OCA Belum Putuskan Jumlah Cabang Olah Raga Asian Games 2018

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 08 April 2017 - 19:03 WIB

Erick Thohir (Pier Marco Tacca - Inter / Getty Images)
Erick Thohir (Pier Marco Tacca - Inter / Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Ketua Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) Erick Thohir mengatakan OCA telah mengetahui cabang olah raga yang akan diselenggarakan Indonesia pada Agustus 2018 berjumlah 36 cabang.

Meskipun demikian, Erick menambahkan bahwa Dewan Olimpiade Asia (OCA)  belum meresmikan jumlah cabang olahraga dalam Asian Games 2018 yang semula 42 menjadi 36 cabang olah raga.

"Seperti yang dikatakan Pak Wapres JK, kita masih harus konsultasi dengan OCA, dan perlu tinjauan mereka," kata Erick  Thohir yang mendampingi Wapres Jusuf Kalla saat berkunjung ke Palembang, Sabtu (8/4/2017).

Sebelumnya, dalam rapat dengan Komisi X DPR RI, Erick mengatakan cabang-cabang olah raga yang akan dihapus dalam Asian Games 2018 bukan cabang-cabang olahraga potensial medali bagi kontingen Merah-Putih.

Erick mengatakan cabang-cabang olahraga yang telah diajukan Indonesia seperti paralayang, jet ski, dan bridge akan tetap dipertahankan karena menjadi peluang medali.

Sementara itu  Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kunjungannya ke Palembang menyatakan  akan tetap mengutamakan cabang olahraga yang menjadi andalan perolehan medali untuk Indonesia dapat diusulkan kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA).

"Ya kita punya benchmarking supaya jangan berlebihan dan tidak kekurangan, maksudnya mana cabang olahraga yang kurang terkenal dan mana yang Indonesia berpotensi mendapat medali," kata Wapres seperti dilansir Antara.

Menurut JK yang menjabat sebagai Ketua Pengarah Panitia Penyelenggara Asian Games 2018, benchmark atau acuan untuk mengusulkan pilihan cabang olahraga kepada OCA, selain yang diwajibkan dalam pertandingan Olimpiade.

"Jadi yang tidak terlalu terkenal dan tidak bisa dapat emas akan digantikan setelah konsultasi dengan OCA," kata dia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…