KKP Anggarkan Rp20 Miliar Untuk Revitalisasi TPI di 36 Pelabuhan

Oleh : Ridwan | Rabu, 26 April 2017 - 17:48 WIB

Ilustrasi aktivitas nelayan. (Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images)
Ilustrasi aktivitas nelayan. (Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan merevitalisasi Tempat Pemasaran Ikan (TPI) di 36 pelabuhan perikanan tahun ini. Program ini disampaikan Direktur Jendral Perikanan Tangkap KKP di Jakarta.

"Dari jumlah tersebut sebanyak 16 TPI diantaranya merupakan pelabuhan perikanan yang dikelola pemerintah, sisanya 20 TPI dikelola pemerintah daerah (pemda)," ungkap Direktur Jenderal perikanan Tangkap KKP, Sjarief Widjaja di jakarta (26/4/2017).

Sjarief menambahkan, revitalisasi pelabuhan perikanan tersebut diharapkan dapat mengurangi tingkat kerusakan tangkapan ikan yang mencapai 8 persen dari total tangkapan selama 2016. Revitalisasi ini kami targetkan bisa menurunkan loss tangkapan ikan.

KKP akan menganggarkan dana Rp20 miliar untuk merevitalisasi 36 pelabuhan perikanan tersebut. Dana ini akan digunakan untuk memperbaiki sarana TPI supaya sesuai dengan standar TPI higienis seperti yang dimandatkan dalam PP No 57 tahun 2015 tentang sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan dan Keputusan Menteri Kelautan No 52A tahun 2013.

"Revitalisasi pelabuhan perikanan di Indonesia penting dilakukan agar produk perikanan Indonesia bisa menembus pasar Eropa," teranmg Sjarief.

Dalam hal ini, KKP akan menggandeng marinir Angkatan laut untuk memberikan contoh pengelolaan lingkunagn pelabuhan dengan baik. Kerjasama ini intinya adalah utnuk mengaodpsi kedisiplinan, membentuk perilaku yang baik, menghormati profesi nelayan, dan menghormati ikan kita dengan cara yang baik.

"Kami akan membuat standarisasi TPI di Indonesia, targetnya tahun 2019, separuh atau 200 TPI sudah higienis dari 483 pelabuhan tadi," tutup Sjarief.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.