Penjualan Menurun, Boeing Co Ancam PHK Ratusan Insinyur

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 21 April 2017 - 10:08 WIB

Ilustrasi Pesawat (ist)
Ilustrasi Pesawat (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Perusahaan pembuat Npesawat asal Amerika Serikat, Boeing Co, mengumumkan rencana pengurangan ratusan insinyur di negara bagian Washington serta beberapa lokasi lainnya. Langkah tersebut diambil lantaran perusahaan harus menghadapi peningkatan persaingan yang berimbas pada perlambatan penjualan pesawat.

Pemutusan hubungan kerja (PHK) tersebut akan berdampak pada 305 insinyur dan teknisi  yang akan meninggalkan perusahaan yang berbasis di Chicago itu secara sukarela.

"Pengurangan tenaga kerja, termasuk manajer dan eksekutif, akan dilakukan melalui kombinasi pengurangan, meninggalkan posisi terbuka yang terisi. Program PHK sukarela dan dalam beberapa kasus, PHK paksa," kata perusaaan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari laman Bloomberg di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Sebelumnya Boeing telah melakukan restrukuturisasi dengan pengurangan hingga 1.332 karyawan sejak awal 2016, seperti disampaikan oleh Society of Professional Engineering Employees in Aerospace (SPEEA), serikat pekerja yang mewakili para insinyur industri pesawat.

SPEEA menyatakan bahwa surat pemberitahuan 60 hari sebelum PHK akan keluar pada akhir pekan. Serikat pekerja telah meminta data mengenai lokasi pabrik dan keahlian dari karyawan yang akan di PHK, namun belum mendapatkan pemberitahuan.

Hingga 30 Maret 2017, Boeing memiliki total 146.962 pekerja, termasuk 74.196 di divisi pesawat komersial. Sementara pada tahun sebelumnya total pekerja mencapai 159.054, termasuk 82.127 di pesawat komersial. Meskipun terjadi gejolak tenaga kerja, Boeing berhasil melakukan perdana dari seri 737 terbaru pada 13 April  2017 lalu.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…