Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian Tol Akses Priok

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 15 April 2017 - 15:30 WIB

Jalan Tol Akses Tanjung Priok (Dok: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Jalan Tol Akses Tanjung Priok (Dok: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Jalan Tol Akses Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara yang akan memperlancar arus keluar masuk barang dari dan ke pelabuhan.

Jalan tol ini akan memperlancar lalu lintas keluar masuk pelabuhan Tanjung Priok karena memiliki akses langsung masuk ke pelabuhan sehingga akan mengurangi kemacetan secara signifikan yang terjadi pada jalan arteri pelabuhan.

"Saya masih ingat waktu jadi Gubernur DKI, ini mundur dua tahun karena masalah pembebsan lahan," kata Presiden Jokowi dalam sambutan peresmian pengoperasian jalan tol layang itu di Jakarta, Sabtu (15/42017)

Jalan Tol Akses Tanjung Priok merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan tersambung dengan Jalan Tol Dalam Kota yakni di Seksi North South (NS) yang akan menghubungkan lalu lintas dari JORR ke Cawang, Pluit, serta langsung ke pelabuhan.

Presiden menyebutkan setelah "turun" beberapa kali ke lokasi proyek itu, akhirnya masalah pembebasan lahan dapat diselesaikan.

Pembangunan jalan tol itu juga terkendala adanya kesalahan struktur sehingga harus diulang dari awal.

"Ada kesalahan struktur, ada 69 tiang, yang harus dipotong dengan tiang yang benar agar bisa dimulai lagi sehingga harus mundur 5-6 tahun," katanya.

Peresmian pengoperasian jalan tol itu ditandai penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti, oleh Presiden Jokowi.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam Persemian jalan tol itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Plt Gubernur DKI Jakarta Soemarsono.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok sepanjang 11,4 km merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Jalan tol itu menyediakan akses intermoda darat, laut dan kereta api yang terintegrasi dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Jalan tol itu juga merupakan jalan tol ramah lingkungan sehingga meskipun di sekitarnya ada rumah sakit, namun tidak akan mengganggu kegiatan rumah sakit.

Pembangunan Jalan tol tersebut dibiayai Pemerintah Jepang sebesar Rp4,1 triliun melalui JICA. Pembangunan jalan tol akses Priok dimulai 2003. Setelah terhenti beberapa tahun, akhirnya pembangunan akses tol Priok dimulai kembali pada 2008.

Selama sebulan ke depan, operator jalan tol itu membebaskan biaya tol kepada penggunanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.