Industri Tenun dan Batik Terus Bersinar

Oleh : Ridwan | Kamis, 06 April 2017 - 12:37 WIB

 IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, kementerian Perindustrian mencatat sektor industri tenun dan batik mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian nasional. Industri ini mampu mencapai nilai ekspor sebesar USD 151,7 juta pada tahun 2016.

Sebagai kontirbutor bagi industri kreatif nasional, Kemenperin terus mendorong para pengrajin kain tradisional untuk terus meningkatkan produktivitas dan inovasi agar lebih berdaya saing di pasar domestik maupun Internasional.

“Kami telah menetapkan 10 industri padat karya yang berorientasi ekspor untuk diprioritaskan pengembangannya di tahun ini, salah satunya adalah industri kreatif,” ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Jakarta (6/4/2017).

Airlangga menambahkan, saat ini industri kreatif merupakan sektor keempat terbesar dalam penyerapan tenaga kerja nasional, dengan kontribusinya mencapai 11,8 juta orang.

Menurut catatan Kemenperin, industri kreatif menyumbang sebesar Rp642 triliun terhadap total PDB Indonesia pada tahun 2015. Kontribusi terbesar berasal dari sektor kuliner, fesyen dan kerajinan.

Menperin optimis terhadap potensi industri tenun dan batik nusantara karena didukung dengan ragam budaya Indonesia yang terus melahirkan berbagai wastra dari masing-masing daerah yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

“Wastra nusantara merupakan kain tradisional yang kental dengan nilai-nilai budaya. Motif yang dibuat memiliki makna dan cerita yang diangkat dari sejarah adat-istiadat masyarakat setempat,” tutup Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kayu di Hutan

Rabu, 22 November 2017 - 19:28 WIB

Pemerintah Wacanakan Buka Keran Ekspor Kayu Bulat

Setelah dilarang selama 16 tahun. pemerintah mempertimbangkan untuk membuka kran ekspor kayu bulat atau log. Alasannya, untuk mengangkat harga komoditas itu yang jatuh di pasar lokal.

Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia) (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 18:27 WIB

Aptrindo: Sudah Saatnya Angkutan Barang Masuk Sistem Digital

Era industrialisasi digital mengharuskan semua sektor industri mengimplementasikan sistem digitalisasi guna meningkatkan daya saing industri, tak terkecuali industri angkutan barang.

PT Totalindo Eka Persada Tbk

Rabu, 22 November 2017 - 17:50 WIB

Totalindo Eka Persada Akan Garap Proyek TOD Senilai Rp3 Triliun

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) menandatangani perjanjian pembangunan proyek kawasan terpadu (TOD) dengan BUMD DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya senilai Rp3 triliun.

Budayawan; Emha Ainun Nadjib (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:37 WIB

Ango An Poteh Tolang, Setnov

Andaikan Markesot dikenal oleh Setya Novanto dan ditanya tentang keadaannya hari-hari ini, mestinya Markesot menjawab begini: "Etembang poth mata, ango`an poth tolang, ta`iye!". Daripada mata…

Golden Tulip Holland Resort Batu, Jawa Timur

Rabu, 22 November 2017 - 17:30 WIB

Rayakan Tahun Baru dan Natal, Golden Tulip Holland Resort Batu Tawarkan Paket Spesial

Pergantian tahun dan perayaan hari Natal merupakan satu momen dimana tiap keluarga saling berkumpul atau mengisinya dengan berlibur ke suatu tempat ataupun ke destinasi wisata untuk merayakannya.