Pandeglang Food Festival 2017, Dongkrak Wisata di Tanjung Lesung

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 01 Mei 2017 - 12:50 WIB

Pandeglang Food Festival 2017
Pandeglang Food Festival 2017

INDUSTRY.co.id, Pandeglang - Pandeglang Food Festival 2017 yang diselenggarakan di Kawasan Pantai Teluk Labuan Pandeglang Banten, Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Jumat (28/4/2017) ini merupakan salah satu kegiatan promosi wisata di daerah Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari Jumat hingga Minggu (28-30/4/2017) ini merupakan momen untuk mengapresiasi di hari jadi Kabupaten Pandeglang yang ke 143 serta mendukung program Percepatan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) di Tanjung Lesung.

Acara yang menarik ribuan wisatawan terselenggara berkat kerjasama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dengan Pemkab Pandeglang, Pemprov Banten serta Kementerian Pariwisata RI, Dinas Pariwisata Banten, Bank BJB Cabang Labuan, dan beberapa pengusaha kuliner di wilayah Kabupaten Pandeglang serta melibatkan komunitas nelayan dan budaya masyarakat.

Melansir dari thepresidentpostindoensia, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita dalam sambutannya menyampaikan, “Event yang baru pertama di Pandeglang seperti ini harus dikembangkan. Masyarakat sangat antusias, bisa dikatakan ribuan orang datang ke Desa teluk ini. Ini akan menjadi daya tarik wisatawan baik wisatawan Pandeglang, Nasional, maupun mancanegara.”

“Di sini masyarakat yang ikut andil dalam festival harus mempromosikan makanan khas yang ada di wilayahnya masing-masing, dan harus bisa membawa kenangan manis kepada wisatawan,” ujarnya.

Selain itu, turut hadir pula W. Widiasmanto, Ketua Panitia Pandeglang Food Festival 2017, "Kegiatan ini merupakan event pertama kalinya diadakan, dan Kami berharap event ini akan menjadi event tahunan di Pandeglang," ujarnya.

"Di Pandeglang Food Festival 2017, kita ingin mengangkat 'Angeun Lada' sebagai makanan khas yang hampir terlupakan apalagi dikalangan kaum muda mudi, di sini makanan khas tersebut kita promosikan. Harapannya, makanan khas tersebut menjadi makanan utama dalam tiap menu di restoran Pandeglang khususnya di kawasan wisata," ucapnya.

Bersamaan dengan event ini diselenggarakan lomba masak khas Pandeglang, seperti tumpeng beras, seafood, dan Angeun Lada, yaitu kuliner tradisional dari bahan daging kerbau.

“Kami tidak menyangka apresiasi masyarakat yang ingin ikut andil dalam festival ini tidak seperti yang dibayangkan, sampai saat ini peserta yang masuk sudah lebih dari 100 orang,” lanjutnya.

Semantara itu, menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyanti mengungkapkan, "Kegiatan ini mempunyai potensial yang besar, dengan adanya wisata kuliner baru di Provinsi Banteng, diharapkan akan menarik wisatwan lokal ataupun mancanegara untuk datang ke Pandeglang," katanya.

"Jika dikemas secara menarik dan bagus, Pandeglang Food Festival akan menghadirkan wisata kuliner baru di Banten, dan kita berharap, masyarakat sekitar bisa lebih memperisapkan diri dengan menjaga sapta pesona, salah satunya dengan menjaga kebersihan,” ungkapnya.

Turut hadir pula, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Personal, Kementrian Pariwisata RI, Raseno Arya mendukung penuh kegiatan Pandeglang Food Festival tersebut, dan berharap agar kegiatan tersebut dapat dilakukan setiap tahun sehingga mampu mempromosikan Pandeglang khususnya dibidang wisata kuliner secara luas.

“Kemenpar mendukung penuh keguatan serupa dan akan membantu membuat acara ini lebih baik lagi, sehingga promosi Pandeglang akan lebih luas,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…