Gubernur DKI-Sumsel Pastikan Infrastruktur Asian Games 2018 Sesuai Rencana

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 April 2017 - 19:30 WIB

Pembangunan Rusun Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta (Suara)
Pembangunan Rusun Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta (Suara)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sejumlah gubernur yang menjadi pemimpin di daerah yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menyatakan pembangunan infrastruktur untuk perhelatan olah raga itu berjalan sesuai rencana.

"Insya Allah itu seluruhnya selesai Desember 2017. Ada yang Juli, September, tapi ada yang Maret 2018 satu (venue)," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin terkait pembangunan venue olah raga untuk Asian Games 2018 ditemui usai mengikuti Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa.

Menurut Alex, pembangunan infrastruktur transportasi Light Rail Transit (LRT) juga sudah siap sekitar 40 persen untuk mendukung kelancaran arus perhubungan para peserta Asian Games 2018 dan juga masyarakat.

Gubernur Sumsel menjelaskan untuk uji coba LRT rencananya dilakukan pada Februari 2018 dan beroperasi penuh pada Juni.

Kemudian, pemprov Sumsel juga memastikan pembangunan wisma atlet untuk penginapan para atlit yang akan bertanding dalam Asian Games 2018 sudah selesai.

"Sudah rampung, tinggal mengisinya. Beli ranjang dan lain-lain," ujar Alex.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan seluruh pembangunan venue untuk Asian Games 2018 di Jakarta seluruhnya masih sesuai jadwal.

"Semua sesuai jadwal. Velodrome, pedestrian, LRT, semua sesuai jadwal," ujar Ahok, sapaan akrab Gubernur DKI Jakarta.

Selain itu, dia menjelaskan pemprov mendapat tugas membangun venue untuk pertandingan sepeda BMX di DKI Jakarta.

Dia menyiapkan arena BMX internasional di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo untuk menjadi venue pertandingan Asian Games.

"Tinggal disurvei memenuhi syarat atau tidak. Kalau tidak memenuhi syarat, kebetulan akan membangun Kalijodo kedua di Simatupang. Di situ juga akan ada lomba panjat tebing dan macam-macam. Kita akan siapkan di situ minta yang standar internasional," ujar Basuki ditemui usai menghadiri rapat terbatas.

Pemerintah RI mempersiapkan dua wilayah yang akan menjadi tuan rumah perhelatan olah raga empat tahunan itu yaitu DKI Jakarta dan Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Sebelumnya seperti dilansir Antara, dalam pembukaan rapat terbatas, Presiden Joko Widodo meminta seluruh pihak untuk mengawasi pekerjaan pembangunan venue, infrastruktur transportasi maupun wisma untuk atlet sehingga terbangun sesuai jadwal.

Dia menjelaskan agar momentum Asian Games 2018 ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa bukan hanya untuk perhelatan olah raga tetapi juga promosi pariwisata di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pelabuhan (Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:15 WIB

PORT Bidik Rights Issue Senilai Rp1,1 Triliun

INDUSTRY.co.id - PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) siap melakukan rights issue 1,5 miliar lembar saham.

Ilustrasi Ekspor (ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:00 WIB

Komoditi Indonesia Tertekan Perang Dagang AS-China

INDUSTRY.co.id - Perang dagang AS dan China diperkirakan akan berdampak ke ekonomi Indonesia. AS menerapkan tarif hingga 25 persen dari barang impor China, tak mau kalah China akan membalas…

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Juni 2018 - 19:00 WIB

Pariwisata Kalteng Miliki Potensi Luar Biasa Tapi Kurang Promosi

Ketua Komisi C DPRD Kalimantan Tengah, Syamsul Hadi, menilai objek wisata di provinsi ini memiliki potensi yang luar biasa, namun promosinya sangat minim sehingga kurang optimal dalam menarik…

OPEC (Foto Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:54 WIB

AS-China Turunkan Harga Minyak, OPEC Akan Tentukan Produksi Minyak

INDUSTRY.co.id - Saudi Arabia Pemimpin Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan Rusia mengusulkan pengurangan produksi namun ditentang sebagian anggota OPEC lainnya. Hal…

Megawati Sukarno Putri. (Foto: IST)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:00 WIB

Ketum PDI-P Dijadwalkan Hadiri Haul Bung Karno di Blitar

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dijadwalkan menghadiri acara haul ayahnya, Soekarno (Bung Karno), yang masih dalam satu rangkaian peringatan bulan Bung Karno di kawasan makam, Kelurahan…