Komunitas Indonesian Reggae Siap Konser Dibayar Sampah

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 16 April 2017 - 20:33 WIB

Wagub DKI , Djarot Syaiful Hidayat di tengah musisi Reggae
Wagub DKI , Djarot Syaiful Hidayat di tengah musisi Reggae

INDUSTRY.co.id - Demi menjaga kebersihan Ibukota Jakarta,  komunitas musisi reggae yang tergabung dalam Indonesian Reggae menawarkan konsep konser dibayar dengan sampah. Konsep ini mereka sampaikan langsung kepada wakil Gubernur DKI Djarot Syaiful Hidayat saat betemu di sebuah Café di kawasan Menteng, Minggu (16/4) petang.

"Bukan berarti kita manggung dibayar pakai sampah, tapi dibayar oleh pemerintah DKI . Maksudnya, konser yang disuguhkan itu diperuntukkan untuk masyarakat yang sudah membuang sampah dengan benar," tutur Conrad 'Good Vibration', musisi reggae yang ikut hadir dalam diskusi 'Semangat Pemuda Reggae, Semangat Pemuda Cinta Damai'.

Lebih jaun Conrad memaparkan sebenarnya dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)  ada anggaran untuk pengelolaan sampah yang berbentuk  bank sampah. "Jadi misalnya, ada  kelurahan yang bersih karena warganya tidak membuang sampah sembarangan, kebersihan sungainya juga dijaga, nah pemerintah memberikan reward dengan membuat konser di daerah tersebut. Misalnya mendatangkan Slank, atau musisi lain. Dan yang membiayai konser itu ya pemerintah. Jadi dana APBD untuk kebersihan bisa dialokasikan untuk itu," jelas Conrad. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang juga hadir langsung mengapresiasi gagasan itu.  "Ya, kita memang ada yang namanya bank sampah. Program itu bisa saja dilaksanakan bagi masyarakat yang bisa menjaga kebersihan di lingkungannya," kata Djarot yang disambut tepuk tangan anak-anak komunitas reggae.

Selain menawarkan gagasan soal Konser di bayar oleh pemerintah, musisi reggae asal Flores itu juga berharap pemerintah Jakarta juga memperhatikan para musisi.  Selama ini,  lahan untuk musisi berapresiasi dirasa kurang. "Selama ini hanya olahraga yang diperhatikan, dilihat dengan adanya GOR (Gelanggang Olah Raga).  Tapi musisi nggak punya tempat berapresiasi sendiri. Ada GKJ (Gedung Kesenian Jakarta) tapi fungsinya bukan lebih pada musik. Kalau pun kita mau pakai GOR atau GKJ, birokrasinya yang rumit dan perlu sponsor besar," jelasnya.

Usai acara diskusi bertema 'Semangat Pemuda Reggae, Semangat Pemuda Cinta Damai' Wagub Djarot ikut meramaikan acara dengan bernyanyi lagu Koes Plus yang diaransemen dalam Raggae. "Saya memang suka musik dari muda, kalau lagu Reggae saya suka lagu Suzzana dari dulu, madu dan racun dan lagu-lagu koes plus," ujar Djarot di sambut tawa para musisi yang hadir.

Dalam kesempatan ini, Djarot menyanyikan 2 lagu,  Kolam susu disusul lagu Cant Help Falling In Love milik Elvis Presley. Usai bernyanyi Djarot memberikan semangat dan motivasi kepada para musisi Reggae untuk bisa membangun Jakarta lewat kreatifitas musik. (AMZ)

 

 

.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.