan alat musik dawai karma wibangga terinspirasi oleh relief karma wibangga di Candi Borobudur.

Trie Utami di Magelang, Kamis (8/12) , mengatakan ia membuat tiga dawai dengan ukuran dan bentuk berbeda. Dawai tersebut dibuat dari kayu jati dan dipahat oleh seniman asal Situbundo, Alligardy.

"Dawai ini merupakan wujud hasil kegelisahan kami atas Candi Borobudur. Dawai kami buat sesuai ukuran aslinya pada masa itu," katanya dalam "Sonjo Kampung di Omah Mbudur" di Dusun Jowahan, Desa Borobudur, Kabupaten Magelang.

Menurut dia dawai karma wibangga berbeda dengan dawai asal India maupun daerah lainnya. Dia berharap alat musik ini bisa menjadi ciri khas Candi Borobudur dan kelak bisa membantu mewujudkan gagasan sounds of Borobudur.

Pendiri Omah Mbudur, Nuryanto mengatakan para seniman Borobudur sangat mengapresiasi hasil kerja Trie Utami dan kawan-kawan.

Ia mengatakan Candi Borobdur ibarat lentera di mana orang yang berada jauh justru diterangi namun yang berada di dekatnya justru gelap.

"Jika ingin maju warga Borobudur harus menyatu dengan lentera. Semoga Borobudur semakin mendunia. Kami bangga alat musik ini dimainkan pertama kali di Omah Mbudur," katanya.

Camat Borobudur Nanda Cahya Pribadi mengatakan banyak warga Magelang yang belum tahu jika Candi Borobudur adalah perpustakaan kebudayaan yang luar biasa.

Ia berharap dawai karma wibangga dapat menjadi tonggak kebangkitan budaya Borobudur.

"Ini bukan sekadar alat musik. Bayangkan abad VII masyarakat Borobudur sudah memainkan alat musik. Dalam suasana apa leluhur kita memainkan alat musik ini. Candi Borobudur adalah pusat kebudayaan, Borobudur tonggak kejayaan bangsa Indonesia," katanya.(Ant/Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…