IIMS Dibuka Wapres: Indonesia Harus Jadi Barometer Industri Otomotif Dunia

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 27 April 2017 - 14:08 WIB

Wapres Jusuf Kalla Resmikan Pameran Otomotif IIMS 2017
Wapres Jusuf Kalla Resmikan Pameran Otomotif IIMS 2017

INDUSTRY.co.id, Jakarta ​- Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, hari ini Kamis, 27 April.

Ini ketiga kalinya JK berturut-turut membuka IIMS sejak 2015. IIMS 2017 dibuka mulai 27 April - 7 Mei 2017 dengan tema utama "The Essence of Motor Show" dan didukung tema pendukung yaitu Carnival. Pameran otomotif IIMS 2017 diharapkan bisa menggairahkan penjualan kendaraan Indonesia.

Dalam kata sambutannya, JK mengatakan, Indonesia harus menjadi barometer industri otomotif dunia ke depannya sehingga bisa meningkatkan iklim investasi sektor otomotif di dalam negeri.

Dengan itu, Ia berharap Indonesia bukan sekedar urusan menjual mobil, melainkan juga menjadi negara pengekspor otomotif tidak hanya roda empat atau kendaraan penumpang. JK juga konsentrasi terhadap aktivitas riset otomotif di Indonesia.

Dalam hal ini, menurut JK bahwa Indonesia harus menjadi pusat riset dan pengembangan otomotif di dunia. Kondisi ini mengaca pada masih besarnya potensi Indonesia untuk urusan sektor otomotif.

"Indonesia (diharapkan) tidak hanya menjadi pasar (menjual kendaraan), tidak hanya produksi tapi juga menjadi pusar riset otomotif. Tidak hanya menjadi pasar tapi juga menjadi negara pengekspor otomotif," kata JK.

Tahun lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan mobil mencapai 1,06 juta atau naik 4,5 persen dibanding 2015. Ini artinya mengakhiri masa suram dua tahun berturut-turut pada 2014 dan 2015.

Sementara berdasarkan data Asean Automotive Federation (AAF) tercatat penjualan mobil penumpang Indonesia pada tahun lalu sebesar 861.329 unit, sementara kendaraan komersial sebesar 200.406 unit. Hal ini membuat penjualan kendaraan di Indonesia tercatat pertama di ASEAN yang mencapai 3.164.742 unit pada 2016.

Indonesia berhasil mengalahkan Thailand yang tahun lalu hanya berhasil menjual kendaraan (penumpang dan komersial) sebesar 768.788 unit.


 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kayu di Hutan

Rabu, 22 November 2017 - 19:28 WIB

Pemerintah Wacanakan Buka Keran Ekspor Kayu Bulat

Setelah dilarang selama 16 tahun. pemerintah mempertimbangkan untuk membuka kran ekspor kayu bulat atau log. Alasannya, untuk mengangkat harga komoditas itu yang jatuh di pasar lokal.

Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia) (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 18:27 WIB

Aptrindo: Sudah Saatnya Angkutan Barang Masuk Sistem Digital

Era industrialisasi digital mengharuskan semua sektor industri mengimplementasikan sistem digitalisasi guna meningkatkan daya saing industri, tak terkecuali industri angkutan barang.

PT Totalindo Eka Persada Tbk

Rabu, 22 November 2017 - 17:50 WIB

Totalindo Eka Persada Akan Garap Proyek TOD Senilai Rp3 Triliun

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) menandatangani perjanjian pembangunan proyek kawasan terpadu (TOD) dengan BUMD DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya senilai Rp3 triliun.

PT Asia Pacific Fiber Tbk (ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:38 WIB

Dongkrak Penjualan, Asia Pacific Fiber Genjot Produksi Serat Antiapi

Guna meningkatkan angka penjualan, produsen tekstil PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY) menggenjot produksi serat antiapi. Langkah tersebut dilakukan lantaran permintaan domestik terhadap serat…

Budayawan; Emha Ainun Nadjib (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:37 WIB

Ango An Poteh Tolang, Setnov

Andaikan Markesot dikenal oleh Setya Novanto dan ditanya tentang keadaannya hari-hari ini, mestinya Markesot menjawab begini: "Etembang poth mata, ango`an poth tolang, ta`iye!". Daripada mata…