Industri Tenun dan Batik Terus Bersinar

Oleh : Ridwan | Kamis, 06 April 2017 - 12:37 WIB

 IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, kementerian Perindustrian mencatat sektor industri tenun dan batik mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian nasional. Industri ini mampu mencapai nilai ekspor sebesar USD 151,7 juta pada tahun 2016.

Sebagai kontirbutor bagi industri kreatif nasional, Kemenperin terus mendorong para pengrajin kain tradisional untuk terus meningkatkan produktivitas dan inovasi agar lebih berdaya saing di pasar domestik maupun Internasional.

“Kami telah menetapkan 10 industri padat karya yang berorientasi ekspor untuk diprioritaskan pengembangannya di tahun ini, salah satunya adalah industri kreatif,” ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Jakarta (6/4/2017).

Airlangga menambahkan, saat ini industri kreatif merupakan sektor keempat terbesar dalam penyerapan tenaga kerja nasional, dengan kontribusinya mencapai 11,8 juta orang.

Menurut catatan Kemenperin, industri kreatif menyumbang sebesar Rp642 triliun terhadap total PDB Indonesia pada tahun 2015. Kontribusi terbesar berasal dari sektor kuliner, fesyen dan kerajinan.

Menperin optimis terhadap potensi industri tenun dan batik nusantara karena didukung dengan ragam budaya Indonesia yang terus melahirkan berbagai wastra dari masing-masing daerah yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

“Wastra nusantara merupakan kain tradisional yang kental dengan nilai-nilai budaya. Motif yang dibuat memiliki makna dan cerita yang diangkat dari sejarah adat-istiadat masyarakat setempat,” tutup Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto

Minggu, 23 September 2018 - 10:56 WIB

Pendanaan SBSN Prioritas Untuk Peningkatan Layanan Jalan Nasional di Koridor Utama

Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara menjadi inovasi pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur.

Presiden Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 10:45 WIB

Capres/ Cawapres Lepas Burung Merpati Simbol Kampanye Damai

Para pasangan calon presiden dan calon wakil presiden serta para pimpinan partai politik melepaskan burung merpati sebagai simbol penyelenggaraan pemilu yang damai.

Business Indonesia Roundtable Meeting

Minggu, 23 September 2018 - 10:11 WIB

Indonesia-Spanyol Tingkatkan Kerjasama Teknologi Keselamatan Jalan dan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berada di Madrid, Spanyol dalam rangka Business Indonesia Roundtable Meeting yang berlangsung Jumat, 21 September 2018.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe saat menerima piagam penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Aawrds

Minggu, 23 September 2018 - 10:04 WIB

Sinar Mas Land Raih Tiga Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Pengembang kenamaan tanah air, Sinar Mas Land meraih penghargaan di ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards 2018 yang diselengarakan oleh PropertyGuru bekerjasama dengan KOHLER.

(Foto: Tripjalanjalan)

Minggu, 23 September 2018 - 10:00 WIB

Ini Dia 4 Tempat Wisata di Madiun untuk Liburan Menyenangkan bersama Keluarga

Selain terkenal dengan sejumlah wisata alamnya, salah satu kota dan kabupaten di Jawa Timur ini ternyata juga memiliki daftar objek wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga.