Polri Gelar Festival Film Bertemakan Kebhinekaan

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 April 2017 - 04:26 WIB

Polri
Polri

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Festival Film Polisi (Police Movie Festival) bertemakan seruan menjaga kebhinekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun Polri ke-72.

"Temanya sudah ditentukan panitia yaitu 'unity in diversity' artinya persatuan dalam perbedaan atau persatuan dalam kebhinekaan," kata Ketua Panitia Festival Film Polisi Ajun Komisaris Polisi Ardila Amry melalui keterangan tertulis yang diteroma redaksi di Jakarta, Minggu (2/4/2017)

Ardila mengatakan masyarakat atau peserta festival film dapat mengetahui dan memahami tugas Polri melalui dokumentasi sesuai tema besar terkait kesatuan dan persatuan.

Ardila mengungkapkan sejumlah kejadian yang berkaitan intoleransi, provokasi masalah SARA bahkan bentrokan antarwarga yang melatarbelakangi kegiatan festival bertemakan kebhinekaan itu.

Humas Festival Film Polisi AKP Hasby Ristama menjelaskan rangkaian pendaftaran dan penyerahan dokumentasi mulai 3 April-1 Juni 2017, penetapan nominasi (5 Juni 2017) dan pengumuman pemenang (10 Juni 2017).

"Pada babak finalis akan menampilkan 10 film pendek dan tiga film animasi," jajr Hasby.

Hasby menyatakan panitia tidak akan membatasi jumlah peserta yang mengirimkan dokumentasi namun pengirim harus Warga Negara Indonesia dan mengikuti aturan panitia dengan tema menjaga kebhinekaan.

Hasby optimistis masyarakat pencinta film Indonesia akan mendaftarkan diri pada Festival Film Polisi ke-4 kali itu karena tahun sebelumnya cukup antusias.

Panitia melarang peserta membuat karya film bermuatan SARA, kekerasan dan pornografi dan diperbolehkan menggunakan musik atau grafis orang lain dengan mengantongi izin dari pemilik hak cipta.

Hasby menyatakan tim juri akan menilai karya dari tema, keunikan ide dan orisinalitas cerita, aspek teknis penyutradaraan, editing, serta pesan yang disampaikan.

Kategori film pendek "live shot" dengan muatan nuansa Polri berdurasi lima menit hingga tujuh menit dan film animasi selama tiga menit, setiap peserta diperbolehkan maksimal mengirimkan dokumentasi dua film.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inarno Djayadi Dirut BEI (Foto Tribunnews)

Minggu, 22 Juli 2018 - 15:15 WIB

BEI Bakal Percepat Periode Penyelesaian Transaksi Bursa Jadi T Plus Dua

Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mempercepat periode penyelesaian (settlement) transaksi bursa dari T+3 menjadi T+2. Itu artinya, penyelesaian transaksi saham hingga penyerahan barang…

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 15:03 WIB

Gelombang Ekstrem Masih Terjadi Seminggu ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan gelombang laut dengan ketinggian 2,5 meter hingga empat meter atau dalam kategori ekstrem dan berbahaya masih akan terjadi dalam…

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 14:58 WIB

DirjenPAS Akui Kejadian di Lapas Sukamiskin Masalah Serius

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (DirjenPAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian operasi tangkap tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin,…

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 14:54 WIB

DirjenPas Akui Fasilitas Tak Standar di Lapas Sukamiskin

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (DirjenPAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami membenarkan adanya fasilitas bagi narapidana korupsi yang tidak sesuai standar di Lembaga…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 14:45 WIB

Pekan Lalu, Indeks Harga Saham Gabungan Terkoreksi 1,2%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami penurunan 1,2% ke posisi 5.872,78 sepanjang pekan lalu (16-20 Juli 2018) dibandingkan posisi pada akhir pekan sebelumnya…