Festival Flavors dan Reflection of Indonesia, Paris Promosikan Kuliner Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 18 April 2017 - 16:25 WIB

Chef Degan Septoadji Bersama Lima Juru Masak Profesional Asal Indonesia Menggelar Serangkaian Acara Promosi Bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia
Chef Degan Septoadji Bersama Lima Juru Masak Profesional Asal Indonesia Menggelar Serangkaian Acara Promosi Bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia

INDUSTRY.co.id, Paris - Untuk memperingati 67 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Perancis, Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis, Monaco dan Andorra Hotmangaradja Pandjaitan akan secara resmi membuka rangkaian acara kuliner yang bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia.

Chef Degan Septoadji bersama lima juru masak profesional asal Indonesia menggelar serangkaian acara promosi bertajuk Festival Flavors & Reflection of Indonesia bertempat di salah satu hotel ikonik kota Paris, Intercontinental Le Grand Paris, pada 15-21 Mei 2017.  

Berlokasi di Opera Ballroom, event yang bertemakan Pekan Festival Flavors & Reflection of Indonesia yang menyuguhkan pagelaran seni budaya dan pariwisata Indonesia. Perhelatan ini sekaligus menjadi kelanjutan upaya promosi yang telah diselenggarakan akhir tahun lalu.

Menurut Chef Degan, dalam siaran pers yang diterima Industry.co.id, Seleasa (18/4/2017), mengatakan, "Merupakan kehormatan bagi saya untuk kembali ke Paris dan mempresentasikan kuliner Indonesia dalam skala yang lebih tinggi bersama tim dari Bali di negara Perancis sebagai pusat gastronomi dunia."

Dalam perjalanan promosi kuliner Indonesia di Paris kali ini Chef Degan didukung tim kuliner profesional yang terdiri dari Agus Wiryawan, executive chef Banyan Tree Ungasan Bali, Agus Pandetria, executive chef Courtyard Marriott Nusa Dua Bali, Theodorus Setyo, executive sous chef Padma Legian Bali, Chef de Cuisine Gede Susila Yadnya dan Watini, head chef Café Degan Bali.

Latar belakang pengalaman masing-masing chef dan ketrampilan mengolah hidangan Indonesia menjadi salah satu kekuatan dan pertimbangan dibentuknya tim ini.

Selama sepekan, para chef profesional tersebut akan menampilkan sejumlah hidangan khas Nusantara mewakili beberapa daerah dalam acara gala dinner dan ragam set menu yang ditawarkan pada tamu, antara lain Udang Dabu Dabu, Bebek Bumbu Bali, Salmon Lodeh, Rendang Sapi dan Brem Bali.

Sebagai negara yang memiliki kekayaan kuliner, hidangan Nusantara akan ditampilkan secara moderen dengan tetap berpegang pada keaslian citarasa dan kekayaan rempah serta bumbu dalam proses mengolahnya.

Menurut Dubes Hotmangaradja diplomasi kuliner merupakan salah satu upaya paling efektif dalam membina pergaulan global dan hubungan antar negara karena sifatnya yang universal.

“Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar memiliki beragam kakayaan, termasuk budaya kuliner, yang patut diperkenalkan pada masyarakat dunia dan dieksplorasi lebih lanjut agar dapat menembus pasar global,” ungkap Hotmangaradja.

Selian itu, Chef Degan juga akan tampil di kampus Institusi Kuliner terkemuka dunia, Le Cordon Bleu, Paris, untuk berbagi informasi mengenai kuliner dan budaya Indonesia kepada sejumlah mahasiswa Perancis. Agenda lain yang telah dijadwalkan termasuk workshop bagi para diaspora Indonesia di Perancis dalam membangun usaha kuliner Indonesia di perantauan.

Ia kembali ke Indonesia tahun 2010 dan bekerja dibidang kuliner termasuk tampil sebagai juri dalam acara TV MasterChef Indonesia, pembicara dan konsultan kuliner, serta mempromosikan kuliner Indonesia di kancah mancanegara. Sejauh ini Chef Degan telah membawa kuliner Indonesia ke Thailand, Vietnam, Inggris, Jerman dan Perancis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemilik Blue Fish Hotel, Sam Halim

Rabu, 26 September 2018 - 15:49 WIB

Jajal Track, Pemilik Blue Fish Hotel Kepincut dengan Rute Rhino MTB XCM di Tanjung Lesung

Rhino MTB XCM merupakan sport tourism event yang dilaksanakan bersamaan dengan Rhino X-Tri yang merupakan agenda utama dalam perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung yang akan dilaksanakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih seusai acara Pameran KriyaNusa (Foto: Dok. Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:45 WIB

Punya Pasar Potensial di Luar Negeri, Menperin Pacu Ekspor Industri Kerajinan

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong ekspor produk kerajinan dan memfasilitasi industri kecil dan menengah yang bergeram di sektor itu untuk melakukan promosi…

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring saat memberikan sambutan pada acara Rakornas Pariwisata III 2018 Kementerian Pariwisata, di Jakarta, Rabu (26/9)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Pembentukan KEK Pariwisata Dorong Peningkatan UMKM Lokal

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung program Kementerian Pariwisata dalam membangun Kawasan Ekononi Khusus (KEK) Pariwisata di…

Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), M. Kuncoro Wibowo (kanan), memberikan plakat kepada Kepala Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Toto Pranoto

Rabu, 26 September 2018 - 15:15 WIB

BGR Tandatangani Kerjasama dengan Lembaga Management FEB Universitas Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI) menandatangani nota…