Produksi Tekstil Jawa Tengah Jelang Lebaran Belum Meningkat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 April 2017 - 12:12 WIB

Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Semarang - Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Tengah menyatakan volume produksi industri tekstil belum meningkat menjelang Lebaran 2017.

"Kalau melihat tren tahun-tahun sebelumnya, puncak peningkatan produksi biasanya mulai terlihat sejak H-1 bulan Lebaran. Meski demikian, seharusnya saat ini peningkatan mulai terjadi," kata Ketua API Jawa Tengah Agung Wahono di Semarang, Kamis (27/4/2017)

Mengenai stagnannya volume produksi, hingga saat ini Agung mengaku belum mengetahui penyebabnya.

Agung mengatakan kondisi menjelang Lebaran pada tahun ini hampir sama dengan tahun lalu. Pada tahun lalu, daya beli masyarakat tidak begitu baik mengingat kondisi perekonomian masih lesu.

"Dampaknya adalah mereka mengurangi uang belanja, salah satunya yang terdampak tentu tekstil," katanya.

Sementara itu, diakuinya, melihat di tahun-tahun sebelumnya, peningkatan produksi jelang Lebaran mencapai 10 persen. Peningkatan produksi ini terjadi seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen dari dalam negeri.

"Kalau menjelang Lebaran biasanya kami fokus untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Berbeda dengan musim belanja di akhir tahun biasanya kami banyak ekspor," katanya.

Meski produksi tidak mengalami peningkatan, dikatakannya, hal ini tidak merugikan pengusaha. Omzet perusahaan menjadi berkurang.

"Kalau rugi tidak karena bahan baku kan kami datangkan ketika sebelumnya ada peningkatan permintaan. Rugi itu kalau harga bahan baku naik atau tarif transportasi naik," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Oesman Sapta Odang (OSO) Ketum Umum Hanura Oesman

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:07 WIB

Konflik Partai Hanura, OSO-Daryatmo Harus Temukan Kompromi Politik

Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyarankan para elit politik Hanura harus secepatnya bertemu untuk menemukan kompromi politik yang terbaik bagi partai…

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:57 WIB

Menhan Ungkap Empat Isu Krusial Ganggu Keamanan Kawasan

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, menyebutkan, saat ini dunia tengah menghadapi empat isu krusial yang dapat mengganggu keamanan kawasan regional dan wilayah.

Ilustrasi Petani Garam (Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:55 WIB

Kemenperin Blak-Blakan Soal Impor Garam

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui jika saat ini pemerintah maupun para petani belum mampu menyediakan kebutuhan garam bagi industri. Sehingga, opsi impor garam menjadi langkah…

Partai Solidaritas Indoensia (PSI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:52 WIB

PSI Galang Dana Publik untuk Perbaiki Iklim Politik Tanah Air

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menggalang dana donasi publik untuk pembiayaan partai dan mendorong perbaikan iklim politik di Tanah Air.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:39 WIB

MPR: Indonesia Butuh Haluan Negara

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Indonesia membutuhkan kembali pola pembangunan sejenis garis besar haluan negara(GBHN), ditengah munculnya fenomena Demokrasi Pancasila menghasilkan…