Bappenas Harapkan Pemda Tingkatkan Kualitas Perencanaan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 26 April 2017 - 18:35 WIB

Bambang Brodjonegoro. (Foto: IST)
Bambang Brodjonegoro. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengharapkan pemerintah daerah untuk dapat terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Bambang dalam pembukaan Musyawarah Pembangunan Nasional Nasional (Musrenbangnas) 2017 yang akan digelar mulai 26 April hingga 9 Mei 2016 di Jakarta, Rabu (26/4/2017)

Dalam acara tersebut, Bappenas memberikan penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara 2017 kepada provinsi, kabupaten/kota, yang beprestasi dalam merencanakan pembangunan.

"Semoga prestasi ini dapat memotivasi semua pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di daerah masing-masing," ujarnya.

Pemberian Anugerah Pangripta Nusantara 2017 telah dilaksanakan sejak 2011. Dalam menentukan pemenang penghargaan tersebut, dibentuk tim penilai yang terdiri atas Tim Penilai Independen, Tim Penilai Utama, dan Tim Penilai Teknis.

Tim tersebut menyeleksi seluruh provinsi/kabupaten/kota melalui tiga tahap. Pertama, penilaian dokumen oleh Tim Penilai Teknis yang beranggotakan Perencana Muda sampai dengan Perencana Madya ataupun Pejabat Eselon III Kementerian PPN/Bappenas.

Kedua, penilaian proses perencanaan oleh Tim Penilai Utama, yakni Pejabat Eselon II Kementerian PPN/Bappenas dan Tim Penilai Independen, sedangkan ketiga, verifikasi dokumen dan proses perencanaan oleh Tim Penilai Independen yang beranggotakan para ahli di berbagai bidang penting yang dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan nasional.

Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara 2017 diberikan kepada provinsi/kabupaten/kota terdiri atas tiga kategori, yakni Kategori Perencanaan Terbaik, Kategori Inovasi Terbaik, dan Kategori Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan.

Kategori dengan Perencanaan Terbaik dinilai dengan menggunakan 12 kriteria yang meliputi keterkaitan, konsistensi, kelengkapan, dan kedalaman, keterukuran, inovasi kebijakan, proses perencanaan dari bawah (bottom up), proses perencanaan dari atas (top down), proses perencanaan teknokratik, proses perencanaan politik, inovasi proses dan program daerah, tampilan dan materi presentasi, serta kemampuan presentasi dan penguasaan materi.

Kategori Inovasi Terbaik dalam Perencanaan ditetapkan dengan kriteria inovasi kebijakan dan inovasi proses dan program daerah.

Kategori Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan ditetapkan dengan kriteria secara konsisten nilainya naik selama tiga periode penilaian berturut-turut dan nilai peningkatan total terbesar.

Pada 2018, Bappenas merencanakan untuk mengganti penamaan Anugerah Pangripta Nusantara menjadi Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Terbaik, tingkat provinsi dan kabupaten/kota dan penghargaan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang mengimplementasikan perencanaannya dengan baik.

Seperti dilansir Antara, berikut daftar para pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017: Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Perencanaan Terbaik Terbaik I : Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Terbaik II : Provinsi DKI Jakarta Terbaik III : Provinsi Sumatera Selatan Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kabupaten dengan Perencanaan Terbaik Terbaik I : Kabupaten Tabanan Terbaik II : Kabupaten Ende Terbaik III : Kabupaten Sigi Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kota dengan Perencanaan Terbaik Terbaik I : Kota Batu Terbaik II : Kota Pekalongan Terbaik III : Kota Tanjung Pinang Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan DKI Jakarta Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kabupaten/Kota dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan Kabupaten Muara Enim Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan Provinsi Sulawesi Tengah

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…