Terapkan Program Inovasi, Petrokimia Gresik Hemat Biaya Operasional Rp 278,8 Miliar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 13 April 2017 - 11:51 WIB

Petrokimia Gresik Terapkan Program Inovasi
Petrokimia Gresik Terapkan Program Inovasi

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Petrokimia Gresik (PG) mengklaim telah mampu menghemat biaya operasional hingga Rp 278,8 miliar selama menerapkan program-program inovasi.

Direktur Produksi PT Petrokimia Gresik, I Ketut Rusnaya mengatakan, ditengah semakin ketatnya persaingan global, PG berkomitmen terus meningkatkan kualitas dan daya saingnya. Salah satunya melalui kegiatan Konvensi Inovasi Petrokimia Gresik (KIPG) ke-XXXI yang digelar di SOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Rabu (12/04/2107).

"Tujuan utama KIPG 2017 adalah sebagai sarana penyampaian kisah-kisah sukses dan penghargaan kepada gugus inovasi berprestasi kurun waktu 2016-2017," katanya.

Menurutnya, melalui inovasi perusahaanya telah banyak melakukan perbaikan dan peningkatan (improvement), baik dari sisi produk, proses bisnis, teknologi, pelayanan, organisasi, dan sebagainya.

"Yang terpenting adalah bagaimana inovasi ini dapat memberikan nilai tambah yang mampu mendongkrak kinerja perusahaan," ujarnya.

Berdasarkan verifikasi internal, tercatat realisasi penghematan paik pupuk yang ber-home based di Gresik itu sebesar Rp 278,88 miliar dari kegiatan inovasi tahun lalu. Nilai efisiensi ini merupakan hasil kegiatan dari 1.011 gugus inovasi karyawan PG.

“Hasil inovasi ini tentunya membuat perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien dan nilai penghematan yang muncul dapat dimanfaatkan untuk pengembangan perusahaan di masa datang," tutur I Ketut Rusnaya.<>  <> Adapun tujuan PGIE 2017 adalah untuk mengenalkan hasil karya inovasi PG Grup dan diharapkan mampu menginspirasi karyawan lainnya untuk melakukan inovasi serupa di unit kerjanya masing-masing.

Selain mendapat apresiasi dari manajemen, sejumlah gugus inovasi karyawan PG juga mendapat apresiasi dari pihak eksternal, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Di tingkat nasional, 6 gugus inovasi PG berhasil meraih kategori tertinggi atau Platinum dan 2 gugus inovasi lainnya berhasil meraih kategori Gold dalam ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) ke-20 yang digelar di Bali pada bulan November 2016.

Di tingkat internasional, dalam ajang International Exposition on Team Excellence (IETEX) 2016 di Singapura (September 2016), 1 gugus inovasi PG meraih penghargaan Three Stars, Diamond Award, dan Top 3 Asian Pasific Team Excellence 2016 dan 2 gugus inovasi lainnya meraih penghargaan Two Stars.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan tekhnisi AC

Rabu, 19 September 2018 - 21:41 WIB

GMT Institute Dukung Yoofix Sediakan Tenaga Kerja Terampil dan Professional

Kegiatan assessment ini untuk mengetahui kapasitas fixer yang selanjutnya dilakukan pengembangan dan optimalisasi yang akhirnya mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi…

Kementerian Koperasi Gelar Bimtek Pengawsan Koperasi yang dilaksanakan di Gorontalo 19-20 September 2018 ini diikuti Satgas Pengawas Koperasi dan Satgas Pengawas Usaha Simpan Pinjam se Provinsi Gorontalo.

Rabu, 19 September 2018 - 21:34 WIB

Perkuat Pengawasan Koperasi Melalui Peningkatan IT

Kementerian Koperasi dan UKM terus memberikan pembekalan terhadap satuan tugas pengawasan koperasi di daerah terkait pemahaman regulasi. Pembekalan ini sekaligus memberikan dukungan kepada satgas…

Ruben Onsu Selaku Pemilik Geprek Bensu saat menyerahkan secara simbolis hadiah Umroh dan Holy Trip kepada pemenang (Foto: Dok. Geprek Bensu)

Rabu, 19 September 2018 - 21:05 WIB

Geprek Bensu Umumkan Undian Hadiah Umroh dan Holy Trip Kepada Empat Pemenang Beruntung

Outlet Geprek Bensu yang memiliki khas ayam geprek sangat di minati oleh masyarakat luas, BrandGeprek bensu yang berdiri sejak 17 April 2017 ini menargetkan mampu membuka 100outlet di seluruh…

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Rabu, 19 September 2018 - 19:00 WIB

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Citi Indonesia (Citibank) hari ini mengumumkan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games sebagai Official Sponsor, yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 6…