Produksi 5 Juta Unit, Daihatsu Pecahkan Rekor MURI

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 10 April 2017 - 16:36 WIB

Peresmian R&D Center Daihatsu dengan pencapaian produksi 5 juta unit mobil
Peresmian R&D Center Daihatsu dengan pencapaian produksi 5 juta unit mobil

INDUSTRY.co.id, Karawang-  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan rekor baru dengan menjadi salah satu produsen mobil pertama di Indonesia yang telah mencapai angka produksi sampai 5 juta unit mobil.

“Peresmian R&D Center dan pencapaian produksi 5 juta unit merupakan milestone penting ADM, dengan pendampingan dari DMC (Daihatsu Motor Company). Prestasi ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, khususnya kementerian Perindustrian, dan juga supplier, diler, dan partner Daihatsu di Indonesia,” kata Presiden Direktur ADM, Sudirman MR, di Karawang, Senin (10/4).

Dalam Pencapaian tersebut, telah menjadikan ADM mendapatkan sebuah penghargaan dari museum rekor Indonesia (Muri), sebagai salah satu produsen mobil pertama di Indonesia yang telah berhasil mencapai jumlah produksi 5 juta unit.

“Tentu tidak main-main mencapai 5 juta unit. Belum pernah tercapai di Indonesia. Kalau 5 juta unit ini artinya konsumen cinta dengan Daihatsu,” kata Pendiri Muri, Jaya Suprana, dalam sambutannya saat memberikan penghargaan Muri kepada ADM.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, yang turut hadir juga memberikan apresiasinya untuk ADM karena telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi, dan tempat untuk alih teknologi kendaraan dengan pembangunan R&D Center tersebut.

“Kami berharap ke depannya, proses rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor tersebut, dapat sepenuhnya dikembangkan oleh putera puteri Indonesia,” lanjutnya.

Selain itu, Lebih lanjut R&D Executive Officer ADM, Pradipto Sugando juga memberikan penjelasan atas pencapaian 5 juta unit tersebut yang telah didapat dari beberapa pabrik ADM.

“Fasilitas pabrik terbesar di Sunter, kapasitas 330 ribu unit pertahun, untuk Avanza, Rush, dan lainnya. Kemuduan di Sunter Press Plan komponen yang di-press. Lalu di Karawang vehicle plan 90 hektar termasuk R&D 200 ribu per tahun, engine plan 530 ribu per tahun, semua engine per tahun untuk 1.2, 1.3, dan 1.5. Sebelum itu ada casting plant sama (kapasitas) 530 ribu unit per tahun. Jadi pencapaian dari Mei 2005 1 juta unit, November 2010 2 juta, Maret 2013 3 juta, 4 juta unit di Maret 2015, dan saat ini, mencapai 5 juta unit di 15 Maret 2017,” tutup Dipto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…