Garap Pasar China, Starbucks Gaet Wechat untuk Fitur Pembayaran

Oleh : Irvan AF | Kamis, 08 Desember 2016 - 12:25 WIB

Salahsatu gerai Starbucks di China. (Can Can Chu/Getty Images)
Salahsatu gerai Starbucks di China. (Can Can Chu/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Starbucks Coffee Company (NASDAQ: SBUX) dan Tencent Holdings Limited (SEHK: 00700), penyedia layanan konten internet terkemuka di China, hari ini mengumumkan kerjasama strategis untuk mengembangkan sebuah fitur social gifting terbaru di WeChat, aplikasi olahpesan terkemuka, pada awal 2017.

Kerjasama ini menjadikan Starbucks sebagai brand ritel pertama yang menghadirkan solusi social gifting dan pembayaran digital di platform WeChat di China. Memanfaatkan besarnya pengguna aktif bulanan WeChat yang mencapai 846 juta orang (per triwulan ketiga 2016), fitur terbaru ini akan memungkinkan pengguna WeChat di China untuk memberikan produk-produk Starbucks kepada seorang teman atau seseorang yang dikasihi dengan cepat dan mudah. Mulai hari ini, konsumen Starbucks juga akan dapat menggunakan fitur WeChat Pay untuk melakukan pembelian di hampir 2500 gerai Starbucks di seluruh China daratan.

"Starbucks dan Tencent memiliki visi yang sama untuk meningkatkan hubungan antar manusia melalui masing-masing layanan dan produk yang kami miliki. Merupakan kebanggaan bagi saya untuk dapat bermitra dengan pemimpin industri media sosial dan teknologi seluler di China," ujar CEO Starbucks China, Belinda Wong seperti dilansir Xinhua.

"Kemitraan strategis ini akan menggali lebih jauh kemampuan Starbucks dan WeChat dalam menciptakan platform social gifting online-to-offline yang akan memperkuat keterlibatan kami dengan para konsumen dengan cara yang unik dan inovatif. Mengingat Starbucks Card adalah salah satu hadiah paling populer di seluruh di dunia, kami juga berambisi untuk menjadi brand yang paling terkemuka di ranah digital di China."

"Kerjasama strategis antara WeChat dengan Starbucks memungkinkan kami untuk menghadirkan pengalaman unik Starbucks dengan mudah ke ratusan juta pengguna WeChat di China," kata Senior Executive Vice President Tencent, Allen Zhang.

"Kami senang dapat bekerjasama dengan Starbucks dan sudah tidak sabar untuk dapat meningkatkan keterlibatan kami dengan para pengguna melalui lebih banyak fitur yang berkualitas dan bermanfaat."

Platform social gifting ini adalah bagian dari strategi digital perusahaan ini untuk selalu terhubung dengan para konsumennya melalui berbagai channel digital, yang termasuk Starbucks� Mobile App, program My Starbucks Rewards, dan berbagai kanal media sosial lainnya.

Inisiatif kerjasama strategis ini merupakan bagian fundamental dari upaya ekspansi portofolio inovasi digital Starbucks di China, yang mengintegrasikan pengalaman konsumen bertransaksi di toko (in-store experience) dengan keterlibatan antara Starbucks dan konsumen di dunia maya (Fourth Place).

Pada awal tahun ini, Starbucks meluncurkan sistem pembayaran digital di China, yang bertujuan untuk memberikan anggota My Starbucks Rewards (MSR) solusi pembayaran yang cepat, mudah, dan aman, dengan menggunakan Starbucks Gift Card yang sudah terinstal di perangkat seluler mereka.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bag's City Luncurkan BC Travelers (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 15:13 WIB

Jawab Perkembangan Budaya Pariwisata Indonesia, Bag's City Luncurkan BC Travelers

Bag's City mengumumkan peluncuran loyalty program perdananya yang disebut BC Travelers. Program tersebut merupakan sebuah jawaban terhadap perkembangan pesat yang terlihat dalam budaya pariwisata…

Ezra Nazula Directory and Chief Investment Officer PT Manulife Aset Managent Indonesia

Rabu, 21 November 2018 - 15:12 WIB

MAMI Raih Top Investment House in Asian Local Currency Bonds

INDUSTRY.co.id -

Singapura - Ezra Nazula Director & Chief Investment Officer, Fixed Income PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) menerima penghargaan dari Daniel…

BRI

Rabu, 21 November 2018 - 14:56 WIB

BRIRUN 2018 Solo Series Targetkan 10.000 Peserta

INDUSTRY.co.id -

Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali mengadakan event lari berskala nasional untuk kali ketiga. Setelah sukses pada penyelenggaraan…

 PT Pegadaian (Persero)

Rabu, 21 November 2018 - 14:35 WIB

Perkembangan Kinerja Pegadaian Selama Lima Tahun Terakhir Positif

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Harianto Widodo mengatakan, perkembangan kinerja Pegadaian selama 5 tahun belakangan ini selalu menunjukkan hal yang positif.

Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

Rabu, 21 November 2018 - 14:16 WIB

Tumbuh Dengan Produk Inovatif, Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

PT Pegadaian (persero) menerima penghargaan sebagai Winner of The Best Marketing untuk Chief Marketing Officer pada acara BUMN Branding & Marketing Award 2018, yang di selenggarakan oleh Majalah…