Festival Flavors dan Reflection of Indonesia, Paris Promosikan Kuliner Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 18 April 2017 - 16:25 WIB

Chef Degan Septoadji Bersama Lima Juru Masak Profesional Asal Indonesia Menggelar Serangkaian Acara Promosi Bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia
Chef Degan Septoadji Bersama Lima Juru Masak Profesional Asal Indonesia Menggelar Serangkaian Acara Promosi Bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia

INDUSTRY.co.id, Paris - Untuk memperingati 67 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Perancis, Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis, Monaco dan Andorra Hotmangaradja Pandjaitan akan secara resmi membuka rangkaian acara kuliner yang bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia.

Chef Degan Septoadji bersama lima juru masak profesional asal Indonesia menggelar serangkaian acara promosi bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia bertempat di salah satu hotel ikonik kota Paris, Intercontinental Le Grand Paris, pada 15-21 Mei 2017.  

Berlokasi di Opera Ballroom, event yang bertemakan Pekan Festival Flavors & Reflection of Indonesia yang menyuguhkan pagelaran seni budaya dan pariwisata Indonesia. Perhelatan ini sekaligus menjadi kelanjutan upaya promosi yang telah diselenggarakan akhir tahun lalu.

Menurut Chef Degan, dalam siaran pers yang diterima Industry.co.id, Seleasa (18/4/2017), mengatakan, "Merupakan kehormatan bagi saya untuk kembali ke Paris dan mempresentasikan kuliner Indonesia dalam skala yang lebih tinggi bersama tim dari Bali di negara Perancis sebagai pusat gastronomi dunia."

Dalam perjalanan promosi kuliner Indonesia di Paris kali ini Chef Degan didukung tim kuliner profesional yang terdiri dari Agus Wiryawan, executive chef Banyan Tree Ungasan Bali, Agus Pandetria, executive chef Courtyard Marriott Nusa Dua Bali, Theodorus Setyo, executive sous chef Padma Legian Bali, Chef de Cuisine Gede Susila Yadnya dan Watini, head chef Café Degan Bali.

Latar belakang pengalaman masing-masing chef dan ketrampilan mengolah hidangan Indonesia menjadi salah satu kekuatan dan pertimbangan dibentuknya tim ini.

Selama sepekan, para chef profesional tersebut akan menampilkan sejumlah hidangan khas Nusantara mewakili beberapa daerah dalam acara gala dinner dan ragam set menu yang ditawarkan pada tamu, antara lain Udang Dabu Dabu, Bebek Bumbu Bali, Salmon Lodeh, Rendang Sapi dan Brem Bali.

Sebagai negara yang memiliki kekayaan kuliner, hidangan Nusantara akan ditampilkan secara moderen dengan tetap berpegang pada keaslian citarasa dan kekayaan rempah serta bumbu dalam proses mengolahnya.

Menurut Dubes Hotmangaradja diplomasi kuliner merupakan salah satu upaya paling efektif dalam membina pergaulan global dan hubungan antar negara karena sifatnya yang universal.

“Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar memiliki beragam kakayaan, termasuk budaya kuliner, yang patut diperkenalkan pada masyarakat dunia dan dieksplorasi lebih lanjut agar dapat menembus pasar global,” ungkap Hotmangaradja.

Selian itu, Chef Degan juga akan tampil di kampus Institusi Kuliner terkemuka dunia, Le Cordon Bleu, Paris, untuk berbagi informasi mengenai kuliner dan budaya Indonesia kepada sejumlah mahasiswa Perancis. Agenda lain yang telah dijadwalkan termasuk workshop bagi para diaspora Indonesia di Perancis dalam membangun usaha kuliner Indonesia di perantauan.

Ia kembali ke Indonesia tahun 2010 dan bekerja dibidang kuliner termasuk tampil sebagai juri dalam acara TV MasterChef Indonesia, pembicara dan konsultan kuliner, serta mempromosikan kuliner Indonesia di kancah mancanegara. Sejauh ini Chef Degan telah membawa kuliner Indonesia ke Thailand, Vietnam, Inggris, Jerman dan Perancis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Foto Ist)

Rabu, 12 Desember 2018 - 06:20 WIB

2023 Diprediski Industri Pasar Keuangan Syariah Tembus 20 Persen

Bank Indonesia yakin pangsa pasar keuangan syariah dapat meningkat cukup signifikan hingga 20 persen dari total pasar keuangan nasional pada 2023, dengan beberapa upaya, salah satunya memperluas…

Bahana Artha Ventura (Foto Kontan)

Rabu, 12 Desember 2018 - 06:00 WIB

2018, Bahana Salurkan Dana bagi Usaha Ultra Mikro hingga Rp 557 Miliar

Perkembangan teknologi yang begitu cepat telah menyentuh hampir seluruh sektor dan aspek kehidupan masyarakat, terutama dalam era revolusi industri keempat atau yang lebih dikenal dengan istilah…

Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable. (INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 05:20 WIB

Pemerintah Luncurkan Layanan Kredit Ultra Mikro Berbasis Digital

Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable.

Direktur Eksekutif IHW Ikhsan Abdullah saat bedah buku karyanya berjudul Mere(i)butkan Sertifikasi Halal di Jakarta, Selasa (11/12) (INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 05:08 WIB

Jaga Iklim Usaha, Pemerintah Diminta Jalankan Sertifikasi Halal

Lembaga advokasi Indonesia Halal Watch (IHW) mendorong pemerintah untuk menjalankan Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH). Dengan memperkuat LPPOM MUI melalui…

Kue jajanan (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 04:35 WIB

Waspada! Banyak Jajanan Sekolah Tak Higienis

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya menyatakan masih banyak ditemukan jajanan sekolah di Jawa Timur tidak higienis meski temuan jajanan pangan di tempat pendidikan yang mengandung…