PT Terminal Teluk Lamong Bangun Terminal Semi Otomatis Bertaraf internasional

Oleh : Hariyanto | Minggu, 16 April 2017 - 10:32 WIB

Terminal Teluk Lamong (bj)
Terminal Teluk Lamong (bj)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Inovasi Pelindo III melalui anak perusahaan PT Terminal Teluk Lamong membangun terminal semi – otomatis dan ramah lingkungan. Setelah sukses dengan bisnis peti kemas, kini curah kering berkapasitas tinggi menjadi primadona dan diharapkan mampu mengatrol eksistensinya agar kapal – kapal asing terus berdatangan.

Pada pembangunan tahap II, Terminal Teluk Lamong telah menyelesaikan pembuatan dermaga curah kering beserta fasilitasnya. Uji coba peralatan dan fasilitas curah kering telah dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2017 lalu dengan kedatangan kapal MV Giorgis bermuatan kedelai. Pelayanan perdana curah kering secara lengkap dan komersial Terminal Teluk Lamong dimulai pada hari Kamis (13/4/207).

Kapal MV Palona berbendera Hongkong, merupakan kapal pertama yang melakukan pelayanan curah kering dengan fasilitas dan peralatan lengkap di Terminal Teluk Lamong. Kapal berjenis Panamax tersebut memiliki panjang 229 m dan lebar 32.26 m sehingga membutuhkan kedalaman ±10 LWS. MV Palona bermuatan kedelai dan melakukan bongkar sebanyak 30.262 ton.

Demi memberikan pelayanan curah kering bertaraf internasional, Terminal Teluk Lamong memiliki fasilitas dan peralatan canggih dan ramah lingkungan. 2 unit Grab Ship Unloader (GSU) berkapasitas 2000 ton/jam menjadi andalan operasional curah dilengkapi dengan 2 jalur conveyor sepanjang 1,3 km yang terhubung langsung dengan silo dan gudang seluas 10Ha. Berdasarkan perhitungan, kapal MV Palona bermuatan 30.262 ton dapat diselesaikan dalam waktu 20 jam.

Direktur operasi Terminal Teluk Lamong, Rumaji, bersama staff khusus Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak menyaksikan secara langsung proses operasional bongkar kedelai asal USA tersebut.

“Uji coba full facilities ini menandakan bahwa Teluk Lamong sudah sangat siap melayani kapal-kapal curah kering, berkapasitas besar. Tim Otoritas bisa melihat langsung kapasitas kami, dan harapannya, ini bisa segera keluar Ijin Operasi nya," Ujar Rumaji.

Kapasitas gudang penyimpanan di lahan curah kering Terminal Teluk Lamong mampu menampung 120.000 ton, sedangkan silo dapat menyimpan hingga 80.000 ton komoditi pangan sehingga total kapasitas gudang penumpukan sebesar 200.000 ton. Komoditi pangan yang dapat disimpan di silo berupa butiran seperti kedelai, jagung, beras, dll. Gudang penumpukan digunakan untuk menyimpan komoditi berupa serbuk seperti soya bean meal (SBM), raw sugar dan lain-lain.
 
Bisnis curah kering PT Terminal Teluk Lamong menerapkan prinsip green port karena hanya melayani muatan bersifat ramah lingkungan yaitu komoditi pangan. Bekerja sama dengan PT Nusa Prima Logistik yang merupakan gabungan dari 3 perusahaan pangan pemegang 70 % pasar pakan ternak dan manusia di Indonesia (FKS, Charoen Pokphand dan Japfa Comfeed).

Terminal Teluk Lamong memiliki 4 (empat) tahap pembangunan dan pada tahun 2017 sedang berada pada tahap ke – 2. Dermaga curah kering yang kini mulai dioperasikan memiliki panjang 250 meter dan lebar 80 meter. Luasan tersebut akan diperpanjang menjadi 500 meter pada pembangunan tahap berikutnya. Kedalaman dermaga curah kering Terminal Teluk Lamong mencapai -14 LWS (14 meter) sehingga dapat menampung kapan berjenis Panamax berkapasitas 50.000 – 80.000 DWT. (Hry/ bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…