Industri Tenun dan Batik Terus Bersinar

Oleh : Ridwan | Kamis, 06 April 2017 - 12:37 WIB

 IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, kementerian Perindustrian mencatat sektor industri tenun dan batik mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian nasional. Industri ini mampu mencapai nilai ekspor sebesar USD 151,7 juta pada tahun 2016.

Sebagai kontirbutor bagi industri kreatif nasional, Kemenperin terus mendorong para pengrajin kain tradisional untuk terus meningkatkan produktivitas dan inovasi agar lebih berdaya saing di pasar domestik maupun Internasional.

“Kami telah menetapkan 10 industri padat karya yang berorientasi ekspor untuk diprioritaskan pengembangannya di tahun ini, salah satunya adalah industri kreatif,” ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Jakarta (6/4/2017).

Airlangga menambahkan, saat ini industri kreatif merupakan sektor keempat terbesar dalam penyerapan tenaga kerja nasional, dengan kontribusinya mencapai 11,8 juta orang.

Menurut catatan Kemenperin, industri kreatif menyumbang sebesar Rp642 triliun terhadap total PDB Indonesia pada tahun 2015. Kontribusi terbesar berasal dari sektor kuliner, fesyen dan kerajinan.

Menperin optimis terhadap potensi industri tenun dan batik nusantara karena didukung dengan ragam budaya Indonesia yang terus melahirkan berbagai wastra dari masing-masing daerah yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

“Wastra nusantara merupakan kain tradisional yang kental dengan nilai-nilai budaya. Motif yang dibuat memiliki makna dan cerita yang diangkat dari sejarah adat-istiadat masyarakat setempat,” tutup Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.