PLTP Sarulla Tingkatkan Pemanfaatkan Energi Panas Bumi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 01 April 2017 - 09:32 WIB

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

INDUSTRY.co.id - Tapanuli Utara- Menteri ESDM Ignasius Jonan menyebut Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla, Sumatera Utara sebagai salah satu pembangkit listrik panas bumi terbesar yang pernah ada di Indonesia.

Jonan saat mengunjungi PLTP Sarulla Unit I di Sumatera Utara, Jumat (31/3/2017) , mengatakan PLTP tersebut berkapasitas total 3x110 MW, namun potensinya disebut-sebut mencapai 1.000 MW.

"Ini salah satu PLTP yang besar yang pernah ada. Terakhir Kamojang, Drajat, atau Salak. Ada juga Lahendong tapi hanya 6x20 MW, Ulubelu 4x55 MW. Kalau ini bisa 1.000 MW, akan jadi paling besar," katanya.

Meski saat ini, baru Unit I sebesar 110 MW yang beroperasi secara komersial sejak 18 Maret lalu, Unit II dan III ditargetkan segera menyusul. Unit II ditargetkan COD September 2017 dan Unit III diharapkan COD Mei 2018.

Lantaran potensinya yang besar, Jonan menegaskan komitmen pemerintah untuk mendorong pemanfaatan panas bumi di wilayah kerja tersebut.

Upaya ini ditempuh untuk melaksanakan komitmen pemerintah mencapai target bauran energi berbasis energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada tahun 2025.

"Tidak hanya sampai 330 MW saja ya. Kalau bisa sampai 1.000 MW," tambahnya.

Menurut mantan Menteri Perhubungan itu, dengan memanfaatkan energi panas bumi yang ada di wilayah tersebut, tentu akan lebih hemat ketimbang harus mengandalkan gas dari Tangguh, Teluk Bintuni, Papua Barat.

Pasalnya, jika mengandalkan gas dari Tangguh, biaya pengiriman dan regasifikasi gas untuk sampai ke Arun dan dikirim lagi ke Belawan untuk disebarluaskan di wilayah Sumatera Utara akan sangat tinggi. tu "Kalau terbang dari Bintuni ke Arun hampir tujuh jam. Kalau berenang pasti enggak sampai. Makanya kita usahakan di sini energi primernya. Kita fokus ke penggunaan energi primer yang paling efisien di daerah masing-masing," katanya.

Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro seperti dikutip Antara mengatakan potensi cadangan panas bumi hingga 1.000 MW berdasarkan kajian yang dilakukan perusahaan.

"Potensi itu 1.000 MW. Kita pernah studi setelah kita masuk ke sini pada 2006. Di sana kami temukan potensi hingga 1.000 MW," katanya.

PLTP Sarulla dikembangkan di dua lokasi, yaitu di proyek Silangkitang (SIL) dengan kapasitas pengembangan sebesar 1x110 MW (Unit 1) dan proyek Namora I Langit (NIL) dengan kapasitas pengembangan sebesar 2x110 MW (Unit 2 dan 3).

Proyek PLTP Sarulla sendiri dikembangkan melalui skema Kontrak Operasi Bersama (KOB) antara PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dengan Sarulla Operation Limited (SOL) sesuai amandemen kedua KOB dan Energy Sales Contract (ESC) yang ditandatangani pada 14 April 2013.

SOL merupakan konsorsium yang terdiri atas PT Medco Power Indonesia (bersama Inpex Corporation), Itochu Corporation (Jepang), Kyushu Electric Power Co., (Jepang) Inc, dan Ormat International, Inc (AS).

Proyek itu menghabiskan investasi sekitar US$1,6 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…