Terapkan Program Inovasi, Petrokimia Gresik Hemat Biaya Operasional Rp 278,8 Miliar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 13 April 2017 - 11:51 WIB

Petrokimia Gresik Terapkan Program Inovasi
Petrokimia Gresik Terapkan Program Inovasi

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Petrokimia Gresik (PG) mengklaim telah mampu menghemat biaya operasional hingga Rp 278,8 miliar selama menerapkan program-program inovasi.

Direktur Produksi PT Petrokimia Gresik, I Ketut Rusnaya mengatakan, ditengah semakin ketatnya persaingan global, PG berkomitmen terus meningkatkan kualitas dan daya saingnya. Salah satunya melalui kegiatan Konvensi Inovasi Petrokimia Gresik (KIPG) ke-XXXI yang digelar di SOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Rabu (12/04/2107).

"Tujuan utama KIPG 2017 adalah sebagai sarana penyampaian kisah-kisah sukses dan penghargaan kepada gugus inovasi berprestasi kurun waktu 2016-2017," katanya.

Menurutnya, melalui inovasi perusahaanya telah banyak melakukan perbaikan dan peningkatan (improvement), baik dari sisi produk, proses bisnis, teknologi, pelayanan, organisasi, dan sebagainya.

"Yang terpenting adalah bagaimana inovasi ini dapat memberikan nilai tambah yang mampu mendongkrak kinerja perusahaan," ujarnya.

Berdasarkan verifikasi internal, tercatat realisasi penghematan pabrik pupuk yang ber-home based di Gresik itu sebesar Rp 278,88 miliar dari kegiatan inovasi tahun lalu. Nilai efisiensi ini merupakan hasil kegiatan dari 1.011 gugus inovasi karyawan PG.

“Hasil inovasi ini tentunya membuat perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien dan nilai penghematan yang muncul dapat dimanfaatkan untuk pengembangan perusahaan di masa datang," tutur I Ketut Rusnaya.
 
Adapun tujuan PGIE 2017 adalah untuk mengenalkan hasil karya inovasi PG Grup dan diharapkan mampu menginspirasi karyawan lainnya untuk melakukan inovasi serupa di unit kerjanya masing-masing.

Selain mendapat apresiasi dari manajemen, sejumlah gugus inovasi karyawan PG juga mendapat apresiasi dari pihak eksternal, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Di tingkat nasional, 6 gugus inovasi PG berhasil meraih kategori tertinggi atau Platinum dan 2 gugus inovasi lainnya berhasil meraih kategori Gold dalam ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) ke-20 yang digelar di Bali pada bulan November 2016.

Di tingkat internasional, dalam ajang International Exposition on Team Excellence (IETEX) 2016 di Singapura (September 2016), 1 gugus inovasi PG meraih penghargaan Three Stars, Diamond Award, dan Top 3 Asian Pasific Team Excellence 2016 dan 2 gugus inovasi lainnya meraih penghargaan Two Stars.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

Kamis, 21 September 2017 - 21:00 WIB

Groundbreaking Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober…

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.