Living World dan FOBI Gelar Kejuaraan Barongsai Internasional

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 11 April 2017 - 21:24 WIB

Living World dan FOBI Gelar Kejuaraan Barongsai Internasional 23 April Hingga 24 April
Living World dan FOBI Gelar Kejuaraan Barongsai Internasional 23 April Hingga 24 April

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Sebanyak enam negara akan mengikuti kejuaraan barongsai, atau Lion Dance Championship. Kejuaraan tersebut diikuti oleh 12 team dari berbagai negara seperti China, Hongkong, Malaysia, Singapore, Australia dan Indonesia yang akan digelar pada 23 April hingga 24 April di Mal Living World Alam Sutera.

“Pertunjukan barongsai yang merupakan kesenian dan olahraga asli Tiongkok kini telah menjadi bagian dari olahraga dan kebudayaan Indonesia serta selalu menjadi favorit khususnya bagi para pengunjung Living World,” kata Jannywati Hartini Direktur Living World, dalam konferensi persnya, Selasa (11/4/2017).

Pertandingan barongsai kelas dunia yang diselenggarakan oleh Living World menjadi ajang pertandingan yang bergensi oleh team barongsai Indonesia dan luar negeri, dimana sebelumnya sukses pada 2013 dan 2014 lalu.

“Pertandingan barongsai Tonggak dan Tambur ini akan memperebutkan hadiah total senilai US$ 15.000,” ujarnya

Xaverius Djunair selaku Sekjen Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) menjelaskan, pertandingan ini diadakan bukan hanya untuk mencari prestasi tetapi juga sebagai ajang silaturahmi antar pemain dan juga pemersatu bangsa.

“Yang menjadi kriteria penilaian adalah dari bentuk barongsai, kerjasama antar pemain, langkah-langkah/ kuda-kuda, music, ekspresi dan juga tingkat kesulitan,” jelas dia

“Team barongsai yang akan mewakili Indonesia adalah Kong Ha Hong yang pernah menjadi juara dunia pada tahun 2009 di Guang Zhou, 2014 di Indonesia dan 2015 di Beijing serta team FOBI Kaltara yang pernah menjadi juara 1 PON tahun 2016 yang lalu,” kata Ronald Syarif selaku ketua Yayasan Kong Ha Hong.

Sebagai informasi, kesenian barongsai sudah resmi menjadi salah satu cabang olahraga nasional dan sudah ada di 20 provinsi serta menjadi anggota badan dunia yaitu International Dragon and Lion Dance Federation (IDLDF) dengan anggota mencapai 35 negara diseluruh dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:00 WIB

BUMN Gelar Pangan Murah hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Sejumlah BUMN kembali bersinergi menggelar berbagai rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke- 21 di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (26/03/2019).

TPA Regional Banjarbakula

Rabu, 27 Maret 2019 - 06:58 WIB

TPA Regional Banjarbakula Mampu Tampung 790 Ton/Hari Sampah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pengelolaan sampah di daerah dengan membangun Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah skala regional.