Pandeglang Food Festival 2017, Dongkrak Wisata di Tanjung Lesung

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 01 Mei 2017 - 12:50 WIB

Pandeglang Food Festival 2017
Pandeglang Food Festival 2017

INDUSTRY.co.id, Pandeglang - Pandeglang Food Festival 2017 yang diselenggarakan di Kawasan Pantai Teluk Labuan Pandeglang Banten, Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Jumat (28/4/2017) ini merupakan salah satu kegiatan promosi wisata di daerah Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari Jumat hingga Minggu (28-30/4/2017) ini merupakan momen untuk mengapresiasi di hari jadi Kabupaten Pandeglang yang ke 143 serta mendukung program Percepatan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) di Tanjung Lesung.

Acara yang menarik ribuan wisatawan terselenggara berkat kerjasama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dengan Pemkab Pandeglang, Pemprov Banten serta Kementerian Pariwisata RI, Dinas Pariwisata Banten, Bank BJB Cabang Labuan, dan beberapa pengusaha kuliner di wilayah Kabupaten Pandeglang serta melibatkan komunitas nelayan dan budaya masyarakat.

Melansir dari thepresidentpostindoensia, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita dalam sambutannya menyampaikan, “Event yang baru pertama di Pandeglang seperti ini harus dikembangkan. Masyarakat sangat antusias, bisa dikatakan ribuan orang datang ke Desa teluk ini. Ini akan menjadi daya tarik wisatawan baik wisatawan Pandeglang, Nasional, maupun mancanegara.”

“Di sini masyarakat yang ikut andil dalam festival harus mempromosikan makanan khas yang ada di wilayahnya masing-masing, dan harus bisa membawa kenangan manis kepada wisatawan,” ujarnya.

Selain itu, turut hadir pula W. Widiasmanto, Ketua Panitia Pandeglang Food Festival 2017, "Kegiatan ini merupakan event pertama kalinya diadakan, dan Kami berharap event ini akan menjadi event tahunan di Pandeglang," ujarnya.

"Di Pandeglang Food Festival 2017, kita ingin mengangkat 'Angeun Lada' sebagai makanan khas yang hampir terlupakan apalagi dikalangan kaum muda mudi, di sini makanan khas tersebut kita promosikan. Harapannya, makanan khas tersebut menjadi makanan utama dalam tiap menu di restoran Pandeglang khususnya di kawasan wisata," ucapnya.

Bersamaan dengan event ini diselenggarakan lomba masak khas Pandeglang, seperti tumpeng beras, seafood, dan Angeun Lada, yaitu kuliner tradisional dari bahan daging kerbau.

“Kami tidak menyangka apresiasi masyarakat yang ingin ikut andil dalam festival ini tidak seperti yang dibayangkan, sampai saat ini peserta yang masuk sudah lebih dari 100 orang,” lanjutnya.

Semantara itu, menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyanti mengungkapkan, "Kegiatan ini mempunyai potensial yang besar, dengan adanya wisata kuliner baru di Provinsi Banteng, diharapkan akan menarik wisatwan lokal ataupun mancanegara untuk datang ke Pandeglang," katanya.

"Jika dikemas secara menarik dan bagus, Pandeglang Food Festival akan menghadirkan wisata kuliner baru di Banten, dan kita berharap, masyarakat sekitar bisa lebih memperisapkan diri dengan menjaga sapta pesona, salah satunya dengan menjaga kebersihan,” ungkapnya.

Turut hadir pula, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Personal, Kementrian Pariwisata RI, Raseno Arya mendukung penuh kegiatan Pandeglang Food Festival tersebut, dan berharap agar kegiatan tersebut dapat dilakukan setiap tahun sehingga mampu mempromosikan Pandeglang khususnya dibidang wisata kuliner secara luas.

“Kemenpar mendukung penuh keguatan serupa dan akan membantu membuat acara ini lebih baik lagi, sehingga promosi Pandeglang akan lebih luas,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KKP Dorong Industri Mutiara Nasional Bersaing di Kancah Dunia

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Investor Tiongkok akan Berinvestasi Budi Daya Mutiara di Flores Timur

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Flores Timur Yohanes Kopong mengatakan sebanyak lima perusahaan berminat menamamkan modalnya atau berinvestasi…

Presiden Jokowi hUT Kadin (Foto Herlambang)

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Bergabungnya Rosan ke TKN Tak Pengaruhi Netralitas Pengusaha

Bergabungnya Ketua Umum Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf tidak memengaruhi netralitas pengusaha, kata Ketua Bidang Organisasi…

Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif (Foto: Hitsss)

Selasa, 25 September 2018 - 17:40 WIB

Ekonomi Kreatif Masa Depan Dunia

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan ekonomi kreatif merupakan sektor andalan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.

Ilustrasi Migas

Selasa, 25 September 2018 - 17:20 WIB

SKK Migas Nilai Lapangan Sukowati Potensial Produktif

Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jaffee Arizon Suardin menilai unit Asset 4 Sukowati Field merupakan salah satu blok migas…

Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso

Selasa, 25 September 2018 - 17:01 WIB

Proses Akuisisi 51 Persen Saham Pertagas Selesai September

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus melaksanakan komitmennya untuk menyelesaikan proses akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai tahap lanjutan usai induk BUMN Migas (Holding BUMN Migas)…