Pandeglang Food Festival 2017, Dongkrak Wisata di Tanjung Lesung

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 01 Mei 2017 - 12:50 WIB

Pandeglang Food Festival 2017
Pandeglang Food Festival 2017

INDUSTRY.co.id, Pandeglang - Pandeglang Food Festival 2017 yang diselenggarakan di Kawasan Pantai Teluk Labuan Pandeglang Banten, Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Jumat (28/4/2017) ini merupakan salah satu kegiatan promosi wisata di daerah Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari Jumat hingga Minggu (28-30/4/2017) ini merupakan momen untuk mengapresiasi di hari jadi Kabupaten Pandeglang yang ke 143 serta mendukung program Percepatan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) di Tanjung Lesung.

Acara yang menarik ribuan wisatawan terselenggara berkat kerjasama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dengan Pemkab Pandeglang, Pemprov Banten serta Kementerian Pariwisata RI, Dinas Pariwisata Banten, Bank BJB Cabang Labuan, dan beberapa pengusaha kuliner di wilayah Kabupaten Pandeglang serta melibatkan komunitas nelayan dan budaya masyarakat.

Melansir dari thepresidentpostindoensia, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita dalam sambutannya menyampaikan, “Event yang baru pertama di Pandeglang seperti ini harus dikembangkan. Masyarakat sangat antusias, bisa dikatakan ribuan orang datang ke Desa teluk ini. Ini akan menjadi daya tarik wisatawan baik wisatawan Pandeglang, Nasional, maupun mancanegara.”

“Di sini masyarakat yang ikut andil dalam festival harus mempromosikan makanan khas yang ada di wilayahnya masing-masing, dan harus bisa membawa kenangan manis kepada wisatawan,” ujarnya.

Selain itu, turut hadir pula W. Widiasmanto, Ketua Panitia Pandeglang Food Festival 2017, "Kegiatan ini merupakan event pertama kalinya diadakan, dan Kami berharap event ini akan menjadi event tahunan di Pandeglang," ujarnya.

"Di Pandeglang Food Festival 2017, kita ingin mengangkat 'Angeun Lada' sebagai makanan khas yang hampir terlupakan apalagi dikalangan kaum muda mudi, di sini makanan khas tersebut kita promosikan. Harapannya, makanan khas tersebut menjadi makanan utama dalam tiap menu di restoran Pandeglang khususnya di kawasan wisata," ucapnya.

Bersamaan dengan event ini diselenggarakan lomba masak khas Pandeglang, seperti tumpeng beras, seafood, dan Angeun Lada, yaitu kuliner tradisional dari bahan daging kerbau.

“Kami tidak menyangka apresiasi masyarakat yang ingin ikut andil dalam festival ini tidak seperti yang dibayangkan, sampai saat ini peserta yang masuk sudah lebih dari 100 orang,” lanjutnya.

Semantara itu, menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyanti mengungkapkan, "Kegiatan ini mempunyai potensial yang besar, dengan adanya wisata kuliner baru di Provinsi Banteng, diharapkan akan menarik wisatwan lokal ataupun mancanegara untuk datang ke Pandeglang," katanya.

"Jika dikemas secara menarik dan bagus, Pandeglang Food Festival akan menghadirkan wisata kuliner baru di Banten, dan kita berharap, masyarakat sekitar bisa lebih memperisapkan diri dengan menjaga sapta pesona, salah satunya dengan menjaga kebersihan,” ungkapnya.

Turut hadir pula, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Personal, Kementrian Pariwisata RI, Raseno Arya mendukung penuh kegiatan Pandeglang Food Festival tersebut, dan berharap agar kegiatan tersebut dapat dilakukan setiap tahun sehingga mampu mempromosikan Pandeglang khususnya dibidang wisata kuliner secara luas.

“Kemenpar mendukung penuh keguatan serupa dan akan membantu membuat acara ini lebih baik lagi, sehingga promosi Pandeglang akan lebih luas,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…