Terapkan Program Inovasi, Petrokimia Gresik Hemat Biaya Operasional Rp 278,8 Miliar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 13 April 2017 - 11:51 WIB

Petrokimia Gresik Terapkan Program Inovasi
Petrokimia Gresik Terapkan Program Inovasi

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Petrokimia Gresik (PG) mengklaim telah mampu menghemat biaya operasional hingga Rp 278,8 miliar selama menerapkan program-program inovasi.

Direktur Produksi PT Petrokimia Gresik, I Ketut Rusnaya mengatakan, ditengah semakin ketatnya persaingan global, PG berkomitmen terus meningkatkan kualitas dan daya saingnya. Salah satunya melalui kegiatan Konvensi Inovasi Petrokimia Gresik (KIPG) ke-XXXI yang digelar di SOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Rabu (12/04/2107).

"Tujuan utama KIPG 2017 adalah sebagai sarana penyampaian kisah-kisah sukses dan penghargaan kepada gugus inovasi berprestasi kurun waktu 2016-2017," katanya.

Menurutnya, melalui inovasi perusahaanya telah banyak melakukan perbaikan dan peningkatan (improvement), baik dari sisi produk, proses bisnis, teknologi, pelayanan, organisasi, dan sebagainya.

"Yang terpenting adalah bagaimana inovasi ini dapat memberikan nilai tambah yang mampu mendongkrak kinerja perusahaan," ujarnya.

Berdasarkan verifikasi internal, tercatat realisasi penghematan pabrik pupuk yang ber-home based di Gresik itu sebesar Rp 278,88 miliar dari kegiatan inovasi tahun lalu. Nilai efisiensi ini merupakan hasil kegiatan dari 1.011 gugus inovasi karyawan PG.

“Hasil inovasi ini tentunya membuat perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien dan nilai penghematan yang muncul dapat dimanfaatkan untuk pengembangan perusahaan di masa datang," tutur I Ketut Rusnaya.
 
Adapun tujuan PGIE 2017 adalah untuk mengenalkan hasil karya inovasi PG Grup dan diharapkan mampu menginspirasi karyawan lainnya untuk melakukan inovasi serupa di unit kerjanya masing-masing.

Selain mendapat apresiasi dari manajemen, sejumlah gugus inovasi karyawan PG juga mendapat apresiasi dari pihak eksternal, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Di tingkat nasional, 6 gugus inovasi PG berhasil meraih kategori tertinggi atau Platinum dan 2 gugus inovasi lainnya berhasil meraih kategori Gold dalam ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) ke-20 yang digelar di Bali pada bulan November 2016.

Di tingkat internasional, dalam ajang International Exposition on Team Excellence (IETEX) 2016 di Singapura (September 2016), 1 gugus inovasi PG meraih penghargaan Three Stars, Diamond Award, dan Top 3 Asian Pasific Team Excellence 2016 dan 2 gugus inovasi lainnya meraih penghargaan Two Stars.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…