Garap Pasar China, Starbucks Gaet Wechat untuk Fitur Pembayaran

Oleh : Irvan AF | Kamis, 08 Desember 2016 - 12:25 WIB

Salahsatu gerai Starbucks di China. (Can Can Chu/Getty Images)
Salahsatu gerai Starbucks di China. (Can Can Chu/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Starbucks Coffee Company (NASDAQ: SBUX) dan Tencent Holdings Limited (SEHK: 00700), penyedia layanan konten internet terkemuka di China, hari ini mengumumkan kerjasama strategis untuk mengembangkan sebuah fitur social gifting terbaru di WeChat, aplikasi olahpesan terkemuka, pada awal 2017.

Kerjasama ini menjadikan Starbucks sebagai brand ritel pertama yang menghadirkan solusi social gifting dan pembayaran digital di platform WeChat di China. Memanfaatkan besarnya pengguna aktif bulanan WeChat yang mencapai 846 juta orang (per triwulan ketiga 2016), fitur terbaru ini akan memungkinkan pengguna WeChat di China untuk memberikan produk-produk Starbucks kepada seorang teman atau seseorang yang dikasihi dengan cepat dan mudah. Mulai hari ini, konsumen Starbucks juga akan dapat menggunakan fitur WeChat Pay untuk melakukan pembelian di hampir 2500 gerai Starbucks di seluruh China daratan.

"Starbucks dan Tencent memiliki visi yang sama untuk meningkatkan hubungan antar manusia melalui masing-masing layanan dan produk yang kami miliki. Merupakan kebanggaan bagi saya untuk dapat bermitra dengan pemimpin industri media sosial dan teknologi seluler di China," ujar CEO Starbucks China, Belinda Wong seperti dilansir Xinhua.

"Kemitraan strategis ini akan menggali lebih jauh kemampuan Starbucks dan WeChat dalam menciptakan platform social gifting online-to-offline yang akan memperkuat keterlibatan kami dengan para konsumen dengan cara yang unik dan inovatif. Mengingat Starbucks Card adalah salah satu hadiah paling populer di seluruh di dunia, kami juga berambisi untuk menjadi brand yang paling terkemuka di ranah digital di China."

"Kerjasama strategis antara WeChat dengan Starbucks memungkinkan kami untuk menghadirkan pengalaman unik Starbucks dengan mudah ke ratusan juta pengguna WeChat di China," kata Senior Executive Vice President Tencent, Allen Zhang.

"Kami senang dapat bekerjasama dengan Starbucks dan sudah tidak sabar untuk dapat meningkatkan keterlibatan kami dengan para pengguna melalui lebih banyak fitur yang berkualitas dan bermanfaat."

Platform social gifting ini adalah bagian dari strategi digital perusahaan ini untuk selalu terhubung dengan para konsumennya melalui berbagai channel digital, yang termasuk Starbucks� Mobile App, program My Starbucks Rewards, dan berbagai kanal media sosial lainnya.

Inisiatif kerjasama strategis ini merupakan bagian fundamental dari upaya ekspansi portofolio inovasi digital Starbucks di China, yang mengintegrasikan pengalaman konsumen bertransaksi di toko (in-store experience) dengan keterlibatan antara Starbucks dan konsumen di dunia maya (Fourth Place).

Pada awal tahun ini, Starbucks meluncurkan sistem pembayaran digital di China, yang bertujuan untuk memberikan anggota My Starbucks Rewards (MSR) solusi pembayaran yang cepat, mudah, dan aman, dengan menggunakan Starbucks Gift Card yang sudah terinstal di perangkat seluler mereka.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.