Produksi 5 Juta Unit, Daihatsu Pecahkan Rekor MURI

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 10 April 2017 - 16:36 WIB

Peresmian R&D Center Daihatsu dengan pencapaian produksi 5 juta unit mobil
Peresmian R&D Center Daihatsu dengan pencapaian produksi 5 juta unit mobil

INDUSTRY.co.id, Karawang-  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan rekor baru dengan menjadi salah satu produsen mobil pertama di Indonesia yang telah mencapai angka produksi sampai 5 juta unit mobil.

“Peresmian R&D Center dan pencapaian produksi 5 juta unit merupakan milestone penting ADM, dengan pendampingan dari DMC (Daihatsu Motor Company). Prestasi ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, khususnya kementerian Perindustrian, dan juga supplier, diler, dan partner Daihatsu di Indonesia,” kata Presiden Direktur ADM, Sudirman MR, di Karawang, Senin (10/4).

Dalam Pencapaian tersebut, telah menjadikan ADM mendapatkan sebuah penghargaan dari museum rekor Indonesia (Muri), sebagai salah satu produsen mobil pertama di Indonesia yang telah berhasil mencapai jumlah produksi 5 juta unit.

“Tentu tidak main-main mencapai 5 juta unit. Belum pernah tercapai di Indonesia. Kalau 5 juta unit ini artinya konsumen cinta dengan Daihatsu,” kata Pendiri Muri, Jaya Suprana, dalam sambutannya saat memberikan penghargaan Muri kepada ADM.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, yang turut hadir juga memberikan apresiasinya untuk ADM karena telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi, dan tempat untuk alih teknologi kendaraan dengan pembangunan R&D Center tersebut.

“Kami berharap ke depannya, proses rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor tersebut, dapat sepenuhnya dikembangkan oleh putera puteri Indonesia,” lanjutnya.

Selain itu, Lebih lanjut R&D Executive Officer ADM, Pradipto Sugando juga memberikan penjelasan atas pencapaian 5 juta unit tersebut yang telah didapat dari beberapa pabrik ADM.

“Fasilitas pabrik terbesar di Sunter, kapasitas 330 ribu unit pertahun, untuk Avanza, Rush, dan lainnya. Kemuduan di Sunter Press Plan komponen yang di-press. Lalu di Karawang vehicle plan 90 hektar termasuk R&D 200 ribu per tahun, engine plan 530 ribu per tahun, semua engine per tahun untuk 1.2, 1.3, dan 1.5. Sebelum itu ada casting plant sama (kapasitas) 530 ribu unit per tahun. Jadi pencapaian dari Mei 2005 1 juta unit, November 2010 2 juta, Maret 2013 3 juta, 4 juta unit di Maret 2015, dan saat ini, mencapai 5 juta unit di 15 Maret 2017,” tutup Dipto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Telepon Seluler (istimewa)

Jumat, 22 September 2017 - 04:00 WIB

Kemenperin Pacu Pabrikan Produk Telekomunikasi Tingkatkan Daya Saing

Kementerian Perindustrian terus mendorong para pabrikan produk telekomunikasi di Tanah Air agar semakin meningkatan daya saingnya sehingga mampu berkompetisi dengan barang-barang impor.

Menlu Retno Marsudi (Foto Istimewa)

Jumat, 22 September 2017 - 03:58 WIB

Menlu Retno Bahas Batas Maritim Negara Palau

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu Menlu Palau Faustina K Rehuher-Marugg di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-72 di New York, Rabu, membahas percepatan perundingan batas maritim dan…

Ilustrasi obat ilegal PCC (Foto Ist)

Jumat, 22 September 2017 - 03:45 WIB

Surabaya Hanya Sebagai Gudang Transt Pil PCC

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin menyatakan Kota Surabaya hanyalah sebagai gudang untuk transit pil Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC), sebelum diedarkan kembali…

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Jumat, 22 September 2017 - 03:39 WIB

Realisasikan 1 Muharam dengan Perubahan

Sosiolog dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Dr Ansari Yamamah mengatakan umat Islam di Indonesia harus mampu merealisasikan peringatan 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam dengan…

Etnis Rohingya butuh pertolongan dunia interasional

Jumat, 22 September 2017 - 03:35 WIB

Sebagian Pengungsi Rohingya Akhirnya Manfaatkan Tenda Indonesia

Sebagian pengungsi Rohingya di Distrik Cox's Bazar Bangladesh akhirnya dapat memanfaatkan tenda bantuan dari pemerintah Indonesia.