IIMS Dibuka Wapres: Indonesia Harus Jadi Barometer Industri Otomotif Dunia

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 27 April 2017 - 14:08 WIB

Wapres Jusuf Kalla Resmikan Pameran Otomotif IIMS 2017
Wapres Jusuf Kalla Resmikan Pameran Otomotif IIMS 2017

INDUSTRY.co.id, Jakarta ​- Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, hari ini Kamis, 27 April.

Ini ketiga kalinya JK berturut-turut membuka IIMS sejak 2015. IIMS 2017 dibuka mulai 27 April - 7 Mei 2017 dengan tema utama "The Essence of Motor Show" dan didukung tema pendukung yaitu Carnival. Pameran otomotif IIMS 2017 diharapkan bisa menggairahkan penjualan kendaraan Indonesia.

Dalam kata sambutannya, JK mengatakan, Indonesia harus menjadi barometer industri otomotif dunia ke depannya sehingga bisa meningkatkan iklim investasi sektor otomotif di dalam negeri.

Dengan itu, Ia berharap Indonesia bukan sekedar urusan menjual mobil, melainkan juga menjadi negara pengekspor otomotif tidak hanya roda empat atau kendaraan penumpang. JK juga konsentrasi terhadap aktivitas riset otomotif di Indonesia.

Dalam hal ini, menurut JK bahwa Indonesia harus menjadi pusat riset dan pengembangan otomotif di dunia. Kondisi ini mengaca pada masih besarnya potensi Indonesia untuk urusan sektor otomotif.

"Indonesia (diharapkan) tidak hanya menjadi pasar (menjual kendaraan), tidak hanya produksi tapi juga menjadi pusar riset otomotif. Tidak hanya menjadi pasar tapi juga menjadi negara pengekspor otomotif," kata JK.

Tahun lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan mobil mencapai 1,06 juta atau naik 4,5 persen dibanding 2015. Ini artinya mengakhiri masa suram dua tahun berturut-turut pada 2014 dan 2015.

Sementara berdasarkan data Asean Automotive Federation (AAF) tercatat penjualan mobil penumpang Indonesia pada tahun lalu sebesar 861.329 unit, sementara kendaraan komersial sebesar 200.406 unit. Hal ini membuat penjualan kendaraan di Indonesia tercatat pertama di ASEAN yang mencapai 3.164.742 unit pada 2016.

Indonesia berhasil mengalahkan Thailand yang tahun lalu hanya berhasil menjual kendaraan (penumpang dan komersial) sebesar 768.788 unit.


 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dr. Maria Jacinta Arquisola, BA, MHRM Dosen President University Wakili Indonesia di Konferensi Internasional Jerman terkait Kepemimpinan Perempuan

Minggu, 20 Agustus 2017 - 13:52 WIB

Dosen President University Wakili RI di Konferensi Internasional

Kebanggaan dirasakan oleh President University karena memiliki seorang Dr. Maria Jacinta Arquisola, BA, MHRM.

Tidung Festival 2017 (Ist)

Minggu, 20 Agustus 2017 - 12:20 WIB

Warna-Warni Perahu dan Homestay Meriahkan Tidung Festival 2017

Penyelenggaraan Tidung Festival 2017 tahun ini, menghadirkan berbagai serangkaian kegiatan yang menarik dan unik. Para masyarkatpun antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan ikut serta dalam…

Aktivis Perdamaian Korea Teguh Santosa

Minggu, 20 Agustus 2017 - 10:24 WIB

Teguh Santosa Apresiasi Penegasan Presiden Moon Tidak Ingin Tercipta Perang Semenanjung Korea

Sekjen Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea, Teguh Santosa menyambut baik penegasan Presiden Republik Korea Moon Jaein yang tidak menginginkan perang kembali melanda di Semenanjung Korea.

SK-II Masterpiece. (Foto: IST)

Minggu, 20 Agustus 2017 - 10:23 WIB

Perawatan Kulit Mewah SK-II Bertajuk Masterpiece Pitera

Memiliki kulit wajah yang cerah berseri, kenyal, dengan tekstur yang lembut merata, tentu telah menjadi impian setiap wanita. Dan untuk mewujudkannya, SK-II terus melakukan inovasi dengan berbekal…

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM Prakoso BS, usai membuka TIF 2017.

Minggu, 20 Agustus 2017 - 10:13 WIB

7 Kerajaan dan Kesultanan Ikuti Pamareran Timeless Indonesia Festival II di Bali

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan apresiasi tinggi pada pembukaan "Timeless Indonesia Festival II (TIF)" di Kab Badung, Bali, Sabtu (19/8), yang diikuti oleh tujuh kerajaan dan kesultanan,…