PHRI Bali Harapkan Zonasi Pembangunan Hotel

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 19 April 2017 - 14:23 WIB

Ilustrasi Hotel di Bali (Andrew Brownbill/Getty Images)
Ilustrasi Hotel di Bali (Andrew Brownbill/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Gianyar - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mengharapkan adanya zonasi pembangunan hotel karena jumlah akomodasi terus bertambah tetapi tidak sebanding dengan wisatawan yang datang.

Ketua PHRI Bali Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati dalam rapat kerja daerah perhimpunan itu di Ubud, Kabupaten Gianyar, Selasa (18/4/2017)  mengungkapkan topik zonasi pembangunan perhotelan itu menjadi pembahasan dalam pertemuan tahun ini dan akan dibawa ke pertemuan tingkat nasional untuk dicarikan solusi.

Menurut dia, ketidakseimbangan antara jumlah akomodasi dengan wisatawan yang datang tersebut menimbulkan perebutan pasar sehingga menyebabkan pelaku perhotelan banting harga dan berpengaruh terhadap harga kamar yang semakin menurun.

Pria yang akrab disapa Cok Ace itu mengatakan banyaknya akomodasi hingga hotel non-bintang dan hotel murah memberi dampak pada penurunan hotel berbintang yang diprediksi hingga 5-8 persen.

"Ini akibat dari tidak terkontrolnya pembangunan akomodasi, kemudian tidak ada zonasi, sehingga semuanya tidak tertata dengan baik," ucapnya.

Cok Ace berharap pemerintah bisa mempertimbangkan dan mengajak asosiasi, khususnya dalam penentuan atau pengeluaran izin akomodasi baru, sehingga pembangunan itu terkontrol dan pertumbuhan pariwisata Bali merata dengan tingkat okupansi hotel semakin membaik.

Selain terkait zonasi, beberapa isu yang dibahas pada pertemuan itu di antaranya peraturan tenaga kerja kontrak dan perkembangan pariwisata Bali terkini. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pejualan Indihome di masyarakat.

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.