Artis Senior HAPSI Jadikan Film Kartini Inspirasi

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 13 April 2017 - 07:27 WIB

Artis Senior HAPSI Usai Menonton Film "Kartini"
Artis Senior HAPSI Usai Menonton Film "Kartini"

INDUSTRY.co.id - Film “Kartini” yang sutradarai oleh Hanung Bramantyo,  dengan pemeran utama Dian Sastrowardoyo, telah membuat para artis senior yang tergabung dalam Himpunan Artis Pengusaha Indonesia (HAPSI) semakin bersemangat menjadi pelopor atau penggerak bagi kaum wanita. Kesimpulan itu diperoleh setelah HAPSI mengadakan Nonton Bareng (Nobar) film tersebut beberapa hari lalu di Plaza Seayan XXI, Jakarta.

Artis senior yang ikut nobar di antaranya Yuma Shannelom sebagai Ketua Hapsi, Alicia Djohar, Lely Sagita, Asmiar Yahya, Ida Leman, Aty Cancer, Sultan Saladin dan masih banyak lagi. Ini masih ditambah dengan artis artis muda binaan HAPSI.

“Sebagai sesame artis kami mengagumi akting para pemain Kartini. Terutama acting Dian Sastro dan Christine Hakim yang memang sudah tidak diragukan lagi. Tapi di luar soal acting, hal yang terpenting dari film ini, adalah semangat Kartini untuk mengangkat derajat kaum perempuan, meski pada jaman itu perempuan masih dianggap sebagai objek yang harus tunduk kepada kekuasaan laki-laki,” ujat Yuma Shannelom yang diamini oleh artis lainnya.

Ada adegan, lanjut Yuma, yang menunjukkan kalau Kartini juga memiliki jiwa pengusaha selain sebagai pendidik bagi kaum wanita dan anak-anak. “Dari film ini, sebagai artis yang juga pengusaha, kami makin yakin bahwa tidak ada yang salah bagi wanita untuk terjun sebagai pengusaha. Karena Kartini sendiri berani membuat terobosan hingga sesuatu yang tadinya tidak laku menjadi laku . Misalnya dalam hal memasarkan produk ukiran hingga ke Belanda.”

Artis senior lainnya, Alicia Djohar  menambahkan bahwa dirinya tak kuasa menahan tangis  saat melihat betapa berat perjuangan Kartini digambarkan di film ini. “Saya, dan juga teman-teman merasa terharu dan bisa merasakan perjuangan berat seorang Kartini. Semoga film Kartini juga ditonton dan menjadi inspirasi bagi kaum wanita untuk mau jadi pelopor dalam berbagai hal meski banyak rintangannya. Bahkan Kartini rela menjadi istri ke 4 seorang Bupati, demi terwujudnya sekolah bagi kaum perempuan,” katanya.

Selain kegiatan Nobar, HAPSI selanjutnya akan mengadakan berbagai pelatihan demi meningkatkan kualitas usaha dari anggotanya.  “Kami akan terus bergerak maju. Usia bukan halangan untuk terus berkarya bersama-sama berdampingan dengan kaum muda. Justru pengalaman ikut menentukan,” tutup Yuma. (AMZ)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jembatan Ampera Palembang

Selasa, 17 Juli 2018 - 23:02 WIB

Kementerian PUPR Rehabilitasi Jembatan Ampera Palembang

Jembatan Ampera yang dibangun tahun 1962 dan selesai tahun 1965 tersebut memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan…

Wapres Jusuf Kalla (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:35 WIB

Cawapres Jokowi 2019 Harus Mampu Tingkatkan 15 Persen Suara

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan calon pendamping Joko Widodo dalam Pemilu 2019 harus dapat mendongkrak perolehan suara minimal 15 persen.

Danu Wicaksana, CEO TCASH (kiri) - (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:09 WIB

Buka Layanan Lintas Operator, Ini Tiga Keunggulan TCASH Wallet

TCASH secara resmi telah membuka layanan aplikasi TCASH wallet untuk seluruh operator telekomunikasi. Pelanggan lintas operator dapat menikmati beragam layanan transaksi non-tunai TCASH dengan…

Ilustrasi Jalan Tol (ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:55 WIB

BNI Beri Tambahan Kredit Jalan Tol Manado-Bitung

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan memberikan tambahan fasilitas kredit modal kerja (KMK) dana talangan tanah…