Komunitas Indonesian Reggae Siap Konser Dibayar Sampah

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 16 April 2017 - 20:33 WIB

Wagub DKI , Djarot Syaiful Hidayat di tengah musisi Reggae
Wagub DKI , Djarot Syaiful Hidayat di tengah musisi Reggae

INDUSTRY.co.id - Demi menjaga kebersihan Ibukota Jakarta,  komunitas musisi reggae yang tergabung dalam Indonesian Reggae menawarkan konsep konser dibayar dengan sampah. Konsep ini mereka sampaikan langsung kepada wakil Gubernur DKI Djarot Syaiful Hidayat saat betemu di sebuah Café di kawasan Menteng, Minggu (16/4) petang.

"Bukan berarti kita manggung dibayar pakai sampah, tapi dibayar oleh pemerintah DKI . Maksudnya, konser yang disuguhkan itu diperuntukkan untuk masyarakat yang sudah membuang sampah dengan benar," tutur Conrad 'Good Vibration', musisi reggae yang ikut hadir dalam diskusi 'Semangat Pemuda Reggae, Semangat Pemuda Cinta Damai'.

Lebih jaun Conrad memaparkan sebenarnya dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)  ada anggaran untuk pengelolaan sampah yang berbentuk  bank sampah. "Jadi misalnya, ada  kelurahan yang bersih karena warganya tidak membuang sampah sembarangan, kebersihan sungainya juga dijaga, nah pemerintah memberikan reward dengan membuat konser di daerah tersebut. Misalnya mendatangkan Slank, atau musisi lain. Dan yang membiayai konser itu ya pemerintah. Jadi dana APBD untuk kebersihan bisa dialokasikan untuk itu," jelas Conrad. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang juga hadir langsung mengapresiasi gagasan itu.  "Ya, kita memang ada yang namanya bank sampah. Program itu bisa saja dilaksanakan bagi masyarakat yang bisa menjaga kebersihan di lingkungannya," kata Djarot yang disambut tepuk tangan anak-anak komunitas reggae.

Selain menawarkan gagasan soal Konser di bayar oleh pemerintah, musisi reggae asal Flores itu juga berharap pemerintah Jakarta juga memperhatikan para musisi.  Selama ini,  lahan untuk musisi berapresiasi dirasa kurang. "Selama ini hanya olahraga yang diperhatikan, dilihat dengan adanya GOR (Gelanggang Olah Raga).  Tapi musisi nggak punya tempat berapresiasi sendiri. Ada GKJ (Gedung Kesenian Jakarta) tapi fungsinya bukan lebih pada musik. Kalau pun kita mau pakai GOR atau GKJ, birokrasinya yang rumit dan perlu sponsor besar," jelasnya.

Usai acara diskusi bertema 'Semangat Pemuda Reggae, Semangat Pemuda Cinta Damai' Wagub Djarot ikut meramaikan acara dengan bernyanyi lagu Koes Plus yang diaransemen dalam Raggae. "Saya memang suka musik dari muda, kalau lagu Reggae saya suka lagu Suzzana dari dulu, madu dan racun dan lagu-lagu koes plus," ujar Djarot di sambut tawa para musisi yang hadir.

Dalam kesempatan ini, Djarot menyanyikan 2 lagu,  Kolam susu disusul lagu Cant Help Falling In Love milik Elvis Presley. Usai bernyanyi Djarot memberikan semangat dan motivasi kepada para musisi Reggae untuk bisa membangun Jakarta lewat kreatifitas musik. (AMZ)

 

 

.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 15:00 WIB

BI Antisipasi Modal Keluar Jelang Pertemuan FOMC

Bank Indonesia menyebutkan terus meningkatkan pengawasan dan mitigasi terhadap potensi keluarnya modal asing yang bisa menggerus nilai tukar rupiah terutama menjelang rapat Komite Pasar Terbuka…

Dealer Honda / http://idolosol.com

Senin, 28 Mei 2018 - 14:54 WIB

Honda Siapkan 114 Bengkel Siaga Hadapi Mudik Lebaran 2018

PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menghadirkan program Honda emergency service atau bengkel siaga Honda. Program ini dirancang untuk menemani konsumen Honda selama melakukan perjalanan mudik.…

Sinergi Enam Marketplace Besar dalam program Ramadhan Express Gerakan Ayo UMKM Jualan Online

Senin, 28 Mei 2018 - 14:36 WIB

Sinergi Enam Marketplace Besar Dorong UMKM Jualan Online

Kominfo bersama Kemenkop meluncurkan program Ramadhan Express Ayo UMKM Jualan online untuk gerak cepat bantu pedagang mikro dan kecil yang belum bisa mendapat akses ke pasar online yg sangat…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.c.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 14:30 WIB

Menkeu: BSF Aktif Bila Keadaan Ekonomi Waspada

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan inisiatif "Bond Stabilization Framework" (BSF) akan aktif apabila berdasarkan penilaian Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) kondisi perekonomian…

Ilustrasi pekerja proyek infrastruktur pemerintah (Foto: Istimewa)

Senin, 28 Mei 2018 - 14:30 WIB

Gapensi Desak Pemerintah Libatkan Kontraktor Swasta Dalam Proyek Infrastruktur Nasional

Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi) meminta Pemerintah melibatkan lebih banyak kontraktor swasta dalam proyek pembangunan infrastruktur nasional.