Berbekal Kocek Rp 30 Ribu Traveler Bisa Merasakan Jadi Orang Mongolia

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 24 April 2017 - 21:51 WIB

Mongolian Culture Center Kini Hadir di KEK Tanjung Lesung
Mongolian Culture Center Kini Hadir di KEK Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id, Tanjung Lesung - Bangsa Mongolia tercatat dalam sejarah sebagai bangsa penakluk negeri-negeri besar. Siapa yang tak kenal Gengis Khan penguasa wilayah Asia hingga daratan Eropa? Bangsa Mongolia sebenarnya dulu sebuah kerajaan besar mulai dari Semanjung Korea sampai Eropa di Wilayah Jerman. Namun, untuk mengetahui peradaban dan kebudayaan bangsa Mongol kini traveler cukup datang ke Mongolian Culture Center di Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang Banten.

Berbekal tiket masuk sekitar Rp 30.000 hingga Rp 100.000 Anda dapat mengetahui kebudayaan Mongol, mulai dari berkuda, gulat ala Mongol, aneka kuliner Mongol dan tempat tinggal bangsa Mongol disebut juga GER (tenda nomaden).

“Hampir 30 persen dari tiga juta penduduk Mongolia masih menggunakan GER, terutama bagi mereka yang nomaden dan bisa dibawa-bawa dengan menggunakan livestock seperti kuda, kambing, domba, lembu dan unta,” kata Duta Besar Mongolia untuk Indonesia Battsetseg Shardar, dalam peresmian  Mongolian Culture Center, Minggu (23/4/2017).

Berdasarkan penjelajahan awak redaksi, Ger di Pusat Kebudayaan Mongolia ini memiliki diameter 20 meter untuk yang paling besar dan tiga lainnya berukuran reguler dengan diameter kurang dari 20 meter.

Ger sendiri terbuat dari kayu sebagai pondasi utamanya dan wol untuk membungkusnya. Untuk ukuran reguler biasanya bisa dirakit atau dibangun dalam kurun waktu satu jam saja, sedangkan yang berukuran besar biasanya mencapai satu setengah jam.

Kapasitasnya tergantung dari seberapa besar ukuran ger tersebut. Biasanya untuk ukuran reguler mampu memuat tiga orang dewasa.

“Ada empat GER  yang berada di Tanjung Lesung yang bisa diinapi wisatawan. Semua bahan dari tenda tersebut diimpor langsung dari Mongolia,” ujarnya

Sementara itu, Chairman Jababeka Group S.D . Darmono menuturkan, Presiden Joko Widodo dua tahun lalu telah menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, dan menjadi destinasi prioritas atau sepuluh Bali Baru.

Hampir 80 persen pengerjaan jalan tol Serang – Panimbang, dan akan selesai pada 2019. Pihaknya juga akan membangun airstrip khusus pesawat kecil saja, serta dibangun stasiun rel kereta dari Menes sampai Labuan.

Tentunya ketika semua sudah terbangun anda tinggal memilih, mau lewat darat melalui tol dengan durasi 2,5 jam? Atau anda memilih udara dengan durasi 36 menit? Lewat mana pun yang pasti perjalanan anda akan jauh lebih singkat dari saat ini yang masih membutuhkan waktu 3,5 – 5 jam melalui jalur darat dengan rute Serang – Pandeglang – Labuan – Tanjung Lesung.

Mongolian Culture Center ini awalnya diprakasai oleh SD Darmono, Chairman Jababeka Group yang juga merupakan Utusan Kebudayaan Mongolia di Indonesia sejak Januari 2016. Beliau berkolaborasi dengan Duta Besar Mongolia di Jakarta.

"Saat berkunjung ke negara Mongol, saya sempat menetap di sana. Merasakan pengalaman budaya mereka yang unik. Kemudian tercetus ide untuk membuat Little Mongolia di Indonesia. Dan inilah hasilnya,”terang Darmono

"Kami yakin, Mongolian Culture Center ini akan menjadi pesona baru di KEK Tanjung Lesung. Pengunjung tidak hanya dapat melihat keindahan alam serta kearifan lokal budaya Banten, namun juga bisa menikmati budaya dari negara lain,"tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…