Industri Alas Kaki dan Sepatu Serap 700 Ribu Tenaga Kerja

Oleh : Ridwan | Senin, 17 April 2017 - 15:47 WIB

Alas Kaki (Ilustrasi)
Alas Kaki (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Laju pertumbuhan industri alas kaki sampai dengan tahun 2016 mencapai 8,15 persen, angka i pertumbuhan ini lebih tinggi dari pertumbuhan industri non migas yang mencapai 4,42 persen.

Indonesia di kenal sebagai produsen sepatu dan alas kaki kelas Dunia. Saat ini, Indonesia menempati urutan ke 5 Dunia produsen alas kaki setelah Tiongkok, India, Vietnam, dan Brazil.

"Pangsa pasar sepatu dan alas kaki Indonesia ke Dunia sebesar 3,3 persen, sementara untuk nilai ekspor alas kaki pada tahun 2016 mencapai USD4,64 miliar, dan sektor ini menyerap 700.000 tenaga kerja," ungkap Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono di Surabaya (17/4/2017).

Saat ini Kemenperin tengah berupaya menyelesaikan masalah-masalah yang ada di sektor industri alas kaki, diantaranya impor kulit finish tidak dilakukan proses fumigasi oelh badan karantina, memperpanjang jangka waktu izin tinggal untuk tenaga kerja asing, terutama bagi industri yang baru berdiri, memfasilitasi pendirian Raw Material Center bahan baku, serta peningkatan kompetensi SDM melalui pendidikan vokasi.

"Kami akan bekerjasama dengan institusi terkait untuk menyelesaikan permasalahan ini, diantaranya, Kementerian Pertanian, Ditjen Bea dan Cukai dan yang lainnya," tutup Sigit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…