Crowdo Beri Pinjaman Rp 200 Juta Bagi UKM

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 16 April 2017 - 14:13 WIB

Cally Alexandra, Perwakilan Crowdo Indonesia
Cally Alexandra, Perwakilan Crowdo Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Startup fintech Crowdo menjalin kemitraan dengan MatahariMall untuk menyediakan pembiayaan modal kerja bagi MatahariMall yang memiliki lebih dari 8.000 merchant melalui produk pinjaman “Super Loan”. Ini adalah kemitraan skala besar kedua bagi Crowdo yang baru-baru ini juga mengadakan peluncuran kerjasama dengan Singapore Exchange (SGX) pada 31 Maret lalu.

Kedua pengumuman kemitraan ini melambangkan kemampuan Crowdo untuk bekerja dengan partner kelas atas yang berskala besar untuk memberikan solusi pembiayaan yang disesuaikan bagi komunitas mitra mereka.

Melalui pinjaman “Super Loan”, merchant MatahariMall akan dapat mengakses pinjaman di kisaran Rp50 juta – 200 juta untuk membiayai kebutuhan modal kerja mereka. MatahariMall memiliki lebih dari 8.000 merchant di dalam komunitasnya dan banyak dari merchant ini merupakan perusahaan ukuran menengah mikro atau kecil yang memiliki akses sangat terbatas ke layanan perbankan tradisional untuk membantu membiayai bisnis mereka.

Cally Alexandra, Perwakilan Crowdo Indonesia mengatakan kemitraan ini sejalan dengan misi perusahaan untuk membantu UKM terbaik di Indonesia agar mereka bisa mengakses pembiayaan dari investor tidak hanya secara lokal tetapi juga global.

“Seperti kita ketahui, saat ini di Indonesia ada sekitar 60 juta UKM, dan lebih dari setengahnya tidak mendapatkan akses pendanaan yang cukup dari bank atau lembaga keuangan tradisional lainnya. Kerjasama dengan MatahariMall ini akan memperkuat kehadiran Crowdo dengan menyediakan pinjaman bisnis di pelosok negeri. Pada Crowdo, kami percaya bahwa komunitas UKM merupakan hal yang penting bagi masa depan perekonomian Indonesia, dan kemitraan ini memberi mereka kemampuan untuk memperluas penawaran produk mereka dan akses ke pasar kredit,” kata Cally.

Menurut Bank Indonesia, pada pertengahan 2016, hanya 22 persen dari total 57.8 juta UKM Indonesia memiliki akses untuk mendapatkan pinjaman bank l. Saat ini, UKM mempekerjakan sekitar 97 persen dari tenaga kerja nasional. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran UKM bagi perekonomian Indonesia.

Menurut Alvin Aulia Akbar, Head of Partnership & Communication MatahariMall, “Sejak awal, kami memahami peran penting UKM bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kami juga percaya bahwa dengan memaksimalkan penggunaan teknologi, UKM akan dapat mempercepat peningkatan kontribusi positif mereka. Termasuk penggunaan fintech ini akan memudahkan UKM di MatahariMall.com sebagai salah satu cara mempercepat pertumbuhan bisnis mereka, terutama dengan kemudahan akses kredit. Peluncuran kerjasama dengan Crowdo, kami berharap dapat berkontribusi pada pertumbuhan UKM yang terlibat dalam program ini dan akan ada kerjasama dengan Crowdo kedepannya untuk mengoptimalkan potensi UKM di Indonesia.”jelasnya

Crowdo P2B Lending sampai saat ini telah membiayai lebih dari 2.500 proyek usaha dan diharapkan dapat tumbuh lebih pesat dengan peluncuran platform internasional kami baru-baru ini. “Tujuan kami kedepan adalah menjadi platform bisnis (P2B) terbaik dan terbesar di Indonesia untuk membantu UKM lokal Indonesia dalam meningkatkan pembiayaan dari komunitas Investor global. Sementara itu, kami terus bekerja untuk memperluas kemitraan di masa mendatang dengan menyediakan dana bagi masyarakat UKM di Indonesia”, ujar Cally lagi.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…