Malaysia Usir 470 TKI Ilegal ke Nunukan

Oleh : Irvan AF | Kamis, 20 April 2017 - 20:10 WIB

TKI Indonesia
TKI Indonesia

INDUSTRY.co.id, Nunukan - Pemerintah Kerajaan Malaysia mengusir 470 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang masuk bekerja di Negeri Sabah secara ilegal ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Kepala Unit Tempat Pemeriksaan Imigrasi Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kamis (20/4/2017) menyatakan, ke-470 TKI ilegal yang diusir berasal dari sejumlah pusat tahanan sementara (PTS) di Negeri Sabah.

Pengusiran TKI ilegal kali ini merupakan yang terbesar dengan berbagai pelanggaran kasus selama bekerja di negeri jiran tersebut terutama tidak memiliki dokumen keimigrasian yang sah selaku pendatang asing.

Ia pun mengatakan, sebelum diusir ke Kabupaten Nunukan ratusan TKI ilegal ini telah dihukum di PTS dan penjara Malaysia dengan jangka waktu sesuai pelanggaran yang dilakukannya.

Dari 470 TKI ilegal tersebut terdiri dari 140 orang dari PTS Air Panas Tawau, 155 orang dari PTS Menggatal Kota Kinabalu, 59 orang dari PTS Kemanis Papar dan 116 orang dari PTS Sibuga Sandakan.

Kemudian dari ratusan TKI tersebut diangkut menggunakan tiga armada kapal angkutan resmi dari Pelabuhan Tawau dengan pengewalan staf Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu Negeri Sabah.

TKI ilegal yang diusir ini terdiri dari 327 laki-laki, 126 perempuan, 11 anak laki-laki dan enam anak peerempuan.

Selanjutnya didata aparat kepolisian dan imigrasi sebelum diserahkan kepada BP3TKI setempat untuk ditampung di Rusun Sedadap Kelurahan Nunukan Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…