Artis Senior HAPSI Jadikan Film Kartini Inspirasi

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 13 April 2017 - 07:27 WIB

Artis Senior HAPSI Usai Menonton Film "Kartini"
Artis Senior HAPSI Usai Menonton Film "Kartini"

INDUSTRY.co.id - Film “Kartini” yang sutradarai oleh Hanung Bramantyo,  dengan pemeran utama Dian Sastrowardoyo, telah membuat para artis senior yang tergabung dalam Himpunan Artis Pengusaha Indonesia (HAPSI) semakin bersemangat menjadi pelopor atau penggerak bagi kaum wanita. Kesimpulan itu diperoleh setelah HAPSI mengadakan Nonton Bareng (Nobar) film tersebut beberapa hari lalu di Plaza Seayan XXI, Jakarta.

Artis senior yang ikut nobar di antaranya Yuma Shannelom sebagai Ketua Hapsi, Alicia Djohar, Lely Sagita, Asmiar Yahya, Ida Leman, Aty Cancer, Sultan Saladin dan masih banyak lagi. Ini masih ditambah dengan artis artis muda binaan HAPSI.

“Sebagai sesame artis kami mengagumi akting para pemain Kartini. Terutama acting Dian Sastro dan Christine Hakim yang memang sudah tidak diragukan lagi. Tapi di luar soal acting, hal yang terpenting dari film ini, adalah semangat Kartini untuk mengangkat derajat kaum perempuan, meski pada jaman itu perempuan masih dianggap sebagai objek yang harus tunduk kepada kekuasaan laki-laki,” ujat Yuma Shannelom yang diamini oleh artis lainnya.

Ada adegan, lanjut Yuma, yang menunjukkan kalau Kartini juga memiliki jiwa pengusaha selain sebagai pendidik bagi kaum wanita dan anak-anak. “Dari film ini, sebagai artis yang juga pengusaha, kami makin yakin bahwa tidak ada yang salah bagi wanita untuk terjun sebagai pengusaha. Karena Kartini sendiri berani membuat terobosan hingga sesuatu yang tadinya tidak laku menjadi laku . Misalnya dalam hal memasarkan produk ukiran hingga ke Belanda.”

Artis senior lainnya, Alicia Djohar  menambahkan bahwa dirinya tak kuasa menahan tangis  saat melihat betapa berat perjuangan Kartini digambarkan di film ini. “Saya, dan juga teman-teman merasa terharu dan bisa merasakan perjuangan berat seorang Kartini. Semoga film Kartini juga ditonton dan menjadi inspirasi bagi kaum wanita untuk mau jadi pelopor dalam berbagai hal meski banyak rintangannya. Bahkan Kartini rela menjadi istri ke 4 seorang Bupati, demi terwujudnya sekolah bagi kaum perempuan,” katanya.

Selain kegiatan Nobar, HAPSI selanjutnya akan mengadakan berbagai pelatihan demi meningkatkan kualitas usaha dari anggotanya.  “Kami akan terus bergerak maju. Usia bukan halangan untuk terus berkarya bersama-sama berdampingan dengan kaum muda. Justru pengalaman ikut menentukan,” tutup Yuma. (AMZ)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda Sam Aliano sambangi KPK, Senin (20/11/2017) Apresiasi langkah KPK Tahan Setya Novanto

Senin, 20 November 2017 - 14:37 WIB

Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia Beri Dukungan Buat KPK

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Muda Sam Aliano mengapresiasi langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penahanan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Crown Group (Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:30 WIB

Dalam Satu Malam Crown Group Berhasil Meraih Dua Penghargaan Bergengsi

Sebuah menara apartemen di kawasan Sydney Utara yang dibangun oleh pengembang Australia terkemuka telah memenangkan hadiah utama pada acara penghargaan industri konstruksi terkemuka di benua…

Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:22 WIB

KPK Periksa Istri Setya Novanto Sebagai Mantan Komisaris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP-elektronik (KTP-e) dalam kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT Mondialindo…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:14 WIB

Perusahaan Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar Tiongkok

PT Borneo Pasifik Global (BPG) yang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia pada pameran pertambangan batu bara atau "China Coal and Mining Expo (CCME)" di Beijing beberapa waktu lalu, menyatakan…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 20 November 2017 - 14:00 WIB

2018, Kadin Prediksi Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,3 Persen

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dari tahun ini.