Gelar Pentas Budaya Kartini, Hadirkan Wanita-Wanita Tangguh Indonesia

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 28 April 2017 - 11:21 WIB

Prof. dr. Vennetia Ryckerens Danes. Msc, Phd. Deputi KPPPA-RI
Prof. dr. Vennetia Ryckerens Danes. Msc, Phd. Deputi KPPPA-RI

INDUSTRY.co.id - Masih dalam rangka menyambut peringatan hari lahirnya RA Kartini, 21 April,  kemarin (27/4) bertempat di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail. (PPHUI) Kuningan, Jakarta, digear sebuah acara bertajuk “Gelar Pentas Budaya Kartini dan Perempuan Penggiat Perdamaian”. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia dan P3ER.

Menurut Bambang Oeban selaku sutradara dan penggagas acara ini, salah satu pesan Kartini adalah kasih sayang berlaku bagi semua agama. “Perbedaan agama dijadikan keindahan bukan untuk diperdebatkan atau menimbulkan perpecahan diatara masyarakat karena perbedaan agama. Maka peran Kartini masa kini adalah mendamaikan pihak-pihak yang berkonflik atas alasan apa pun. “ katanya.

Untuk itu, dalam acara yang dihadir oleh banyak penggiat pemberdayaan perempuan, panitia memberikan penghargaan khusus bagi wanita-wanita pencegah konflik di daerahnya masing-masing. Tercatat yang menerima penghargaan antara lain Suraiya Kamaruzzaman yang berhasil meredakan konflik di NAD. Lian Gogali yang berperan mengatasi konflik di Poso (Sulawesi Tengah), Yusan Yeblo yang memperjuangkan hak-hak pribumi di Papua dan  Dewi Kanti yang berjuang mempertahankan Sunda Wiwitan yang merupakan agama leluhur di Kuningan (Jawa Barat).

Menurut Prof. dr. Vennetia Ryckerens Danes, Msc, Phd, selaku deputi perlindungan perempuan KPPPA-RI, semangat Kartini tidak boleh padam dan harus terus dilanjutkan. “Perempuan-peremuan yang menerima penghargaan hari ini sudah membuktikan perannya. Mungkin pendekatan perempuan yang lebih lembut memudahkan masyarakat yang berkonflik bisa menerima. Tapi tanpa keteguhan hati rasanya juga sulit berada ditengah-tengah konflik, katanya.

Sementara itu Clara Sinta Rendra yang menjadi salah satu pembawa narasi tentang Kartini dan wanita mengatakan bahwa semangat Kartini memang monumental. “Tapi jangan lupakan juga pahlawan-pahlawan wanita yang lain seperti Dewi Sartika di Jawa Barat atau Malahayati di Aceh yang memimpin para janda mengalahkan pasukan belanda di tanah Aceh, “ kata putri penyair besar WS Rendra ini.

Dalam acara tersebut juga ditampilkan penyanyi Sopran, Aning Katamsi, serta tari-tarian yang menggambarkan kekayaan budaya serta kearifan local yang dimotori oleh para wanita. (AMZ)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…