Produksi 5 Juta Unit, Daihatsu Pecahkan Rekor MURI

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 10 April 2017 - 16:36 WIB

Peresmian R&D Center Daihatsu dengan pencapaian produksi 5 juta unit mobil
Peresmian R&D Center Daihatsu dengan pencapaian produksi 5 juta unit mobil

INDUSTRY.co.id, Karawang-  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan rekor baru dengan menjadi salah satu produsen mobil pertama di Indonesia yang telah mencapai angka produksi sampai 5 juta unit mobil.

“Peresmian R&D Center dan pencapaian produksi 5 juta unit merupakan milestone penting ADM, dengan pendampingan dari DMC (Daihatsu Motor Company). Prestasi ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, khususnya kementerian Perindustrian, dan juga supplier, diler, dan partner Daihatsu di Indonesia,” kata Presiden Direktur ADM, Sudirman MR, di Karawang, Senin (10/4).

Dalam Pencapaian tersebut, telah menjadikan ADM mendapatkan sebuah penghargaan dari museum rekor Indonesia (Muri), sebagai salah satu produsen mobil pertama di Indonesia yang telah berhasil mencapai jumlah produksi 5 juta unit.

“Tentu tidak main-main mencapai 5 juta unit. Belum pernah tercapai di Indonesia. Kalau 5 juta unit ini artinya konsumen cinta dengan Daihatsu,” kata Pendiri Muri, Jaya Suprana, dalam sambutannya saat memberikan penghargaan Muri kepada ADM.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, yang turut hadir juga memberikan apresiasinya untuk ADM karena telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi, dan tempat untuk alih teknologi kendaraan dengan pembangunan R&D Center tersebut.

“Kami berharap ke depannya, proses rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor tersebut, dapat sepenuhnya dikembangkan oleh putera puteri Indonesia,” lanjutnya.

Selain itu, Lebih lanjut R&D Executive Officer ADM, Pradipto Sugando juga memberikan penjelasan atas pencapaian 5 juta unit tersebut yang telah didapat dari beberapa pabrik ADM.

“Fasilitas pabrik terbesar di Sunter, kapasitas 330 ribu unit pertahun, untuk Avanza, Rush, dan lainnya. Kemuduan di Sunter Press Plan komponen yang di-press. Lalu di Karawang vehicle plan 90 hektar termasuk R&D 200 ribu per tahun, engine plan 530 ribu per tahun, semua engine per tahun untuk 1.2, 1.3, dan 1.5. Sebelum itu ada casting plant sama (kapasitas) 530 ribu unit per tahun. Jadi pencapaian dari Mei 2005 1 juta unit, November 2010 2 juta, Maret 2013 3 juta, 4 juta unit di Maret 2015, dan saat ini, mencapai 5 juta unit di 15 Maret 2017,” tutup Dipto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senin, 20 November 2017 - 10:31 WIB

Start-up E-Commerce Asal Thailand Dapat Pendanaan Seri B Senilai US$ 65 Juta

start-up yang menyediakan berbagai layanan e-commerce asal Thailand, aCommerce hari ini, Senin (20/11/2017) resmi mengumumkan bahwa mereka telah mendapat pendanaan Seri B senilai US$ 65 juta…

Friderica Widyasari Dewi, Direktur Utama KSEI (Foto: Tribunnews)

Senin, 20 November 2017 - 10:28 WIB

Ini Saran KSEI Terhadap Investor

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mendorong investor turut berpartisipasi ke pasar modal dengan analisa dua hal.

Siloam Manado: Mencegah Risiko Jantung Koroner dengan Pola Hidup Sehat

Senin, 20 November 2017 - 10:20 WIB

Minat Tinggi Masyarakat di Manado akan Informasi Kesehatan Seputar Jantung

Talk show Mencegah Risiko Jantung Koroner dengan Pola Hidup Sehat rupanya diminati masyarakat di kota Manado. Atensi tersebut terlihat saat RS Siloam Manado menggelar talkshow itu diloby rumah…

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Senin, 20 November 2017 - 10:11 WIB

Indonesia Punya Prospek Kekuatan Ekonomi Besar

Kapolri Jenderal Tito Karnivian memperkirakan ekonomi Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor 5 pada 2035, analisanya berdasarkan survei IMF dan Bloomberg

Matahari Department Store

Senin, 20 November 2017 - 09:55 WIB

Meski Tutup Dua Gerai, Matahari Department Store Tetap Lakukan Ekspansi

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) akan menutup dua gerai Matahari Department Store (MDS) yang berada di Taman Anggrek dan MDS Lombok City Center.