Produksi Tekstil Jawa Tengah Jelang Lebaran Belum Meningkat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 April 2017 - 12:12 WIB

Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Semarang - Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Tengah menyatakan volume produksi industri tekstil belum meningkat menjelang Lebaran 2017.

"Kalau melihat tren tahun-tahun sebelumnya, puncak peningkatan produksi biasanya mulai terlihat sejak H-1 bulan Lebaran. Meski demikian, seharusnya saat ini peningkatan mulai terjadi," kata Ketua API Jawa Tengah Agung Wahono di Semarang, Kamis (27/4/2017)

Mengenai stagnannya volume produksi, hingga saat ini Agung mengaku belum mengetahui penyebabnya.

Agung mengatakan kondisi menjelang Lebaran pada tahun ini hampir sama dengan tahun lalu. Pada tahun lalu, daya beli masyarakat tidak begitu baik mengingat kondisi perekonomian masih lesu.

"Dampaknya adalah mereka mengurangi uang belanja, salah satunya yang terdampak tentu tekstil," katanya.

Sementara itu, diakuinya, melihat di tahun-tahun sebelumnya, peningkatan produksi jelang Lebaran mencapai 10 persen. Peningkatan produksi ini terjadi seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen dari dalam negeri.

"Kalau menjelang Lebaran biasanya kami fokus untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Berbeda dengan musim belanja di akhir tahun biasanya kami banyak ekspor," katanya.

Meski produksi tidak mengalami peningkatan, dikatakannya, hal ini tidak merugikan pengusaha. Omzet perusahaan menjadi berkurang.

"Kalau rugi tidak karena bahan baku kan kami datangkan ketika sebelumnya ada peningkatan permintaan. Rugi itu kalau harga bahan baku naik atau tarif transportasi naik," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.