ANTAM Kebut Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel di Halmahera Timur

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 April 2017 - 19:46 WIB

Gedung Antam
Gedung Antam

INDUSTRY.co.id - Jakarta,  PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) memulai proses pembangunan pabrik feronikel Halmahera Timur, dengan ditandai pelaksanakan pemasangan tiang pancang perdana (first pilling) di Halmahera Timur, Maluku Utara pada 25 April 2017 kemarin.

Direktur Utama Tedy Badrujaman menuturkan, first pilling ini merefleksikan komitmen Antam dalam rangka mendukung program hilirisasi pemerintah dalam rangka peningkatan nilai tambah produk mineral Indonesia.

"Proyek pembangunan pabrik feronikel Haltim (P3FH) merupakan wujud implementasi rencana strategis Antam dalam hilirisasi sejak pabrik feronikel pertama (FeNi I) beroperasi pada 1976, FeNi II pada 1995, FeNi 2007 dan pengembangan FeNi I yang dikenal dengan proyek perluasan pabrik feronikel Pomalaa (P3FP)," jelas Tedy.

Tedy menambahkan, selama empat dekade, Antam senantiasa berupa meningkatkan nilai tambah mineral yang dimiliki dengan first pilling ini adalah salah satu implementasi komitmen perseroan dalam hilirisasi.

P3FH Antam menjadi 40.300-40.500 ton nikel feronikel (Tni) sehingga semangat mewujudkan industri dasar logam akan semakin dekat. P3FH merupakan proyek strategis Antam yang didanai melalui PMN sebagai bentuk dukungan peneritah bagi perseroan untuk menciptakan nilai tambah mineral melalui hilirisasi.

P3FH memiliki kapasitas produksi feronikel 13.500 TNi per tahun. Engineering, Procurement & Construction (EPC) P3FH akan dikerjakan oleh konsorsium unincorporated PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) ? Kawasaki Heavy Industries, Ltd. (WIKA-KHI) yang kontraknya telah ditandatangani 21 Desember 2016 lalu.

"WIKA adalah salah satu BUMN konstruksi yang telah bekerjasama dalam proyek-proyek pembangunan sebelumnya di Antam dan terhadap P3FH ini Antam optimis dapat diselesaikan oleh WIKA-KHI secara on time, on budget dan berkualitas baik," ujarnya.

P3FH memiliki target penyelesaian pada akhir Desember 2018. Lingkup pekerjaan konsorsium pada proyek ini adalah pekerjaan design, engineering, procurement, construction, startup, testing dan commissioning of the plant. P3FH juga akan dilengkapi dengan power plant serta sarana penunjang lainnya.

Seiring dengan tren peningkatan harga nikel dunia, ia optimistis dapat meningkatkan marjin keuntungan dari bisnis nikel sepanjang tahun ini. Pada 2017, Antam menargetkan volume produksi feronikel sebesar 24.100 TNi, lebih tinggi 19% dibandingkan dengan realisasi produksi 2016.

Adapun ANTAM menargetkan volume penjualan feronikel pada 2017 sebesar24.100 TNi, lebih tinggi 15% dari penjualan 2016 sebesar 20.888 TNi. (Hry/ imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…