Produksi 5 Juta Unit, Daihatsu Pecahkan Rekor MURI

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 10 April 2017 - 16:36 WIB

Peresmian R&D Center Daihatsu dengan pencapaian produksi 5 juta unit mobil
Peresmian R&D Center Daihatsu dengan pencapaian produksi 5 juta unit mobil

INDUSTRY.co.id, Karawang-  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan rekor baru dengan menjadi salah satu produsen mobil pertama di Indonesia yang telah mencapai angka produksi sampai 5 juta unit mobil.

“Peresmian R&D Center dan pencapaian produksi 5 juta unit merupakan milestone penting ADM, dengan pendampingan dari DMC (Daihatsu Motor Company). Prestasi ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, khususnya kementerian Perindustrian, dan juga supplier, diler, dan partner Daihatsu di Indonesia,” kata Presiden Direktur ADM, Sudirman MR, di Karawang, Senin (10/4).

Dalam Pencapaian tersebut, telah menjadikan ADM mendapatkan sebuah penghargaan dari museum rekor Indonesia (Muri), sebagai salah satu produsen mobil pertama di Indonesia yang telah berhasil mencapai jumlah produksi 5 juta unit.

“Tentu tidak main-main mencapai 5 juta unit. Belum pernah tercapai di Indonesia. Kalau 5 juta unit ini artinya konsumen cinta dengan Daihatsu,” kata Pendiri Muri, Jaya Suprana, dalam sambutannya saat memberikan penghargaan Muri kepada ADM.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, yang turut hadir juga memberikan apresiasinya untuk ADM karena telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi, dan tempat untuk alih teknologi kendaraan dengan pembangunan R&D Center tersebut.

“Kami berharap ke depannya, proses rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor tersebut, dapat sepenuhnya dikembangkan oleh putera puteri Indonesia,” lanjutnya.

Selain itu, Lebih lanjut R&D Executive Officer ADM, Pradipto Sugando juga memberikan penjelasan atas pencapaian 5 juta unit tersebut yang telah didapat dari beberapa pabrik ADM.

“Fasilitas pabrik terbesar di Sunter, kapasitas 330 ribu unit pertahun, untuk Avanza, Rush, dan lainnya. Kemuduan di Sunter Press Plan komponen yang di-press. Lalu di Karawang vehicle plan 90 hektar termasuk R&D 200 ribu per tahun, engine plan 530 ribu per tahun, semua engine per tahun untuk 1.2, 1.3, dan 1.5. Sebelum itu ada casting plant sama (kapasitas) 530 ribu unit per tahun. Jadi pencapaian dari Mei 2005 1 juta unit, November 2010 2 juta, Maret 2013 3 juta, 4 juta unit di Maret 2015, dan saat ini, mencapai 5 juta unit di 15 Maret 2017,” tutup Dipto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…